Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC ini Bisa Anda Coba!

Filter air memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Terutama pada saat adanya krisis air bersih. Banyak orang telah menggunakan filter air dalam kebutuhan sehari-hari. Filter air sendiri sudah banyak dijual di berbagai tempat. Filter air juga memiliki macam-macam jenis. Filter air buatan sendiri, buatan perusahaan berbadan hukum, bergaransi maupun tidak bergaransi, filter air berbahan fiber, hingga filter air berbahan pipa PVC.

Kriteria Filter Air yang Baik

Filter air bisa diletakkan dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Adapun kriteria filter air yang baik adalah sebagai berikut:

1. Tidak Mudah Korosi

Filter air yang baik adalah filter air yang memiliki sifat tahan terhadap sinar matahari yang mana bisa menyebabkan tabung ditumbuhi lumut dan membuat ukurannya menjadi kecil.

2. Tahan Terhadap Air Hujan

Selain itu, filter air yang baik juga tahan terhadap air hujan sehingga tidak membuat tabung korosi pada filter air rusak ataupun berkarat.

3. Bahan Sesuai Peruntukannya

Banyak masyarakat yang menggunakan filter air berbahan dasar fiber. Filter berbahan fiber tidak mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan filter air berbahan pipa PVC. Filter air berbahan fiber tidak memiliki daya tahan yang kuat terhadap sinar matahari. Hal tersebut membuat filter air berbahan fiber tidak cocok digunakan di luar ruangan (outdoor) karena sinar matahari akan membuat filter air berbahan fiber ditumbuhi lumut dan membuat tabung menjadi kecil.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Pipa PVC Terbaik untuk Pembangunan Rumah

Cara Kerja Filter Air

Cara kerja filter air sebenarnya cukup sederhana. Filter air menyaring air kotor, keruh, kuning, bau, kapur, maupun kerak yang ada di dalam air. Karena sering tidak bersih di daerah sekitar kita, penggunaan filter air menjadi sebuah kebutuhan saat ini. Sehingga, pemasangan filter air yang tepat dan tahan lama dapat menghasilkan kualitas air yang bersih dan pastinya menjadi salah satu pertimbangan ekonomis untuk menyaring air.

Filter air murah sangat banyak beredar di masyarakat. Begitu pula para pesaing-pesaingnya. Dilihat dari sini, kualitas produk filter air yang bagus tentu saja menjadi indikator pemilihan untuk menggunakan filter air.

Manfaat Membuat Filter Air

Manfaat Membuat Filter Air

Sebelum ke penjelasan cara membuat filter air Anda sebaiknya mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan ketika membuat filter air.

1. Meningkatkan Kualitas Air

Jika Anda bertanya mengapa air harus disaring? maka manfaat membuat saringan air pertama yaitu untuk meningkatkan kualitas air. Ya, Dengan membuat saringan air, maka air yang akan Anda gunakan akan lebih jernih dan lebih bersih. Air yang menggunakan disaringkan akan lebih sehat dan lebih segar untuk dikonsumsi.

2. Mencegah adanya Mikroorganisme

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan yaitu dengan membuat filter air akan mencegah adanya mikroorganisme. Air yang tidak difilter atau tidak disaring terlebih dahulu masih membawa mikroorganisme berbahaya jika ingin digunakan atau di konsumsi.

3. Menyuburkan Tanaman

Air yang sudah melewati penyaringan air akan menyebabkan tanaman lebih subur. Air yang memiliki kandungan klorin akan menyebabkan tanaman yang ada di rumah Anda menjadi cepat rusak sampai cepat mati.

Oleh karena itu, disarankan untuk membuat filter air sebelum menggunakan air agar tanaman tetap mekar dan sehat.

4. Menghilangkan Aroma Tidak Sedap

Manfaat filter air lainnya adalah untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Pastinya Anda sudah pernah mengalami ketika Anda membuka keran ada aroma air yang tidak sedap.

Aroma tersebut dihasilkan oleh zat kimia yang terkontaminasi dengan kotoran pada proses distribusi air. Oleh karena itu, dengan membuat filter air maka air yang keluar dari keran pun akan menjadi lebih wangi dan lebih jernih.

5. Mengurangi Risiko Asam Lambung

Manfaat membuat filter air salah satunya adalah untuk mengurangi resiko asam lambung. Asam lambung salah satunya disebabkan saat mengonsumsi air yang tidak bersih. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat filter air sebagai cara untuk mencegah adanya asam lambung ketika mengonsumsi air.

Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC

Bagaimana Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC

Salah satu langkah hemat dan aman dalam penyaringan air yang tidak bersih bisa dilakukan dengan cara membuat filter air dari pipa PVC. Filter air berbahan pipa PVC mampu menyaring kotoran dan bahan-bahan lain yang terkandung dalam air tidak bersih menjadi sehat dan aman untuk digunakan dan dikonsumsi. Filter air dari bahan pipa PVC sangat mudah ditemukan.

Banyak yang menjual filter air jenis ini. Namun, Anda bisa membuat filter air dari pipa PVC versi Anda sendiri dengan mudah di rumah. Artikel kali ini akan membahas cara membuat filter air dari pipa PVC. Berikut adalah langkah-langkah cara yang dapat Anda terapkan untuk membuat filter air dari pipa PVC. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyiapkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • Gergaji
  • 1 meter selang air, pipa pvc 5 dim
  • 75 cm pipa pvc 3 dim
  • 80 cm pipa pvc ½ dim
  • 4 dop paralon 3 dim
  • 2 dop paralon ½ dim
  • 5 buah L-½ dim
  • batu zeolit
  • 2 kapas filter akuarium
  • Potongan genteng atau batu bata, karbon efektif atau arang.
  • Lem pipa

Setelah semuanya alat dan bahan terkumpul, jangan lupa untuk mencuci karbon aktif sebelum digunakan.

2. Memotong dan Melubangi Pipa PVC

Cara membuat filter air dari pipa PVC selanjutnya adalah dengan memotong pipa 3 dim menjadi 2 bagian. Pastikan ukuran masing-masing pipa 44 cm dan 37 cm. Kemudian, ambil pipa 5 dim untuk dilubangi. Hal ini bertujuan untuk menjadikannya alas pada pipa 1/2 dim dengan tinggi 12 cm.

Potonglah pipa 1/2 dim tadi menjadi 4 bagian dengan ukuran masing-masing 10 cm. Potongan tersebut nantinya akan berfungsi sebagai inlet, outlet, dan 2 bagian dalam pipa 5 dim.

Baca juga: Tabel Ukuran Pipa PVC dari Jenis AW, D serta kelas C

3. Satukan Pipa dan Rangkaian dengan Lem

Ambil pipa yang telah menjadi bagian outlet dengan L dan pipa 10 cm yang telah diberi lubang, kemudian rekatkan menggunakan lem pipa. Pasang dop 1/2 dim di ujung pipa 1/2/ Apabila sudah kuat, pasanglah rangkaian tersebut pada pipa 5 dim yang berukuran lebih pendek. Berikan lem sekali lagi agar rekatannya semakin kuat.

Selanjutnya, gunakan lem pipa untuk menempelkan dop 5 dim di bagian bawah masing-masing pipa 5 dim

4. Rakit Pipa Penghubung

Lubangi kedua dop 5 dim yang belum terpasang seukuran pipa ½ dim. Kemudian rakitlah pipa penghubung antara pipa 5 dim pendek dan pipa 5 dim panjang.

5. Masukkan Media Filter ke Tabung Filter Pipa PVC

Cara membuat filter air dari pipa PVC yang terakhir adalah dengan memasukkan media filter yang akan ditempatkan paling bawah hingga atas.

Susun media filter sesuai urutan berikut ini: Simpan kapas pada bagian bawah dengan cara melipat kapas secara membulat, potongan bata atau genteng, masukkan lagi kapas dan dilanjutkan dengan batu zeolite.nSetelah itu, pasanglah saringan akuarium dan tutup pipa dengan menggunakan arang atau karbon aktif.

Setelah semua langkah di atas sudah selesai, lakukan kembali hal yang sama pada tabung kedua dan ketiga. Jika kedua tabung terisi oleh media filter, susunlah kembali filter airnya. Sehingga filter air tersebut siap dipakai.

Kesimpulan

Nah, begitulah pembahasan mengenai manfaat dan langkah-langkah sederhana untuk membuat filter air dari pipa PVC. Anda bisa mempraktikkan cara membuat filter air dari pipa PVC di rumah Anda. Dengan cara sederhana tersebut, diharapkan bisa menghemat pengeluaran Anda dalam menyaring air di rumah Anda. Selamat mencoba!

Sumber rujukan:

  • https://www.indosteger.co.id/berita/detail/manfaat-pipa-pvc-menjadi-filter-air


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
19 Nov 2019

Related Article