5 Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Hunian Anda

Meski biasanya dapur berada di bagian paling belakang rumah, bukan berarti desainnya tak perlu dipikirkan. Justru mendesain tampilan dapur yang menarik dan indah penting dilakukan. Sebab, jika tampilan dapur rumah Anda menarik, maka proses mengolah makanan pun akan lebih menyenangkan. Salah satu tipsnya adalah memasang keramik dinding dapur. Corak pada keramik akan membuat dapur lebih berwarna dan tidak terlihat polos. Berikut tips lengkapnya.

promo klopmart

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur

Berikut ini beberapa tips dari Klopmart yang dapat Anda lakukan ketika ingin memilih keramik dinding dapur.

1. Pilih Keramik Dinding Dapur Yang Tahan Uap dan Panas

Area dapur merupakan area yang identik dengan suhu panas. Uap panas saat Anda memasak pun akan membuat suhu di dapur akan menjadi lebih panas, apalagi jika Anda menggunakan desain dapur minimalis yang biasanya lebih sempit dari dapur biasanya.

Oleh karena itu, tips memilih keramik dinding dapur yang pertama adalah pastikan keramik yang Anda pilih dapat menahan uap dan suhu panas yang dihasilkan oleh kegiatan memasak di dapur. Keramik dapur yang tidak tahan dengan kedua hal tersebut memiliki resiko rusak yang lebih cepat. Keramik dapur yang rusak tentunya akan sangat mengganggu pemandangan dan kadang bisa mengganggu aktivitas apabila keramik lantai dapur yang rusak.

Akan tetapi, memang tidak semua produk keramik yang dijual di pasaran tahan terhadap terpaan uap dan panas. Untuk mengetahui mana produk yang kuat, pastinya Anda harus memilih keramik yang memang dikhususkan untuk dapur. Lalu, pilih merek perusahaan keramik yang sudah terbukti kualitasnya, misalnya Asia Tile, Platinum Ceramics, dan Roman Ceramics.

Baca Juga: Cara Pasang Keramik Kamar Mandi

2. Ketahui Material Keramik Dengan Baik

Selain tahan uap dan panas, Anda juga harus memastikan kalau keramik lantai dan dinding dapur Anda juga dapat bertahan dari sumber kerusakan lainnya. Disinilah pentingnya memahami material keramik dapur sangat penting.

Umumnya, keramik dapur yang tradisional terbuat dari bahan-bahan dari alam, seperti kaolin, kuarsa, batu alam, dan lain-lain. Sementara itu, untuk keramik dapur pabrikan, Anda akan menemuan material keramik seperti ball clay, air, kaolin, dan felspard.

Mana jenis keramik yang tepat untuk dindig dapur Anda? Jawabannya tergantung. Umumnya, keramik dinding dapur memilii permukaan yang mengilap dan mudah dibersihkan, khususnya di tempat-tempat dekat penggorengan.

3. Perhatikan Ukuran Keramik

Tips memilih keramik dinding dapur ini mungkin adalah salah satu hal yang jarang diperhatikan orang saat memilih keramik dinding dapur. Mengapa harus memperhatikan ukuran keramik dinding dapur?

Anda harus mengetahui kalau ukuran keramik sangatlah bervariasi. Misalnya saja, keramik buatan Asia Tile tersedia dalam banyak ukuran: mulai dari 20x20 cm, 20x25 cm, 25x25 cm, hingga yang paling besar di ukuran 40x40cm.

Untuk keramik dinding dapur, Anda sebaiknya memilih ukuran yang kecil atau lebih kecil dari ukuran keramik lantai dapur Anda. Mengapa demikian?

Yang pertama, ukuran atau dimensi dinding dapur tentunya berbeda dengan dimensi area lantai dapur Anda. Hal ini akan mempengaruhi cara pasang keramik itu sendiri.

Kemudian, jika Anda memilih keramik dinding dapur ukuran besar, maka tampilan dinding dapur Anda akan terlihat serupa dengan lantai dapur Anda. Hal ini tentunya bisa membuat tampilan dapur Anda monoton, seolah-olah lantai dapur Anda ditempelkan ke dinding dapur. Untuk membuat tampilan dapur Anda lebih menarik, sangat disarankan untuk Anda memilih keramik dinding dapur dengan ukuran terkecil atau dua terkecil dari variasi yang Anda pilih.

4. Sesuaikan Dengan Desain dan Suasana Ruangan

Pemilihan keramik mungkin terdengar seperti sepele: pilih saja apapun, asal awet dan tahan lama. Padahal, pemilih keramik sangat berpengaruh pada suasana ruangan. Anda, misalnya, bisa membuat suasana ruangan tertentu dengan menggunakan motif keramik yang mendukung.

Tidak hanya itu, motif keramik yang Anda pilih juga akan tergantung dengan desain dari ruangan dapur Anda. Jika Anda misalnya ingin membangun suasana dapur minimalis, maka Anda tentunya menginginkan keramik dinding dapur dengan motif yang simpel dengan warna netral, seperti abu-abu dan putih.

Selain itu, Anda juga bisa memadukan pemilihan keramik dinding dapur Anda dengan corak atau motif kitchen set Anda. Misalnya, Anda memiliki kitchen dengan warna natural. Anda bisa memilih kerami dinding dapur dengan warna keramik yang menonjol untuk membuat tampilan lebih menarik.

Apapun pilihan keramik Anda, pastikan Anda menyesuaikan keramik dinding dapur Anda dengan desain rumah dan dapur Anda!

Baca juga: Tips Mendesain Dapur Terbuka Tipe 36 dengan Estetik

5. Jangan Takut Memilih Keramik Berwarna Putih

Selain identik dengan suhu panas dan uap, area dapur juga dikenal sebagai bagian dari rumah yang gampang kotor. Hal ini disebabkan oleh cipratan minyak saat menggoreng, cipratan air saat mencuci sayur atau memasak makanan berkuah, hingga remah makanan yang tercecer dan menempel pada keramik. Itulah kenapa kebanyakan orang akan menghindari pemakaian keramik dinding dapur warna cerah. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Dapur Kotor di Rumah

Padahal, sah-sah saja lho kalau Anda mau pakai keramik warna cerah seperti putih, apalagi kalau warna tersebut memang selaras dengan tema dapur. Pastikan saja Anda rajin membersihkan keramik dinding setelah melakukan aktivitas masak-memasak agar tidak ada noda yang tertinggal. Warna putih pada keramik justru memudahkan Anda mengecek mana bagian yang terkena cipratan minyak. 

bahan material bangunan

Itulah dia beberapa tips memilih keramik untuk dinding dapur yang dapat Anda terapkan. Pemilihan kerami bukanlah hal yang sepele. Anda harus memperhitungkan banyak hal dan faktor dalam melakukannya. Apapun pilihan Anda, pastikan Anda memilih keramik yang sesuai dengan tujuan Anda serta memiliki kualitas yang premium.

Pemasangan keramik dinding dapur pastinya akan membuat tampilan area memasak Anda lebih indah dan nyaman. Pilihlah keramik model terkini seperti backsplash minimalis, desain DIY, heksagonal, gradasi warna, dan lain sebagainya. Anda bisa membeli keramik dinding model terbaru merek Asia Tile, Platinum Ceramics, dan Roman Ceramics ini melalui klopmart! 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya