5 Cara Pasang Plafon PVC dan Merawatnya dengan Baik & Benar

Plafon PVC saat ini banyak dipilih pada saat membangun rumah atau gedung. Hal ini karena plafon PVC memiliki banyak keunggulan di antaranya adalah dapat menghemat biaya perawatan.

Umumnya, plafon model ini sering dipasang di bagian dalam rumah, seperti di kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu. Selain itu, pemasangannya juga tidak terlalu rumit, dan tidak memerlukan cat. Keunggulan lainnya adalah tidak mudah bocor dan anti rembes. Lalu, bagaimana cara pemasangan plafon PVC yang baik dan benar.

Sebelum kita membahas bagaimana cara pemasangan plafon PVC yang benar, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu apa itu plafon serta keunggulan dan kelemahan plafon PVC berikut ini.

Apa Itu Plafon PVC?

Plafon PVC adalah jenis plafon yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC). PVC adalah bahan sintetis yang kuat, tahan air, dan tahan lama. Plafon PVC sering digunakan untuk menghiasi langit-langit dalam ruangan.

Jenis plafon ini tersedia dalam berbagai warna dan tekstur, sehingga memberikan banyak pilihan desain yang dapat disesuaikan dengan gaya dekorasi interior rumah. Selain itu, plafon PVC juga relatif mudah dipasang dan mudah dipelihara, menjadikannya pilihan populer untuk rumah-rumah modern.

Baca juga: Rumah Tropis Modern: Karakteristik, Tips Dekorasi, & Contoh

Keunggulan dan Kelemahan Plafon PVC

Dibanding dengan material plafon lainnya, plafon PVC memberikan beraram keunggulan yang menarik sekali. Namun di sisi lain tetap memiliki kelemahan, walaupun tidak begitu berarti karena sangat bisa diatasi.


Keunggulan Plafon PVC

Berikut ini keunggulan plafon PVC yang harus Anda ketahui:

  • Biaya perawatan lebih hemat karena awet

  • Lentur dan ringan

  • Mudah dibersihkan

  • Tidak perlu dicat

  • Anti rembes dan bocor

  • Tidak berjamur

  • Banyak pilihan motif sehingga dapat diseragamkan dengan tema ruangan

  • Tahan api karena materialnya mengandung chlorine

  • Pemasangan plafon lebih cepat (mudah dipasang)

Kelemahan Plafon PVC

Adapun kelemahan dari penggunaan plafon PVC adalah sebagai berikut:

  • PVC dapat terlihat membosankan jika tanpa warna dan motif

  • Penggunaan lem dapat membuat plafon terkesan kotor

  • Pemasangannya membuat ruangan cepat panas jika ketinggiannya di bawah 3 m.

  • PVC sulit untuk didaur ulang

  • Harga relatif di atas rata-rata

Baca juga: Cara Pasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik dengan Benar

5 Cara Memasang Plafon PVC Sendiri di Rumah

Sumber gambar: https://www.pvcplafonjakarta.com/

Nah, agar Anda bisa menghemat biaya jasa tukang, berikut ini cara memasang plafon PVC sendiri di rumah yang perlu Anda perhatikan:

1. Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebagai langkah awal cara memasang plafon PVC adalah mempersiapkan bahan-bahan yang ada. Di sini ada dua bagian yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu alat dan bahan.

Peralatan

Untuk peralatan yang perlu Anda persiapkan diantaranya adalah:

  • Mesin Bor dengan ukuran 10 mm

  • Cutter atau pemotong

  • Mata bor yang digunakan memasang sekrup

  • Grinder dan siku

  • Meteran dan palu

  • Kabel listrik dan stop kontak

Bahan

Sedangkan untuk bahan pemasangannya beberapa di antaranya yang harus ada yakni:

  • Rangka plafon yang bisa Anda pilih seperti kayu maupun besi hollow

  • Plafon PVC dengan kualitas baik

  • Paku, untuk kualitas paku terbaik dianjurkan untuk menggunakan paku biasa dibandingkan paku beton

  • Sekrup untuk memasang rangka hollow

    Sebagai tambahan, jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung diri seperti kaca mata, sarung tangan, dan sebagainya agar pekerjaan semakin lancar dan terhindar dari kecelakaan.

    Baca juga: Beberapa Macam Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC

    2. Pasang Rangka Plafon PVC

    Cara pemasangan plafon PVC berikutnya yaitu memasang rangka. Akan tetapi, sebelum melakukan pemasangan rangka plafon PVC, tandailah ketinggian plafon terlebih dahulu. Sebisa mungkin, pemasangan tanda tersebut tidak melebihi ring balok. Ini karena ring balok menjadi bagian tembok yang cukup keras dan dapat membuat paku bengkok.

    Penandaan tersebut sebaiknya dilakukan dengan menggunakan waterpass selang. Hal ini berfungsi agar tampak lebih rata. Ketinggian plafon pun sebaiknya jangan kurang dari tiga meter. Semakin tinggi dari angka tersebut akan semakin baik.

    Lakukanlah dengan hati-hati ketika memasang rangka plafon ini. Pastikan sudutnya sudah sesuai dan ukuran rangka tidak kurang atau tidak melebihi dari bidang yang akan dipasang tadi.

    3. Pasanglah List Profil PVC

    Ketiga, setelah memasang rangka plafon PVC kini saatnya bagi Anda untuk memasang list profil PVC. Pasanglah pada sekeliling tembok tepat di bawah rangka plafon yang telah dibuat sebelumnya.

    Pada saat memotongnya, lakukanlah pada bagian sudutnya. Caranya adalah Anda harus menggunakan gergaji maupun mesin gerinda.

    Saat memotong, sebaiknya Anda perlu berhati-hati dan perhatikan faktor keamanannya. Misalnya saja pastikan Anda menggunakan pelindung tangan, kacamata agar debu atau partikel halus dari list profil ini mengenai mata.

    Setelah itu, pasangkanlah list tersebut dengan bor dan sekrup. Usahakan beri jarak antara sekrup satu dengan lainnya kurang lebih 30 – 50 cm.

    4. Pasang Papan PVC Perlahan

    Langkah keempat dari cara memasang plafon PVC adalah meletakkan dan memasang papan PVC-nya. Anda bisa memasang papan tersebut dengan menggunakan sekrup dan bor yang sudah disiapkan tadi.

    Perhatikan saat memasangnya, harus dilakukan satu per satu dan lembar demi lembar. Mulailah dari satu sisi pinggiran tembok. Lalu, masukkan sisi papan PVC pada list profil PVC yang telah dipasang sebelumnya. Sekrup bagian sisi lain papan PVC agar semakin kuat.

    Bila papan PVC ini sudah terpasang, sambunglah kembali papan lain sampai selesai. Saat memasang sekrup PVC tersebut pastikan sudah kencang agar tidak mudah lepas di kemudian hari. Perhatikan pula jika sekrup yang digunakan tadi memiliki kualitas terbaik dan tidak rusak.

    Baca juga: Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC

    5. Bersihkan Sisa Sampah Pemasangan Tadi

    Setelah semua langkah di atas selesai, maka cara memasang plafon PVC yang terakhir adalah membersihkan sampah dan sisa-sisa pemasangan tadi. Termasuk bahan-bahan material yang ada.

    Usahakan buanglah pada tempat tertentu, pisahkanlah antara sampah yang bisa diurai dan tidak diurai. Kemudian, jauhkanlah dari jangkauan anak-anak. Sebab, bila tidak anak-anak akan menggunakan sisa bahan tersebut dan itu cukup berbahaya.

    Ingat, potongan sisa PVC yang tersisa bisa saja terdapat bagian yang tajam atau runcing. Sebaiknya, Anda letakkan dan sisihkan di tempat yang aman. Poin penting lainnya yaitu gunakanlah alas kaki dan pelindung pada tangan pada saat memasang maupun membersihkannya.

    Baca juga: 5 Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC dengan Mudah

    Cara Merawat Plafon PVC dengan Benar

    Agar tidak cepat rusak, berikut adalah cara merawat plavon PVC dengan benar.

    1. Bersihkan Secara Rutin

    Merawat plafon PVC secara teratur sangat penting dan perlu dilakukan. Jika plafon PVC kotor, dapat menyebabkan kerusakan yang lebih mudah terjadi dan dapat mengurangi nilai estetika plafon. Oleh karena itu, menjaga kebersihan plafon PVC sangat penting untuk perawatan yang tepat.

    2. Perbaiki Atap yang Bocor

    Plafon berfungsi untuk mencegah air jatuh ke lantai, tetapi jika atap bocor, harus segera dibersihkan. Meskipun bahan PVC tahan terhadap air, namun jika terjadi kebocoran pada atap, perlu dilakukan perbaikan dengan cepat.

    Baca juga: Catat! Inilah 5 Cara Mengatasi Bocor Pada Sambungan Atap

    3. Pemasangan yang Benar

    Untuk meningkatkan daya tahan plafon PVC, disarankan untuk menggunakan jasa tukang yang berpengalaman dalam pemasangan. Dengan menggunakan jasa yang tepat, hasil pemasangan plafon PVC akan lebih optimal. Sebaliknya, jika dipasang secara asal-asalan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada plafon PVC dengan mudah.


    4. Pemilihan Kualitas Plafon

    Saat ini, terdapat banyak merek plafon PVC dengan keunggulan masing-masing. Untuk mencegah kerusakan yang terjadi lebih awal, pastikan untuk menggunakan merek plafon yang berkualitas tinggi.

    Baca juga: Panjang Pipa PVC di Pasaran


    Plafon PVC merupakan pilihan yang populer dalam membangun rumah atau gedung karena berbagai keunggulan yang dimilikinya, termasuk kemampuan untuk menghemat biaya perawatan. Plafon jenis ini mudah dipasang, tidak memerlukan cat, tahan air, tidak mudah bocor, dan memiliki banyak pilihan motif yang dapat disesuaikan dengan tema ruangan.

    Meskipun memiliki kelemahan seperti terlihat membosankan tanpa warna dan motif, serta sulit untuk didaur ulang, namun kelemahan tersebut dapat diatasi dengan pemilihan desain yang tepat. Langkah-langkah memasang plafon PVC sendiri juga disertakan dalam konten ini, yang meliputi persiapan alat dan bahan, pemasangan rangka plafon, pemasangan list profil PVC, pemasangan papan PVC, dan pembersihan sisa sampah setelah pemasangan. Selain itu, cara merawat plafon PVC dengan benar juga penting untuk menjaga keawetan dan keindahannya dalam jangka waktu yang lama.

    Tentunya dalam memasang plafon PVC dan mencegahnya dari kerusakan, Anda harus menggunakan plafon PVC dengan kualitas terbaik. Anda dapat membelinya langsung maupun secara online di tempat yang terpercaya. Salah satunya adalah dengan membeli di Klopmart. Semoga bermanfaat!

    Media

    Klopmart

    KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

    Inspirasi Lainnya

    4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

    Besi Bangunan

    4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

    Selengkapnya
    7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

    Tips & Trik

    7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

    Selengkapnya
    6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

    Tips & Trik

    6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

    Selengkapnya