Konstruksi

5 Cara Mengatasi Bocor pada Sambungan Atap dengan Aman

Media
18 Nov 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ada beberapa cara mengatasi bocor pada sambungan atap rumah. Ketika musim penghujan tiba, Anda tidak akan bisa memprediksi seberapa tinggi curah hujan yang datang hingga membuat kebocoran semakin parah. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan perbaikan sejak dini agar tetap tenang selama musim hujan. Simak beberapa cara mengatasi masalah kebocoran ini bersama Klopmart.

Penyebab Bocor Pada Atap

Sebelum ke pembahasan cara mengatasi bocor pada sambungan atap, ada baiknya Anda mengetahui apa saja penyebab yang mengakibatkan bocor. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Kemiringan Atap

Penyebab pertama yang dapat mengakibatkan kebocoran adalah karena kemiringan atap. Atap yang datar akan lebih mudah menyebabkan adanya rembesan yang terjadi karena aliran air hujan yang terhambat. Sebaiknya atap dipasangkan dengan kemiringan 3,00-4,00.


2. Kerapian Penutup Atap

Penyebab selanjutnya yang dapat menyebabkan kebocoran yaitu kerapian pada penutup atap. Penutup atap yang dipasang tidak rapi akan mengakibatkan kebocoran karena adanya celah yang pada saat proses pemasangan atap.

3. Campuran Beton dan Dak

Salah satu penyebab atap kebocoran adalah karena kualitas campuran beton dan dak yang tidak baik. Kejadian ini disebabkan karena adanya perbandingan yang tidak tepat pada campuran beton dan dak sehingga dapat menyebabkan beton rapuh pada saat pergantian suhu atau cuaca.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Aquaproof Untuk Cegah Kebocoran

5 Cara Mengatasi Bocor pada Sambungan Atap Rumah

Atap yang tetap dibiarkan bocor bisa membuat keluarga kesusahan karena harus memberikan ember ataupun kain/handuk untuk menyerap air dengan baik. Selain itu, kerusakan pada perabotan rumah tangga, seperti lemari atau kursi juga dapat terjadi. Suasana rumah pasti tidak nyaman selama kebocoran itu tetap ada. 

Daripada terus berada di kondisi seperti itu, sebaiknya perbaiki bocor pada sambungan atap rumah dengan baik sesuai informasi di bawah ini.

1. Cek Retakan di Atap Rumah

Cara pertama untuk mengatasi bocor pada sambungan atap rumah adalah mengecek apakah ada retakan atau tidak. Biasanya, ketika bocor terjadi maka ada retakan yang nampak di bagian atap. Kalau sudah begini, Anda harus segera menutupnya agar tidak lagi menimbulkan kebocoran. Jika sebaliknya atau dibiarkan terus menerus, retakan tersebut makin lama juga makin besar. 

Baca juga: Aquaproof Vs No Drop: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

2. Gunakan Waterproofing

Jika Anda ingin mendapatkan hasil perbaikan kebocoran yang maksimal, jangan ragu untuk menggunakan waterproofing. Waterproofing berguna untuk menambal kebocoran atap rumah dengan maksimal karena cat ini memiliki kandungan anti air sehingga hujan tidak akan merembes sepanjang waktu. Cara ini termasuk yang mudah untuk dilakukan juga karena Anda hanya perlu melakukan pengecatan atap rumah saja.

3. Perbaiki Genteng yang Melorot

Ketika Anda naik ke atap rumah, perhatikan apakah ada genteng yang tidak berada di letak seharusnya. Bisa saja ada genteng yang melorot karena sempat tertiup angin kencang. Kalau sudah begini, Anda tidak perlu khawatir. Langkah yang harus dilakukan hanya perlu memosisikan genteng tersebut ke tempat semula. Sebaiknya lakukan pengecekan ini secara berkala agar masalah seperti ini dapat diatasi lebih cepat lagi.

Baca juga: Ketahui Penyebab Genteng Bocor

4. Bersihkan Talang Air Rumah

Kondisi atap rumah memang sangat jarang untuk dicek secara berkala. Hal ini bisa membuat talang air di rumah Anda terisi oleh berbagai kotoran, seperti dedaunan. Ketika kotoran ini dibiarkan, talang air tidak mampu menampung air dengan baik. Selain itu saluran juga terhambat dengan sendirinya.

Dengan melihat masalah baru yang dapat datang, sebaiknya Anda meluangkan waktu pada akhir pekan untuk membersihkan sampah-sampah di atap rumah. Lakukan aktivitas ini secara rutin dan menyeluruh agar hasil yang diberikan juga maksimal.

5. Perbaiki Kebocoran dengan Kasa Penguat

Ketika ada genteng yang retak atau hancur, Anda bisa menggantinya segera. Namun jika ada retakan yang bisa diperbaiki, gunakan kasa penguat agar hasil pengerjaan tetap optimal. Kasa penguat berguna untuk memperkuat lapisan waterproofing yang Anda berikan. 

Keuntungan menggunakan kasa penguat adalah tahan alkali, mempunyai serat yang kuat, dan mudah menyatu dengan lapisan waterproofing. Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan kasa penguat untuk memperbaiki bocor di atap rumah.


Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sambungan atap yang bocor. Untuk mendapatkan produk kasa penguat yang berkualitas sudah tidak perlu kebingungan lagi. Klopmart telah menyediakan produk AM 612 Reinforcing Mesh dengan kualitas terbaik dan harga bersaing. Dengan informasi cara mengatasi bocor pada sambungan atap rumah yang diberikan di atas, cek harga produk AM612 di Klopmart sekarang juga. 

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya