7 Tips Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 30/60 yang Nyaman

Rumah subsidi yang mungil, tentu tidak akan menyediakan space yang luas untuk dapur. Artinya tidak akan ada banyak hal yang bisa Anda lakukan disini. Namun mewujudkan dapur idaman dengan ukuran yang kecil ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin.

Ada beberapa tips renovasi dapur rumah subsidi type 30/60 yang bisa Anda coba. Beberapa hal ini bahkan bisa memberikan Anda suasana dapur yang baru. Yuk, mari kita lihat tips apa saja yang bisa Anda coba.

Apa itu Rumah Type 30/60?

Rumah type 3060

Sejatinya rumah type 30/60 adalah rumah dengan luas bangunan 30 m2 dan luas tanahnya sebesar 60 m2. Nah, bagi Anda yang tadi masih bingung dengan type rumah yang satu ini, sudah paham kan sekarang?

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 30/60

Dapur menjadi salah satu ruangan yang penting di dalam rumah. Kegiatan memasak akan bisa menyatukan banyak orang. Namun dengan ukuran dapur yang tidak terlalu luas, tentu tidak ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Merenovasi dapur menjadi salah satu cara untuk bisa memiliki tempat impian Anda. Ukuran ruangan yang tidak terlalu besar akan bisa dibuat menjadi nyaman dengan beberapa cara. 

1. Mulai dengan Mengecat Dinding

 

Biaya renovasi dapur rumah terbatas? kenapa tidak mengecat dinding saja. Ya, ide cerdas renovasi dapur rumah subsidi type 30/60 yang pertama adalah dengan mengecatnya. Warna cat yang baru akan bisa memberikan suasana yang berbeda, apalagi jika Anda menggunakan warna yang sesuai dengan selera.

Memasak akan bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Kumpulkan budget Anda untuk bisa menambahkan berbagai macam hal lainnya. Jika masih terbatas, mengganti cat ini adalah solusi yang aman. Gunakanlah warna putih atau warna cerah lainnya untuk memperoleh ruangan dapur Anda menjadi lebih besar dari kelihatannya. 

Baca Juga: Jenis Cat Yang Cocok Untuk Dapur Anda Agar Tahan Lama

2. Kitchen Set Letter L

 

Model dapur yang satu ini akan bisa menghemat tempat. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Anda bisa meletakan lebih banyak peralatan yang bisa membantu kegiatan memasak Anda. Bentuk Letter L ini juga bisa mempermudah gerak Anda karena semuanya akan berada pada jarak jangkauan Anda. 

Butuh gula? Tinggal raih di samping Anda. Butuh panci, berputar badan sedikit dan Anda bisa menemukannya. Hal ini tentunya juga bisa mempercepat kegiatan memasak Anda. Sungguh cocok bagi Anda yang masih memiliki keluarga dalam jumlah kecil dan tidak perlu memasak terlalu banyak.

3. Tambahkan Kitchen Island Kecil

 

Siapa bilang ukuran dapur kecil tidak bisa pakai island? Bisa kok tapi jangan terlalu lebar ya. Hal yang satu ini juga bisa Anda kombinasikan dengan bentuk dapur L yang ada di poin atas.

Buat kesan dapur yang modern dengan tambahan kecil ini. Anda juga bisa menghemat tempat untuk meja makan karena akan sangat asyik menyantap makanan pada kitchen island ini. Ngopi santai juga ga kalah seru di tempat ini.

Baca Juga: Tips Mendesain Dapur Terbuka Tipe 36 Dengan Estetik

4. Beri Pencahayaan yang Cukup

Ide renovasi dapur rumah type 30/60 yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memasang jendela agar cahaya matahari bisa menerangi setiap sudut ruangan. Anda juga bisa menggunakan atap tembus pandang yang tersedia di Klopmart seperti atap solartuff yang transparan, memiliki tingkat kejernihan setara dengan kaca, dan tentu saja anti bocor.

Dengan menerapkan ide renovasi tersebt, dapur Anda yang mungil akan terlihat lebih luas dan terasa nuansa segar saat beraktivitas di dapur sepanjang hari.

5. Upgrade Peralatan Lama

 

Selain renovasi yang besar-besaran, perubahan kecil juga bisa Anda lakukan. Mulai dengan memperbarui peralatan memasak dan makan dapur Anda.

Mengubah hal ini juga bisa memberikan sentuhan berbeda dan pemandangan baru ketika memasak. Jangan ragu untuk membeli peralatan yang Anda sukai.

Baca juga: 5 Ide Renovasi Teras Rumah Subsidi sesuai Peraturan

6. Model Dapur Built In

 

Pilihan renovasi dapur rumah subsidi type 30 60 adalah dengan memasang furniture minimalis seperti lemari penyimpanan dan mesin yang menempel di dinding. Hal ini bisa membuat dapur lebih rapi dan modern.

Selain itu, memasang furniture di dinding dapur bisa membuat dapur Anda terlihat lebih luas karena perlengkapan dapur tidak membutuhkan banyak area penyimpanan lagi melainkan sudah di simpan di lemari penyimpanan (furniture dinding)

7. Stiker Wallpaper

 

Ribet untuk ganti ubin atau mengecat dapur Anda? Wallpaper bisa menjadi solusinya. Anda bisa menggunakan stiker ini pada permukaan ubin di meja dapur dan dinding. Mulai dari yang polos, motif kayu, hingga yang 3 dimensi. Pilihan yang cukup murah dan mudah dibanding dengan mengecat atau mengganti ubin. Dapatkan suasana baru untuk dapur kecil Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Yang Tepat

Kesimpulan

Memang tidak terlalu banyak yang dapat Anda lakukan untuk renovasi rumah subsidi, karena terdapat aturan yang tidak boleh dilanggar seperti mengubah fasad rumah, perombakan besar-besar harus melewati tahun ke 5, menambah luas bangunan, dan lain sebagainya.

Intinya Anda dapat menerapkan tips di atas apabila yang ingin renovasi dapur rumah subsidi type 30/60. Menggunakan berbagai tips di atas, maka dapur yang mungil akan bisa terasa berbeda. Membuat semangat memasak Anda semakin tinggi. Bila Anda mencari cat yang tepat, maka silahkan cek harga Dulux Easy Clean di Klopmart. Kunjungi website kami sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Okt 2021

Related Article