Merk Kabel Listrik Terbaik yang Sesuai dengan Standar SNI

Apakah Anda mengetahui merk kabel listrik terbaik? Tidak dapat dimungkiri bahwa pertanyaan ini sendiri sulit dijawab. Terdapat banyak sekali merk kabel listrik pada saat ini.

Selain itu, ada berbagai tipe jenis kabel listrik juga. Kondisi ini membuat banyak orang yang bingung untuk memilih kabel listrik mana untuk digunakan di rumah dan gedung. Daripada Anda kebingungan, simak penjelasan selengkapnya bersama Klopmart di bawah ini

Rekomendasi Merk Kabel Listrik Terbaik yang Aman Saat Digunakan

Rekomendasi Merk Kabel Listrik Terbaik yang Aman

Berikut ini rekomendasi merk kabel listrik terbaik yang perlu Anda ketahui:

1. Kabel Listrik Voksel Electric

Pilihan kabel listrik terbaik yang pertama adalah kabel listrik Voksel Elektrik. Seringkali kabel merk ini digunakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) karena memiliki kualitas yang baik, terbuat dari bahan yang berkualitas dan juga awet. Keunggulan lain yang dimiliki oleh kabel ini telah sesuai dengan standar SNI.

Baca juga: Cara Cegah Kebakaran Listrik

2. Kabel Listrik Visicom

Berikutnya adalah kabel listrik merk Visicom. Visicom telah melalui proses uji kualitas yang sangat ketat untuk menjamin kualitasnya.


3. Kabel Listrik Kabelmetal Indonesia

Merk ini sering digunakan untuk sektor swasta dan industri, yaitu minyak dan gas, pertambangan, berbagai industri dan lainnya, baik secara langsung atau melalui rantai distributor dan reseller nasional.

Selain itu Kabelmetal Indonesia merupakan salah satu merk kabel listrik yang terjangkau namun berkualitas. Merk ini juga telah memenuhi standar SNI, SPLN, dan LMK serta ISO 9001 dan 45001.

4. Kabel Listrik Extrana

Merk kabel listrik ini memiliki kualitas yang baik dan banyak digunakan di proyek gedung untuk instalasi listrik. Karena kulit kabelnya terbuat dari bahan PVC/Cu, menjadikan kualitas serta mutu merk kabel listrik Extrana tidak perlu lagi diragukan.

5. Kabel Listrik Supreme

Banyak digunakan untuk instalasi rumah, dan sebagaimana namanya, merk kebel listrik ini diakui bisa mencegah kerusakan karena gigitan tikus. Meskipun tidak sepopuler kabel listrik Eterna, namun merk kabel listrik Supreme ini juga telah terstandarisasi SNI.

Baca juga: Cara Mencegah Kabel Digigit Tikus

6. Kabel Listrik Kabelindo

Merk kabel listrik yang satu ini telah 50 tahun berpengalaman dalam menyediakan kabel berkualitas dengan layanan terbaik kepada pelanggannya di Indonesia.

Kabel dari Kabelindo telah banyak digunakan dan menjadi pilihan utama di proyek-proyek konstruksi milik perusahaan swasta dan BUMN. Hal ini tentu dapat menjadi bukti bahwa merk kabel listrik Kabelindo dapat diandalkan untuk mengakomodir kebutuhan instalasi listrik Anda.

7. Kabel Listrik Kitani

Salah satu merk kabel yang dapat Anda gunakan dengan harga terjangkau yaitu Kintani. Karena kualitasnya yang cukup baik, kabel ini seringkali digunakan pada instalasi rumah. Selain itu, kabel Kintani sudah menerapkan standar SNI dan SPLN sehingga kemanannya bisa terjamin.

8. Kabel Listrik Focus

Merk kabel selanjunya adalah kabel merk Focus. Telah dikenal secara luas di masyarakat karena sudah banyak digunakan untuk instalasi rumahan dan memiliki kualitas yang baik. Sama seperti merk kabel lainnya, Focus telah terstandarisasi SNI, LMK, dan SPLN sehingga secara kualitas dan keamanannya bisa terjamin.

9. Kabel Listrik Eterna

Kabel Listrik Eterna

Kabel Eterna merupakan kabel berbahan copper dengan isolasi pada bagian luar. Demi menjaga keamanan dalam proses instalasi listrik di rumah hingga penggunaan, kabel ini sudah dirancang sesuai standar Indonesia, yakni Standarisasi SNI, SPLN, dan LMK.

Selain itu, juga ada standar internasional untuk kabel ini, yaitu ISO 9001:2008 rilisan TUV. Dengan begitu, kualitas dan mutu kabel ini telah terjamin.

Pilihan merk kabel listrik terbaik yang satu ini tersedia dengan berbagai ukuran, mulai dari ukuran 2 x 1,5 - 2 x 2,5 - 3 x 1,5 - 3 x 2,5. Adapun kabel NYM dengan panjang 50 meter dijual dengan harga Rp335.000.

Baca juga: Apa Fungsi MCB pada Instalasi Listrik? Berserta Jenisnya

Jenis Kabel Listrik Eterna

Sebenarnya Kabel ini memiliki berbagai macam jenis. Adaun jenis-jenis kabel listrik Eterna yang harus Anda ketahui. yaitu: 

1. NYM

Klopmart memiliki beberapa merk kabel listrik yang tersedia pada saat ini. Salah satunya adalah Kabel Eterna NYM. Jenis kabel listrik NYM sering digunakan untuk instalasi listrik di rumah dan gedung.

Satu hal penting yang harus Anda ketahui tentang kabel NYM adalah kabel ini hanya boleh digunakan di lingkungan yang kering atau basah saja. Jika Anda berencana untuk menggunakan kabel listrik ini di bawah tanah untuk instalasi rumah, maka ada baiknya Anda menggunakan jenis kabel yang lain karena jenis kabel listrik ini termasuk tidak tahan lama.

Bagian inti dari kabel listrik ini terdiri dari 1 hingga 4 inti serta dilapisi lapisan isolasi PVC. Dengan isolasi yang jauh lebih tebal, kabel ini memberikan tingkat keamanan yang lebih baik dan tinggi dibandingkan jenis kabel NYA. Menariknya, kabel NYM juga memberikan jaminan untuk menghemat listrik juga. 

2. NYA

Kabel NYA merupakan jenis kabel listrik yang paling sering ditemukan di rumah. Kabel ini memiliki ukuran yang cukup kecil, sekitar 1,5 mm2 hingga 2,5 mm2. Ukuran kecilnya ini membuat jenis kabel listrik ini digunakan untuk instalasi lampu dan stop kontak.

Bagian di dalamnya terdiri dari inti tunggal dan dilapisi isolasi PVC. Sayangnya kabel ini mudah rusak, tak tahan air, dan gampang digigit tikus.

3. NYY

Jenis kabel listrik NYY dilapisi isolasi warna hitam dan memiliki 2 hingga 4 inti. Kabel ini dapat ditanam karena memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat.

4. NYRGBY

Jenis kabel listrik ini sangat cocok untuk ruangan bawah tanah dan saluran-saluran tempat terbuka untuk menghindari gangguan mekanis.

Baca juga: Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri

5. NYAF

Jenis kabel listrik NYAF memiliki fleksibilitas dan disertai penghantar tembaga berisolasi PVC. Keunggulannya adalah cocok untuk instalasi panel-panel dengan tingkat fleksibilitas tinggi.


6. NYMHY

Jenis kabel listrik NYMHY memiliki lapisan inti lebih dari satu inti tembaga berserabut yang dilindungi lapisan berbahan PVC. Bagian-bagian dari kabel ini terdiri dari isolator, konduktor, dan bagian pelindung luar. Bisa dibilang jenis kabel ini sering ditemukan karena digunakan untuk arus listrik rumah dengan daya kurang dari 900 watt.

Itulah dia penjelasan tentang salah satu merk kabel listrik terbaik, Eterna. Pemilihan kabel sangatlah penting dalam instalasi listrik di rumah. Kabel yang tepat akan membantu Anda dalam proses pemasangan hingga perawatan. Pastikan Anda mengetahui kebutuhan jenis kabel listrik Anda sebelum memulai proses pemasangan!

Dengan informasi merk kabel listrik terbaik, Anda bisa segera mendapatkan produk terbaik di Klopmart yang jual Kabel Eterna murah Jakarta sekarang juga. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya