Konstruksi

Apa Itu Rumah Tropis Modern? Karakteristik dan Tips Dekorasinya

Media
12 Jun 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Memiliki rumah sendiri pasti sangat menyenangkan! Anda jadi tidak perlu khawatir dengan biaya sewa atau tanggung jawab dengan kepemilikan orang lain. Namun harus diingat bahwa membangun rumah sendiri membutuhkan banyak usaha dan biaya. Meski sulit, bukan berarti mustahil. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencari desain sesuai preferensi seperti rumah tropis modern. 

Sejatinya masih ada banyak lagi desain rumah yang menarik seperti konsep open space atau minimalis. Kali ini Anda hanya akan diajak memahami konsep rumah tropis modern yang cukup populer di kalangan keluarga muda.

Tidak ada salahnya juga untuk mempelajari berbagai desain rumah supaya Anda memiliki banyak preferensi untuk dijadikan inspirasi. Tanpa berpanjang lebar lagi, mari mulai pembahasannya sekarang juga!

Apa itu Desain Rumah Tropis Modern?


Rumah tropis modern adalah gaya desain rumah yang menggabungkan elemen-elemen tropis kemudian digabungkan dengan gaya modern. Gaya ini menghasilkan rumah yang segar, terang, dan terbuka sehingga menciptakan suasana santai yang alami di dalam ruangan.
Itu sebabnya Anda akan banyak melihat pemakaian kaca, jendela besar, dan pintu geser yang sebenarnya sudah sangat umum dalam desain rumah tropis. Tujuan penggunaannya tidak lain adalah untuk memberikan tampilan yang terbuka sekaligus memungkinkan sirkulasi udara yang lancar. 

Material alami seperti kayu dan batu juga sering digunakan dalam desain ini. Penggunaan dua bahan tersebut memberikan sentuhan hangat dan organik pada rumah Anda. Jadi jangan heran kalau Anda bisa merasakan rasa hangat dan kenyamanan ketika masuk dalam rumah yang mengusung desain tropis ini. 

Baca juga: Cari Tahu 4 Jenis Kerusakan Beton dan Metode Perbaikannya

Karakteristik Rumah Tropis Modern


Supaya Anda makin paham seperti apa desain yang disebut sebagai rumah tropis modern, Klopmart sudah menyediakan berbagai karakteristiknya. Ketika karakteristik rumah tropis modern sudah dikenali maka Anda bisa dengan mudah melihat apa saja detail yang bisa diperhatikan serta dijadikan inspirasi. Coba perhatikan penjelasannya berikut ini! 

1. Penggunaan Material Alami

Salah satu karakteristik utama dari rumah tropis modern adalah penggunaan berbagai bahan material alami yang sangat menonjol. Kayu menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam desain ini. 

Apalagi kalau kayu tersebut memiliki serat dan tekstur alami yang memberikan sentuhan hangat pada rumah. Selain kayu, ada juga batu alam, bambu, dan material lainnya yang sering digunakan untuk menciptakan tampilan alami, tetapi tetap harmonis.

2. Desain Terbuka dan Ventilasi yang Baik

Rumah tropis modern cenderung memiliki desain terbuka yang menghubungkan ruangan dalam rumah dengan lingkungan luar. Hal ini dicapai dengan penggunaan jendela besar, pintu geser, dan desain atap yang memungkinkan sirkulasi udara yang baik. 

Ruang-ruang terbuka seperti teras, balkon, atau veranda juga sering ditemukan dalam desain ini. Pasalnya penggunaan ruang terbuka seperti ini akan menciptakan area yang nyaman untuk bersantai selagi menikmati udara segar.

3. Pencahayaan Alami yang Maksimal

Pencahayaan alami menjadi fokus penting dalam desain rumah tropis modern. Jendela besar, atap kaca, dan dinding transparan biasa digunakan untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. 

Hal ini tidak hanya menciptakan suasana yang terang dan ceria, tetapi juga mengurangi penggunaan listrik untuk pencahayaan buatan. Penerapan tata letak rumah tropis juga perlu pemikiran yang matang untuk memastikan bahwa cahaya alami merata di seluruh ruangan.

4. Integrasi Ruang Dalam dan Luar

Rumah tropis modern menekankan pada integrasi antara ruang dalam dan luar. Teras, kolam renang, atau taman yang dirancang dengan baik menjadi bagian penting dari desain ini. 

Pintu geser yang besar atau jendela kaca yang dapat dibuka memungkinkan ruang tamu atau ruang makan terhubung dengan ruang luar. Alhasil penggunaan pintu dan jendela yang besar menciptakan ilusi ruangan yang makin luas untuk berkumpul atau mengadakan acara sosial.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Kaca yang Mewah

5. Warna Netral dan Palet Alam

Palet warna yang digunakan dalam rumah tropis modern sering kali didominasi oleh warna netral. Warna-warna seperti putih, krem, cokelat, hijau, dan biru laut digunakan untuk menciptakan suasana yang tenang serta menghadirkan kesan alami. 

Namun tidak apa-apa jika Anda ingin menambahkan warna lain. Biasanya penggunaan warna-warna cerah cenderung ditambahkan sebagai aksen untuk memberikan nuansa segar yang hidup.

6. Ruang Terbuka yang Multifungsi

Rumah tropis modern sering memiliki ruang terbuka yang multifungsi. Contohnya , teras yang dapat digunakan sebagai area bersantai atau tempat makan pada siang hari, namun juga bisa menjadi tempat untuk mengadakan pertemuan atau pesta pada malam hari. Ruang-ruang ini memberikan fleksibilitas dalam penggunaan dan memungkinkan penghuni rumah untuk menyesuaikan fungsinya sesuai kebutuhan.

Contoh Desain Rumah Tropis Modern

Sama seperti yang lainnya, desain rumah tropis modern bisa dibuat seperti apa saja sesuai preferensi masing-masing keluarga. Anda bisa membuat terasnya lebih besar atau memilih penempatan lokasi yang tidak biasa. 

Bisa juga membuatnya di tengah hutan atau perkotaan. Ingat bahwa dalam desain tidak ada yang salah maupun benar sehingga Anda bisa mengeluarkan ide serta pendapat demi menemukan inspirasi terbaik. Berikut ini Klopmart punya contoh desain rumah tropis yang bisa Anda jadikan inspirasi. Coba lihat mana yang Anda sukai. 

1. Vila Tropis Modern dengan Kolam Renang


Contoh desain rumah tropis modern yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah vila dengan kolam renang. Desain ini menggabungkan elemen-elemen tropis tetapi tetap mengombinasikan semuanya dalam gaya modern yang elegan.

Vila tersebut memiliki ruang terbuka yang luas dengan atap kaca sehingga memungkinkan masuknya cahaya matahari yang melimpah ke dalam ruangan. Keberadaan kolam renang yang indah pasti menjadi pusat perhatian di halaman belakang. Tentunya hal ini bisa memberikan suasana yang nyaman dan santai.

Bayangkan Anda pulang ke rumah dengan suasana seperti ini. Bukankah rasanya langsung seperti sedang healing di Bali? Pastinya akan ada rasa nyaman dan kesenangan setiap kali Anda pulang setelah selesai bekerja sepanjang hari. 

2. Rumah Tropis Modern dengan Veranda yang Terbuka


Memiliki rumah dengan veranda yang terbuka juga bisa memberikan rasa nyaman untuk melepas penat setelah disibukkan oleh pekerjaan. Seperti yang bisa dilihat pada gambar, desain rumah ini memiliki ruang tamu yang menghadap langsung ke veranda untuk memberikan kesan ruangan yang luas. 

Pintu geser besarnya memungkinkan Anda dan seluruh penghuni rumah untuk berpindah antara ruang tamu di bagian dalam dengan teras secara cepat. Penempatan berbagai tanaman juga menjadikan veranda terlihat segar dan alami. Kalau Anda bingung ingin memberikan dekorasi pada veranda maka tanaman hias bisa dijadikan salah satu kandidatnya.

3. Rumah Tropis Modern dengan Desain Kaca dan Kayu


Penggunaan kaca dan kayu memang merupakan kombinasi cantik untuk memberikan kesan rumah yang alami tetapi tetap estetis. Kalau Anda lihat pada gambar, penggunaan kaca jendela besar di lantai kedua menjadikan rumah ini terasa besar untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. 

Penggunaan kaca dan kayu memang merupakan kombinasi cantik untuk memberikan kesan rumah yang alami tetapi tetap estetis. Kalau Anda lihat pada gambar, penggunaan kaca jendela besar di lantai kedua menjadikan rumah ini terasa besar untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. 

Belum lagi penggunaan kayu dengan warna uniknya yang tidak bisa digantikan oleh bahan-bahan lain. Pastinya kombinasi kedua bahan membuat rumah enak dipandang dari berbagai sisi. 

Baca juga: 10 Desain Rumah Sederhana di Pinggir Pantai yang Indah!

4. Rumah Pohon Tropis Modern


Rumah pohon tropis modern menjadi salah satu contoh desain unik yang menggabungkan gaya tropis dengan elemen alam. Rumah ini dibangun di atas pohon menggunakan platform kayu yang terhubung dengan tangga sebagai akses masuk keluar yang mudah. 

Desain rumah seperti ini biasanya mengutamakan pemanfaatan alam dan pengalaman hidup yang unik. Jendela besar dan pintu geser memungkinkan penghuni rumah menikmati pemandangan alam sekitar sekaligus mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

5. Rumah Tropis Modern dengan Teras Atap


Desain rumah tropis modern juga sering dilengkapi dengan teras atap. Teras atap ini memberikan ruang terbuka yang nyaman dan melindungi seluruh anggota keluarga dari sinar matahari langsung. Pembuatan teras beratap menjadikan Anda memiliki tempat yang ideal untuk bersantai, menikmati pemandangan sekitar, hingga mengadakan acara sosial.

6. Rumah Pantai Tropis Modern


Rumah pantai tropis modern jelas menciptakan kesan liburan yang abadi. Desainnya mengambil inspirasi dari gaya tropis dengan penggunaan kayu dan warna-warna cerah. 

Jendela besar dan pintu kaca digunakan untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari dan memanfaatkan pemandangan pantai yang indah. Teras atau balkon yang menghadap ke pantai bahkan menjadi tempat yang ideal untuk menikmati udara segar dan pemandangan laut yang menawan.

7. Desain Rumah Tropis Modular

Sumber: Idesignarch.com

Rumah tropis modern dengan desain kaca yang terbuka dan aksen perabotan kayu memang memberikan nuansa alam yang sangat menarik.

Desain seperti ini seringkali menciptakan hubungan yang kuat antara ruang dalam dan luar rumah, menciptakan suasana yang terbuka, alami, dan terhubung dengan lingkungan sekitarnya.

8. Rumah Tropis Modern Minimalis

Sumber: Pexels

Rumah tropis modern minimalis adalah pilihan yang baik untuk daerah dengan iklim tropis seperti khatulistiwa, karena desainnya mempertimbangkan kebutuhan untuk sirkulasi udara yang baik, perlindungan dari hujan, dan penggunaan cahaya alami.

Tips Dekorasi Rumah Tropis Modern


Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki gambaran tentang desain rumah tropis modern yang dijelaskan? Kalau Anda sudah memikirkan beberapa desain rumah yang akan dibuat, jangan lupa tambahkan beberapa dekorasi berikut untuk melengkapi interior dan menjadikannya nyaman untuk ditinggali. 

1. Gunakan Material Alami

Dalam dekorasi rumah tropis modern, penting untuk menggunakan material alami seperti kayu, batu, serta bahan lainnya yang memiliki serat alami. Pilihlah furniture dan aksesori yang terbuat dari kayu dengan serat alami yang menonjol untuk memberikan kesan elegan. Anda juga dapat menggunakan batu alam sebagai elemen dekoratif. Pengaplikasiannya bisa seperti dinding batu atau lantai batu.

2. Pilih Palet Warna Tropis

Palet warna yang tepat dapat menciptakan suasana tropis yang hangat dan segar. Coba pilih warna-warna yang terinspirasi dari alam tropis, seperti hijau daun, biru laut, cokelat tanah, dan warna-warna netral lainnya yang lembut. 

Semua warna tersebut bisa Anda gunakan sebagai cat dinding, furniture, maupun aksesori dekoratif. Kombinasikan juga dengan warna cerah sebagai aksen menarik.

3. Perhatikan Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami tentu tidak boleh dilupakan karena merupakan faktor penting dalam dekorasi rumah tropis modern. Manfaatkan sebaik mungkin cahaya matahari dengan penggunaan jendela besar dan pintu kaca yang dapat membuat cahaya alami masuk secara maksimal ke dalam rumah. 

Hindari penghalang yang menghalangi cahaya, seperti gorden yang tebal. Jika perlu, gunakan tirai atau penutup jendela yang transparan untuk menjaga privasi tanpa menghalangi cahaya.

4. Tambahkan Sentuhan Tropis dengan Tanaman

Tanaman juga menjadi elemen penting dalam dekorasi rumah tropis modern. Tinggal tambahkan tanaman hijau besar, seperti pohon kelapa, palem, atau monstera, untuk menciptakan suasana tropis yang alami. 

Anda bisa meletakkan tanaman di sudut-sudut ruangan, di teras, atau di luar jendela untuk memberikan kesan segar sekaligus menciptakan sirkulasi udara yang sehat. Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup, tanaman hias dalam pot atau tanaman gantung bisa dijadikan dekorasi dinding untuk tetap menampilkan unsur alami yang menyegarkan.

Melalui penjelasan rumah tropis modern yang dijelaskan, semoga Anda jadi makin mengerti dan memahami desain satu ini. Ketika nantinya Anda merancang rumah tropis modern impian, pastikan pemilihan bahan material yang digunakan sudah tepat. 

Ingat bahwa desain saja belum cukup sehingga pemilihan material berkualitas adalah kunci untuk menciptakan suasana yang nyaman dan elegan. Kalau Anda mencari berbagai bahan material berkualitas yang mudah diakses maka Klopmart merupakan tempat yang tepat. 

Klopmart menjual kebutuhan konstruksi berkualitas tinggi yang sesuai dengan konsep rumah tropis modern, mulai dari kayu alami yang indah hingga plester untuk memasang batu alam. Percayakan kebutuhan material Anda dengan berbelanja di Klopmart sekarang! 

Sumber rujukan:

  • https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-76767-gaya-rumah-tropis-modern-id.html

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/rumah-tropis-74249

  • https://www.ruparupa.com/blog/13-ide-desain-rumah-tropis-modern/

Inspirasi Lainnya

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Konstruksi

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Selengkapnya
6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Konstruksi

6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Selengkapnya
8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya