Tips & Trik

Tips Mendesain Dapur Terbuka Tipe 36 dengan Estetik

Media
10 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Rumah type 36 merupakan hunian idaman bagi sebagian besar orang, khususnya bagi anak muda yang baru menikah. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Rumah tipe 36 menawarkan hunian yang layak dengan harga yang relatif rendah.

Selain harga, desain rumah type 36 juga dikenal karena estetikanya. Jenis rumah ini juga sering disebut rumah minimalis tipe 36. Kesan minimalis dan sederhananya membuat rumah tipe ini diminati banyak anak muda yang senang dengan estetika yang ditawarkan.

Tetapi, dibalik estetika dan harganya, rumah type 36 tentu mengalami kendala di bidang lahan. Terbatasnya lahan untuk membangun terkadang membuat ruangan di rumah type 36 ini sempit, khususnya area kitchen.

Untungnya, terbatasnya lahan tidaklah menjadi alasan untuk memiliki hunian yang aman. Dengan estetika rumah minimalis sederhana, Anda bisa mencoba menerapkan desain dapur minimalis type 36 di hunian Anda.

Apa itu desain dapur minimalis type 36? Lalu, bagaimana cara mempersiapkan desainnya? Untuk mencari tahu jawabannya, mari kita simak penjelasan berikut ini.
 

Panduan Desain Dapur Terbuka Tipe 36

Desain dapur terbuka minimalis adalah sebuah desain dapur yang membuat dapur tampak menyatu dengan ruangan atau alam disekitarnya sekaligus menonjolkan sifat sederhana dan compact.

Salah satu ciri utama desain dapur terbuka adalah tidak ada atau minimnya sekat antara dapur dengan ruangan disekitarnya. Untuk menonjolkan kesan minimalis, desain dapur minimalis umumnya memanfaatkan peralatan yang multifungsi, seperti kabinet yang sekaligus berfungsi sebagai dinding, meja dapur yang berfungsi sebagai tempat memasak, dan perlatan dapur yang multifungsi.

Selain minim pembatas, desain dapur terbuka juga menonjolkan area yang multifungsi. Umumnya desain dapur terbuka dicirikan dengan dapur dan ruang makan menjadi satu. Terkadang, ada juga yang menggabungkan dapur dengan ruang keluarga atau ruang tamu.

Dikarenakan ukurannya yang relatif kecil, desain dapur terbuka tipe 36 menjadi hal yang wajib Anda coba jika Anda memiliki hunian dengan lahan yang terbatas. Ingatlah bahwa lahan yang terbatas tidak selalu menghalangi Anda untuk memiliki rumah idaman.
 

Tips Desain Dapur Minimalis Type 36

Desain dapur terbuka tidak berarti Anda harus membangun dapur Anda di area outdoor atau bahkan di luar rumah. Yang harus Anda lakukan adalah membuat kesan bahwa dapur Anda sedang berada di suasana terbuka seperti taman.
 

1. Tentukan Fungsi Dapur

Kegiatan apa saja yang akan dilakukan di dapur? Apakah dapur ini adalah dapur bersih, dapur kotor, atau sebuah dapur yang merangkap fungsi keduanya? Pertanyaan tersebut membantu kita untuk menetukan bentuk dapur, serta jenis dan model perlengkapan dapur yang diperlukan.

Anda juga bisa menggunakan dapur ini sebagai area multifungsi. Misalnya, dapur dan ruang makan bisa Anda buat di tempat yang sama.
 

2. Tentukan Bentuk Dapur dan Segitiga Kerja

Bentuk dapur yang kita kehendaki haruslah memiliki prinsip segitiga kerja yang akan membuat ruang kerja kita di dapur lebih efisien dan fungsional. Untuk membantu Anda mencari inspirasi untuk dapur rumah idaman Anda, cobalah untuk mencari model dapur di internet yang umumnya juga memberikan perlengkapan apa saja yang ada di dapur.
 

3. Perhatikan Instalasi Air, Listrik dan Gas

Perubahan ataupun penyesuaian bentuk dapur dan penempatan peralatan dapur, akan berpengaruh pada instalasi pipa air, jalur listrik, dan pipa gas (jika ada) bahkan pada saluran pembuangan. Perencanaan pengaturan instalasi air, listrik dan gas serta saluran pembuangan harus diperhitungkan agar sejak awal.

Baca juga: Tips Memilih Keramik Dinding Dapur yang Tepat

 

4. Rancang Tempat Penyimpanan

Salah satu keunggulan dari desain dapur terbuka tipe 36 adalah tempat penyimpaan yang optimal. Merancang tempat penyimpanan harus disesuaikan dengan penempatan peralatan dapur agar tertata rapih dan terorganisir. Selain itu juga tempat penyimpanan harus dirancang dengan baik agar ruang dapur pun terlihat bersih, rapih dan apik.

 

5. Perhatikan Pencahayaan

Untuk membuat kesan dapur terbuka atau outdoor, pencahayaan alami merupakan elemen krusial. Pencahayaan dapur merupakan salah satu elemen desain yang harus diperhatikan. Pencahayaan alami di pagi dan siang hari dapat menghemat energi listrik. Selain itu, pengaturan pencahayaan di malam hari harus disesuaikan pada area yang sering digunakan untuk beraktivitas.
 

6. Pilihan Warna 

Pilihan warna dapat mencerminkan kepribadian dan karakter pemiliknya sehingga kita harus benar-benar memikirkan kualitas dan jenis warna yang sesuai.

Untuk menonjolkan kesan minimalis, umumnya orang-orang memilih warna putih. Mengapa demikian? Karena warna putih memiliki kesan netral dan dapat memberikan pencahayaan ruangan cukup baik. Selain itu, warna putih juga identik dengan kesan terbuka minimalis.

Baca juga: 7 Furniture Rumah Minimalis Kebutuhan Wajib yang Estetik
 

7. Pilihan Material

Pilihlah material yang berkualitas dengan daya tahan yang tinggi untuk mengurangi penambahan biaya di kemudian hari akibat perbaikan material dapur yang mudah rusak.
 

8. Gunakan Jasa Interior 

Merancang desain dapur terbuka mungkin bisa cukup menantang untuk Anda yang belum pernah mendesain.  Untuk mengatasi hal ini, salah satu hal yang dapat dipertimbangkan adalah meminta bantuan jasa desain interior yang berpengalaman dalam mendesain dapur.

Walaupun terkesan menghambur-hamburkan uang, menggunakan jasa interior bisa jadi menghemat pengeluaran secara keseluruhan. Anda bisa mendapatkan desain dapur terbuka yang luar biasa dengan patokan harga sesuai dengan budget yang Anda miliki sebelumnya.
 

9. Susunlah Anggaran Biaya

Setelah Anda memiliki desain dapur terbuka yang Anda sukai, buatlah perencanaan anggaran biaya yang matang agar kita mengetahui besarnya biaya yang harus disiapkan dan menentukan skala prioritas dalam membangun dapur terbuka idaman kita.

Itulah dia penjelasan dan beberapa tips untuk membuat desain dapur terbuka tipe 36. Terbatasnya lahan tidak seharusnya menghalangi Anda dari memiliki hunian idaman. Dengan konsep desain dapur terbuka minimalis, Anda bisa memiliki ruang dapur yang tidak kalah istimewa.

Semoga tips tersebut diatas dapat menjadi panduan kita dalam merancang desain dapur terbuka impian kita.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya