Merk Kabel Listrik Terbaik yang Sesuai dengan Standar SNI

Apakah Anda mengetahui merk kabel listrik terbaik? Tidak dapat dimungkiri bahwa pertanyaan ini sendiri sulit dijawab. Terdapat banyak sekali merk kabel listrik pada saat ini. Selain itu, ada berbagai tipe jenis kabel listrik juga. Kondisi ini membuat banyak orang yang bingung untuk memilih kabel listrik mana untuk digunakan di rumah dan gedung. Daripada Anda kebingungan, simak penjelasan selengkapnya bersama Klopmart di bawah ini
 

Pilihan Merk Kabel Listrik Terbaik yang Aman Saat Digunakan

Klopmart memiliki beberapa merk kabel listrik yang tersedia pada saat ini. Salah satunya adalah Kabel Eterna NYM. Namun apakah Anda mengetahui apa itu kabel NYM?

Ya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, cukup banyak jenis kabel listrik pada saat ini. Termasuk NYM itu sendiri.

Jenis kabel listrik NYM sering digunakan untuk instalasi listrik di rumah dan gedung. Satu hal penting yang harus Anda ketahui tentang kabel NYM adalah kabel ini hanya boleh digunakan di lingkungan yang kering atau basah saja. Jika Anda berencana untuk menggunakan kabel listrik ini di bawah tanah untuk instalasi rumah, maka ada baiknya Anda menggunakan jenis kabel yang lain karena jenis kabel listrik ini termasuk tidak tahan lama.

Bagian inti dari kabel listrik ini terdiri dari 1 hingga 4 inti serta dilapisi lapisan isolasi PVC. Dengan isolasi yang jauh lebih tebal, kabel ini memberikan tingkat keamanan yang lebih baik dan tinggi dibandingkan jenis kabel NYA. Ternyata, kabel NYM juga memberikan jaminan untuk menghemat listrik juga. 

Melihat penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui pilihan merk kabel listrik terbaik yang ada di Klopmart dengan ukuran 2 x 1,5 - 2 x 2,5 - 3 x 1,5 - 3 x 2,5. Untuk harga kabel sendiri, kabel NYM dengan panjang 50 meter dapat Anda dapatkan mulai dari Rp. 335.000,00.

Selain kabel NYM ada jenis-jenis kabel listrik Eterna yang harus Anda ketahui.

Baca juga: Cara Mencegah Kabel Digigit Tikus
 

Jenis Kabel Listrik Eterna

Kabel Eterna merupakan kabel berbahan copper dengan isolasi pada bagian luar. Demi menjaga keamanan dalam proses instalasi listrik di rumah hingga penggunaan, kabel ini sudah dirancang sesuai standar Indonesia, yakni SNI, SPLN, dan LMK. Selain itu, juga ada standar internasional untuk kabel ini, yaitu ISO 9001:2008 rilisan TUV. Dengan begitu, kualitas dan mutu kabel ini telah terjamin.

Sebenarnya Kabel ini memiliki berbagai macam jenis. Ya, tidak hanya NYM seperti yang dimiliki Klopmart. Masih ada jenis NYA, NYY, NYRGBY, NYAF, dan NYMHY:
 

1. NYA

Kabel NYA merupakan jenis kabel listrik yang paling sering ditemukan di rumah. Kabel ini memiliki ukuran yang cukup kecil, sekitar 1,5 mm2 hingga 2,5 mm2. Ukuran kecilnya ini membuat jenis kabel listrik ini digunakan untuk instalasi lampu dan stop kontak.

Bagian di dalamnya terdiri dari inti tunggal dan dilapisi isolasi PVC. Sayangnya kabel ini mudah rusak, tak tahan air, dan gampang digigit tikus.
 

2. NYY

Jenis kabel listrik NYY dilapisi isolasi warna hitam dan memiliki 2 hingga 4 inti. Kabel ini dapat ditanam karena memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat.
 

3. NYRGBY

Jenis kabel listrik ini sangat cocok untuk ruangan bawah tanah dan saluran-saluran tempat terbuka untuk menghindari gangguan mekanis.

Baca juga:Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri
 

4. NYAF

Jenis kabel listrik NYAF memiliki fleksibilitas dan disertai penghantar tembaga berisolasi PVC. Keunggulannya adalah cocok untuk instalasi panel-panel dengan tingkat fleksibilitas tinggi.
 

5. NYMHY

Jenis kabel listrik NYMHY memiliki lapisan inti lebih dari satu inti tembaga berserabut yang dilindungi lapisan berbahan PVC. Bagian-bagian dari kabel ini terdiri dari isolator, konduktor, dan bagian pelindung luar. Bisa dibilang jenis kabel ini sering ditemukan karena digunakan untuk arus listrik rumah dengan daya kurang dari 900 watt.

Itulah dia penjelasan tentang salah satu merk kabel listrik terbaik, Eterna. Pemilihan kabel sangatlah penting dalam instalasi listrik di rumah. Kabel yang tepat akan membantu Anda dalam proses pemasangan hingga perawatan. Pastikan Anda mengetahui kebutuhan jenis kabel listrik Anda sebelum memulai proses pemasangan!

Dengan informasi merk kabel listrik terbaik, Anda bisa segera mendapatkan produk terbaik di Klopmart yang jual Kabel Eterna murah Jakarta sekarang juga. 

Baca juga: Cara Cegah Kebakaran Listrik


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
05 Mei 2021

Related Article