Cat dan Kimia

6 Jenis Cat yang Cocok untuk Dapur Anda agar Tahan Lama

Media
18 Nov 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Membangun rumah impian juga termasuk menentukan jenis cat yang cocok untuk dapur Anda. Dapur menjadi ruangan penting karena dari sinilah kebutuhan akan makanan bisa terpenuhi. Selain warna dan desain dapur yang menarik, Anda juga harus menentukan jenis cat yang cocok, karena dapur memerlukan perawatan yang ekstra.

Ruangan ini tak lepas dari kehadiran minyak dan kotoran berupa sisa makanan. Salah memilih jenis cat untuk dapur bisa berujung pada goresan atau meninggalkan noda yang tidak diinginkan saat membersihkannya. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?


Memilih Jenis Warna Cat yang Cocok untuk Dapur

Karena itu, memilih cat untuk dapur tidak hanya berbicara mengenai persoalan warna, tapi juga jenis cat yang digunakan. Berbeda komponen pada dapur, berbeda pula jenis cat yang dibutuhkan. Tidak mungkin menggunakan cat dinding untuk mewarnai perabotan dapur yang umumnya terbuat dari kayu.

Semakin mengkilap tampilannya, dapur semakin mudah dibersihkan. Selain menginformasikan beberapa jenis cat dapur, kami juga akan memberikan pro dan kontranya sebagai bahan pertimbangan. Anda bisa menggunakan panduan ini saat membangun dapur yang ideal atau sekedar merenovasinya.

1. Cat Berbasis Air atau Lateks

Baik sebagai primer atau cat, jenis ini bisa kering dengan cepat. Sayangnya, cat berbasis air tidak menempel dengan lekat di perabotan yang glossy atau licin. Selalu gunakan primer ketika mengecat perabotan lama dan dulunya menggunakan cat minyak, kemudian lapisi perabotan dapur Anda dengan cat air sebanyak dua kali.

Keunggulan menggunakan cat air atau lateks selain cepat mengering adalah baunya kurang menyengat dan warnanya tahan lama, jadi tidak perlu khawatir warnanya akan pudar. Sedangkan kekurangannya, kita harus mengaplikasikan cat air beberapa lapisan, bahkan belum tentu cocok untuk kayu.

2. Cat Berbasis Minyak

Jenis cat ini dijamin tahan lama dari cat air, terutama pada permukaan yang mudah basah. Bagian dapur sering terkena percikan air akibat mencuci peralatan, karena itu, penggunaan cat minyak sangat disarankan untuk dapur. Cat minyak juga memiliki lapisan yang lekat dan cocok untuk bahan kayu, sehingga menghasilkan perabotan dapur yang mengkilap.

Sayangnya penggunaan cat minyak dianggap mengganggu pernafasan karena mengeluarkan senyawa organik yang mudah menguap (volatile organic compounds/VOC), ditandai dengan baunya yang menyengat. Apabila Anda tetap ingin menggunakannya, pastikan aliran udara lancar sehingga tidak membahayakan pernafasan. 

Anda juga harus mengetahui bahwa cat minyak akan menguning seiring berjalannya waktu. Sebelum menggunakan cat minyak, gunakan primer berbahan minyak pula untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

3. Cat High Gloss (Glossy)

Biasa disebut dengan cat enamel, jenis cat ini akan memberikan permukaan dapur yang mengkilap dan tahan lama. Selain itu, tampilan dapur Anda bisa terlihat lebih mewah. Cat glossy ini lebih cocok digunakan pada bagian pintu rumah, kabinet, dan hiasan pada dapur.

Kekurangannya, cat glossy membutuhkan waktu yang lama untuk merawatnya. Selain itu, waktu pengeringannya juga lama. Namun, semua itu akan terbayar dengan dapur yang mengkilap berkat jenis cat ini.

4. Cat Semi-gloss

Jenis cat ini setingkat di bawah cat high gloss dan memberikan hasil yang sedikit mengkilap. Meskipun begitu, cat semi-gloss tahan lama di tempat yang lembab seperti dapur ini, bahkan dinilai anti jamur. 

Sayangnya, cat ini tidak memberikan hasil yang sempurna seperti high gloss. Tapi, Anda masih bisa menggunakannya, terutama di bagian dinding yang lekat dengan hiasan atau ukiran dapur.

Baca juga: 7 Jenis Cat Tembok Beserta Kegunaannya

5. Cat Satin

Untuk finishing, Anda bisa mempertimbangkan cat satin yang populer di dunia interior. Cat ini cocok digunakan untuk dapur jenis apapun, terutama bila Anda menghabiskan waktu yang banyak di dapur dan ingin tampilan yang tahan lama. 

Gunakan cat ini apabila dapur Anda memiliki tampilan dinding yang bertekstur atau hampir hancur untuk memberikan kesan yang baru. Cat satin memang membutuhkan waktu pengeringan yang lama, tapi akan membawa hasil yang memuaskan.

6. Cat Eggshell

Jenis warna yang dapat menjadi pilihan Anda salah satunya adalah warna eggshell. Warna eggshell atau memiliki warna menyerupai warna cangkang telur. Warna ini memiliki kelebihan yaitu memiliki tekstur yang halus dan mudah untuk dibersihkan jika terkena noda.


Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai jenis warna cat yang cocok untuk dinding dapur. Apakah Anda sudah menemukan jenis cat yang cocok untuk dapur? Apabila belum, kami sarankan untuk menggunakan cat Dulux Easy Clean untuk dapur Anda sehingga mudah dibersihkan dari noda. Ketahui harga Dulux Easy Clean dari Klopmart dan masukkan ke shopping cart Anda untuk mendapatkan tampilan dapur yang indah.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya