Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC ini Bisa Anda Coba!

Filter air memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Terutama pada saat adanya krisis air bersih. Banyak orang telah menggunakan filter air dalam kebutuhan sehari-hari. Filter air sendiri sudah banyak dijual di berbagai tempat. Filter air juga memiliki macam-macam jenis. Filter air buatan sendiri, buatan perusahaan berbadan hukum, bergaransi maupun tidak bergaransi, filter air berbahan fiber, hingga filter air berbahan pipa PVC.

Filter air bisa diletakkan dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Filter air yang baik adalah filter air yang memiliki sifat tahan terhadap sinar matahari yang mana bisa menyebabkan tabung ditumbuhi lumut dan membuat ukurannya menjadi kecil. Selain itu, filter air yang baik juga tahan terhadap air hujan sehingga tidak membuat tabung korosi pada filter air rusak ataupun berkarat.

Banyak masyarakat yang menggunakan filter air berbahan dasar fiber. Filter berbahan fiber tidak mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan filter air berbahan pipa PVC. Filter air berbahan fiber tidak memiliki daya tahan yang kuat terhadap sinar matahari. Hal tersebut membuat filter air berbahan fiber tidak cocok digunakan di luar ruangan (outdoor) karena sinar matahari akan membuat filter air berbahan fiber ditumbuhi lumut dan membuat tabung menjadi kecil.

Cara kerja filter air sebenarnya cukup sederhana. Filter air menyaring air kotor, keruh, kuning, bau, kapur, maupun kerak yang ada di dalam air. Karena sering tidak bersih di daerah sekitar kita, penggunaan filter air menjadi sebuah kebutuhan saat ini. Sehingga, pemasangan filter air yang tepat dan tahan lama dapat menghasilkan kualitas air yang bersih dan pastinya menjadi salah satu pertimbangan ekonomis untuk menyaring air.

Filter air murah sangat banyak beredar di masyarakat. Begitu pula para pesaing-pesaingnya. Dilihat dari sini, kualitas produk filter air yang bagus tentu saja menjadi indikator pemilihan untuk menggunakan filter air.

Membuat Filter Sederhana

Salah satu langkah hemat dan aman dalam menyaring air yang tidak bersih bisa dilakukan dengan cara membuat filter air dari pipa PVC. Filter air berbahan pipa PVC mampu menyaring kotoran dan bahan-bahan lain yang terkandung dalam air tidak bersih menjadi sehat dan aman untuk digunakan dan dikonsumsi. Filter air dari bahan pipa PVC sangat mudah ditemukan.

Banyak yang menjual filter air jenis ini. Namun, Anda bisa membuat filter air dari pipa PVC versi Anda sendiri dengan mudah di rumah. Kali ini, artikel ini akan membahas cara membuat filter air dari pipa PVC untuk dipasang pada akuarium. Bahan-bahan yang diperlukan adalah filter akuarium, karbon aktif, pasir silika, dan batu zeolit (khusus untuk karbon aktif harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan).

Penyusunan Media Filter Pada Tabung Filter

Persiapkan dahulu semua tabung yang akan diisi media filter. Lalu, buka pipa setengah inci yang terletak pada tutup tabung dan masukkan batu zeolit ke dalam tabung tersebut. Masukkan lagi pipa setengah inci tadi telah dibuka dan tegakkan tabung filter tersebut. Goyangkan tabung filter air tersebut agar batu zeolit tersusun di bagian bawah tabung.

Susun Filter Air ke Dalam Akuarium

Setelah tahap penyusunan media filter pada tabung filter telah selesai dilakukan. Langkah selanjutnya adalah memasukkan filter akuarium ke dalam tabung dan disusun sedemikian. Hal ini bertujuan agar saat pasir silika dimasukkan ke dalam tabung tidak akan turun ke ruangan batu zeolit dibawah tabung, Setelah filter akuarium sudah tersusun dengan rapi, masukan pasir silika ke dalam tabung.

Barulah kemudian masukan lagi filter akuarium kedua sebagai sekat pasir silika. Setelah Anda memastikan bahwa filter akuarium sudah tersusun dengan rapi, masukkan karbon aktif ke dalam tabung tersebut dan dilanjutkan dengan memasukkan filter akuarium kedua sebagai sekat karbon aktif. Langkah terakhir adalah memasang kembali tutup tabung dengan memberi lem paralon terlebih dulu.

Setelah semua langkah di atas sudah selesai, lakukan kembali hal yang sama pada tabung kedua dan ketiga. Jika kedua tabung terisi oleh media filter, susunlah kembali filter airnya. Sehingga filter air tersebut siap dipakai.

 

Begitulah langkah-langkah sederhana untuk membuat filter air dari pipa PVC. Anda bisa mempraktikkan cara membuat filter air dari pipa PVC di rumah Anda. Dengan cara sederhana tersebut, diharapkan bisa menghemat pengeluaran Anda dalam menyaring air di rumah Anda. Selamat mencoba!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
19 Nov 2019

Related Article