Home & Living

5 Ide Renovasi Teras Rumah Subsidi sesuai Peraturan

Media
29 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Renovasi teras rumah subsidi adalah salah satu syarat yang diperbolehkan selama memilikinya. Rumah dengan teras yang direnovasi akan terlihat lebih indah dan unik dibandingkan rumah lainnya yang berada di kompleks. Banyak sekali inspirasi renovasi teras depan yang bisa diterapkan, tentunya harus sesuai dengan sisa luas lahan yang ada.

Syarat Renovasi Teras Rumah Subsidi

Sebelum melakukan renovasi pun, sebaiknya pahami dulu dengan berbagai syarat yang dimiliki oleh pemerintah. Mulai dari kredit yang berjalan sudah lebih dari lima tahun hingga bagian yang direnovasi, semua harus dipahami oleh pemilik rumah subsidi.

 

Baik pemilik rumah subsidi baru maupun yang lama, penting sekali untuk membaca dan memahami segala syarat dan ketentuan yang berlaku. Mereka juga harus paham konsekuensi dari pelanggaran aturan tersebut, yakni dicabutnya bantuan yang telah didapatkan.

 

Bagian teras yang ingin direnovasi pun harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Pemilik rumah subsidi hanya boleh memanfaatkan sisa lahan depan atau belakang yang tersedia. Meskipun diperbolehkan, pemilik rumah harus menyelesaikan kewajiban cicilannya selama 5 tahun atau lebih. Pembayaran cicilannya pun harus dilakukan sebelum jatuh tempo.

 

Jangan pernah mengubah desain fasad meskipun ingin tampilan depan rumah yang berbeda dari rumah lainnya. Pasalnya, spesifikasi fasad rumah subsidi ini telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Ide Renovasi Teras Rumah Subsidi

Meskipun tidak bisa mengganti desain fasad, pemilik rumah subsidi bisa melakukan renovasi pada bagian terasnya. Alhasil, rumah subsidi pun terlihat tidak lagi monoton dan terlihat lebih fresh dibandingkan yang lainnya.

Salah satu trik renovasi yang bisa diterapkan pada rumah subsidi adalah memanfaatkan lahan yang tersisa. Dibandingkan mengubah fasad yang membutuhkan biaya lebih besar, Anda bisa melakukan memanfaatkan lahan yang kosong. Klopmart akan memberikan beberapa ide renovasi teras rumah subsidi yang pasti tidak melanggar peraturan.

1. Membuat Kebun atau Taman

Salah satu ide brilian dalam merenovasi teras adalah membuat ruang terbuka hijau di bagian depan. Hobi berkebun yang telah ditekuni pun bisa diterapkan di rumah subsidi, yang pastinya membuat tampilan depan rumah menjadi lebih segar.

 

Pertimbangannya adalah sisa luas lahan depan atau belakang yang tersedia untuk membuat desain kebun atau taman. Lebih baik ketahui luas lahan yang masih ada sebelum membangun desain yang diinginkan.

 

Baca Juga: Ide Renovasi Rumah Subsidi Bagian Belakang sesuai Aturan

2. Memasang Pagar

Pagar yang dibangun tidak melulu terbuat dari besi scaffolding atau sejenisnya, tapi juga bisa memanfaatkan material cor, kayu, batu, atau yang lainnya. Sesuaikan pula dengan ukuran lahannya supaya ukuran pagar yang dibangun pun sesuai. Pilih juga warna pagar yang tepat sehingga tampilan rumah subsidi pun lebih unik dibandingkan yang lainnya.

3. Memasang Kanopi

Kanopi juga bisa menjadi ide renovasi rumah subsidi yang bisa diterapkan. Elemen rumah ini bisa menjadi tempat berteduh jika ingin bersantai di teras depan. Anda juga bisa memanfaatkan kanopi berbahan kaca agar bisa dimanfaatkan sebagai area jemur pakaian.

Baca Juga: Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow Supaya Hemat!

4. Membangun Ruang Tamu Luar

Ruang tamu luar juga bisa menjadi ide renovasi yang cukup brilian. Anda tidak perlu mengubah fasadnya, cukup tambahkan beberapa elemen yang membuat teras depan menjadi tempat yang nyaman untuk bertamu.

Lantai dari keramik serta sofa dan kursi di depan sudah cukup menjadi ruang tamu eksterior yang nyaman. Tambahkan beberapa dekorasi demi menambah nilai estetika ruang tamu eksterior.

5. Membangun Jalan Setapak

Terakhir, Anda bisa membangun jalan setapak di teras depan. Kombinasi taman dan jalan setapak bisa menambah keunikan pada rumah subsidi. Materialnya juga bermacam-macam, bisa dari keramik, batu-batuan, atau bahkan kayu. Namun, sesuaikan juga dengan sisa lahan yang bisa dimanfaatkan.

Lengkapi proses renovasi teras rumah subsidi Anda dengan cat fiberkote dari Propan yang tahan terhadap cuaca apapun, sehingga jamur dan lumut tidak akan tumbuh di rumah.

Baca Juga: Tips Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 30/60

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya