Atap & Lantai

5 Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC dengan Mudah

Media
18 Apr 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.


Mengetahui cara menghitung kebutuhan plafon PVC ketika sedang membangun sebuah bangunan akan membantu Anda dalam menyiapkan anggaran agar tidak over budget. PVC sendiri merupakan material yang sering digunakan sebagai plafon karena harganya yang terjangkau.

Walaupun harganya relatif lebih murah dibanding beberapa material lain, plafon PVC ini bisa memberikan tampilan yang menarik pada plafon rumah Anda. Jadi, jangan dipandang sebelah mata karena harganya yang murah ya.

Lantas, bagaimana sih cara menghitung kebutuhan plafon PVC untuk rumah Anda? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

5 Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC dengan Tepat

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara menghitung kebutuhan plafon PVC untuk rumah Anda:

1. Menghitung Luas Ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan dari cara menghitung kebutuhan plafon PVC adalah dengan mengukur luas ruangan. Meskipun yang akan dilakukan nantinya hanya pemasangan plafon/atap, namun luas total ruangan juga akan sangat menentukan jumlah material PVC yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membangun ruangan yang besar, tentu saja akan membutuhkan material PVC yang lebih banyak untuk plafonnya. Begitu juga sebaliknya dengan ruangan yang berukuran kecil. Oleh karena itu, menghitung luas ruangan adalah hal pertama yang harus Anda lakukan.

Baca juga: 5 Kombinasi Warna Plafon PVC yang Unik dan Menarik

2. Menghitung Luas Langit-langit yang Akan Dipasangi Rangka Plafon

Setelah menghitung luas ruangan, selanjutnya Anda harus mencari tahu luas langit-langit di mana rangka plafon akan dipasang. Untuk menghitung ini, Anda dapat menambahkan luas setiap ruangan yang akan dipasangi rangka plafon.

Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan luas area ruang tamu dengan kamar tidur, kamar mandi, dan area lainnya yang ada pada satu lantai di rumah Anda. Jumlah total yang diperoleh adalah luas langit-langit tempat rangka plafon akan dipasang.

Cara lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan menghitung luas lantai setiap ruangan. Dengan begitu, angka akhir yang didapat dari seluruh luas bangunan adalah luas langit-langit yang akan dipasang rangka plafon PVC.

3. Menghitung Lembaran Plafon PVC yang Dibutuhkan

Setelah kedua hal di atas dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari tahu berapa lembar plafon PVC yang perlu dibeli untuk membangun rangka plafon di rumah Anda. Saat ini, ukuran plafon PVC yang dijual di pasaran Indonesia adalah yang berukuran 3 meter, 4 meter, 5 meter, dan 6 meter. Sedangkan lebar rata-ratanya adalah sekitar 20 cm, dengan ketebalan berkisar di angka 6 - 8 mm.

Untuk menghitung kebutuhan plafon PVC, Anda bisa memulai dengan menghitung luas ruangan dengan panjang dan lebar plafon. Sebagai contoh, luas ruangan dan langit-langit rumah Anda adalah 36 meter persegi (m2). Lalu, plafon PVC yang akan dipasang adalah yang berukuran 3 meter.

Maka perhitungannya:

  • Ukuran plafon = 3 meter x 20 cm (0,2 m) = 0.6 m2
  • Kebutuhan plafon = 36 m2 : 0.6 m2 = 60 lembar

Baca juga: 9 Model Plafon PVC Ruang Tamu Terbaru 2022, Buat Tamu Terkesan

4. Mengetahui Harga Plafon PVC per Lembar

Setelah mengetahui berapa lembar plafon PVC yang dibutuhkan untuk rumah Anda, cara menghitung kebutuhan plafon PVC selanjutnya adalah dengan mengetahui harga plafon PVC per lembar di pasaran. Harga Plafon PVC yang dijual di pasaran Indonesia sendiri sangat bervariasi tergantung dari merek, ukuran, ketebalan, dan lain sebagainya.

5. Menghitung Total Pengeluaran Untuk Plafon

Jika sudah mengetahui semua informasi yang dibutuhkan, maka Anda tinggal menjumlahkan semua total pengeluaran yang dibutuhkan dan ditambahkan ke RAB (Rancangan Anggaran Biaya) dari pembangunan rumah Anda.

Sebagai contoh,

  • Luas ruangan = 36 m2
  • Kebutuhan Plafon = 60 lembar
  • Harga plafon per lembar: Rp32.000
  • Biaya:
    • Rp32.000 x 60 lembar = Rp1.920.000

Bagaimana, mudah kan?

Baca juga: 8 Model Plafon Ruang Keluarga yang Indah Menawan

Kelebihan Plafon PVC

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari plafon PVC dibanding material yang lain:

  1. Bahan plafon PVC fleksibel dan ringan. Selain itu, plafon PVC tidak akan lapuk maupun membusuk, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama. Keawetan ini disebabkan oleh bahan polimer isosianat yang terkandung di dalamnya.
  2. Bahan plafon PVC juga tidak bisa dimakan rayap, sehingga terhindar dari masalah rayap.
  3. Plafon PVC juga memiliki karakteristik bahan yang kuat dan tidak mudah pecah. Sangat berbeda dengan jenis plafon gypsum atau triplek yang mudah pecah dan lapuk.

Nah, karena berbagai kelebihan yang dimiliki oleh plafon PVC ini, maka tidak heran jika plafon jenis ini banyak disukai oleh mereka yang mengutamakan sisi kualitas.

Jika Anda sedang melakukan pembangunan rumah dan sedang mencari harga reng baja ringan untuk salah satu material plafon, Anda dapat menemukannya di KlopMart. Cara pesannya mudah, selain itu pesanan Anda juga akan diantar langsung ke alamat yang Anda tentukan.


Semoga penjelasan mengenai cara menghitung kebutuhan plafon PVC yang disampaikan di artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Sumber:

  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menghitung-kebutuhan-plafon-pvc/

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya