Atap & Lantai

Plafon PVC: Ukuran, Keunggulan, dan Cara Memasangnya dengan Mudah

Media
08 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bagaimana cara menghitung ukuran jarak rangka plafon PVC? Mungkin sebelum mengetahui ukuran jarak rangka plafon PVC, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu plafon. Bagi Anda yang belum mengerti apa itu plafon, silakan coba melihat ke atas, tepatnya bagian langit-langit ruangan. Hal yang Anda lihat saat ini merupakan plafon. Namun untuk lebih jelasnya, mari kita simak pengertian plafon berikut ini dan juga ukuran jarak rangka yang dapat digunakan untuk memasang plafon. 

Dalam artikel ini juga, kami akan membahas secara lebih spesifik mengenai plafon PVC dan beberapa keunggulannya. Dengan demikian, jika Anda saat ini sedang mempunyai rencana untuk membangun atau merenovasi rumah, plafon PVC bisa menjadi pilihan plafon untuk rumah tersebut.
 

Pengertian Plafon

Plafon merupakan komponen dalam konstruksi bangunan yang ditempatkan pada langit-langit ruangan. Guna dari plafon ini untuk menutupi kerangka bangunan ataupun menjadi pembatas antara atap rumah dengan interior rumah. Tentunya Anda bisa membayangkan seperti apa bentuk rumah tanpa plafon, bukan? 

Rumah yang tidak menggunakan plafon akan terlihat tidak rapi secara visual karena Anda dapat melihat keseluruhan rangka rumah ataupun atap. Rangka yang dimaksud di sini dapat berupa rangka kayu atau besi. Dengan demikian, plafon merupakan komponen penting yang harus masuk ke dalam list biaya untuk pembangunan atau renovasi rumah.


 

Mengenal Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC

Bagaimana cara memasang plafon PVC? Hal ini tentu saja erat kaitannya dengan rangka yang tadi disebutkan di atas. Ukuran jarak rangka yang paling umum digunakan sebagai rangka plafon rumah adalah 60 cm x 80 cm. Namun, untuk beberapa rumah yang memiliki desain dan susunan arsitektur yang berbeda, maka ada beberapa ukuran rangka plafon, yaitu:

  • Ukuran jarak rangka plafon 30 cm x 30 cm
  • Ukuran jarak rangka plafon 30 cm x 40 cm
  • Ukuran jarak rangka plafon 40 cm x 40 cm
  • Ukuran jarak rangka plafon 40 cm x 60 cm
  • Ukuran jarak rangka plafon 60 cm x 60 cm
  • Ukuran jarak rangka plafon 60 cm x 80 cm

Baca juga: Tinggi Atap Rumah Ideal
 

Keunggulan Plafon PVC

Setelah Anda mengetahui ukuran jarak rangka plafon, maka sekarang marilah memahami keunggulan dari plafon PVC. PVC atau yang kepanjangannya Polyvinyl Chloride, mungkin sering terdengar sebagai bahan pipa air. PVC memiliki bahan material polimer yang lentur dan juga ringan, serta memiliki ketahanan yang sangat kokoh. Karena sifatnya tersebut, PVC juga dapat digunakan sebagai plafon.


Plafon PVC sangat mudah untuk dipasang karena massanya yang ringan. Selain itu, dibandingkan jenis plafon lainnya, plafon PVC memiliki ketahanan yang kuat terhadap api. Cara pembersihan plafon PVC ini pun juga cenderung lebih mudah. Salah satu keunggulan yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih plafon PVC adalah plafon ini bersifat anti rayap sehingga sudah dapat dipastikan ketahanannya untuk waktu yang lama.

Baca juga: Cara Memasang Plafon Gypsum yang Baik dan Benar
 

Cara Pemasangan Plafon PVC

Berikut ini merupakan cara pasang plafon PVC yang sangat sederhana dan mudah, yaitu:

  • Susun rangka kayu sesuai dengan ukuran standar yaitu 60 cm x 80 cm atau sesuai dengan kebutuhan.
  • Potong list dengan sudut 45Ëš lalu pasang pada setiap sisi dinding, dekat dengan rangka.
  • Siapkan plafon PVC dan potong dengan menggunakan cutter atau gergaji sesuai dengan ukuran tiap rangka kayu.
  • Pasang plafon satu per satu secara berurutan dengan rapi.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan untuk Anda seputar beberapa macam ukuran jarak rangka plafon PVC dan lengkapi kebutuhan konstruksi rumah bagian plumbing dengan tee PVC yang berkualitas dari Klopmart.

Baca juga: 4 Jenis Sambungan Pipa PVC Rucika Terbaik

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya