Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik

Jika Anda sedang merenovasi rumah, mungkin Anda tidak terpikir untuk memasang plafon rumah dari terpal plastik. Padahal, terpal plastik merupakan pilihan praktis nan ekonomis untuk dijadikan plafon rumah. Ini karena pemasangannya terbilang mudah dan umumnya dijual mulai dari harga Rp40.000 saja untuk ukuran 2x3 meter.

Sebelum kita membahas soal plafon rumah dari terpal plastik dan cara memasangnya, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu plafon. Plafon rumah adalah pembatas antara atap dengan ruangan di dalam rumah. Fungsinya bahkan lebih dari sekadar pembatas, sebab plafon rumah juga berfungsi untuk meredam suara bising dan hawa panas.

Tak hanya itu, plafon pun berfungsi untuk mencegah kotoran dari atap jatuh langsung ke dalam ruangan, sehingga ruangan tetap terjaga kebersihannya. Selain membantu menjaga kebersihan ruangan, plafon ternyata juga dapat mempercantik ruangan, tergantung dari material plafon yang dipakai.

Plafon sendiri terbuat dari beragam material, antara lain triplek, gipsum, eternit, bahkan ada pula plafon rumah dari terpal plastik. Sesuai namanya, terpal terbuat dari plastik yang dirancang waterproof alias tahan air, tahan panas, tahan lama, dan anti rayap. Terpal plastik cocok digunakan sebagai atap untuk kegiatan luar ruangan seperti piknik, pesta kebun, maupun acara yang diadakan di tempat terbuka lainnya. Tujuannya tentu untuk melindungi diri, barang, maupun makanan dari terik matahari atau hujan.
 

Cara Pasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik

Seperti yang tadi sudah disinggung sebelumnya, terpal plastik ideal pula untuk dijadikan plafon rumah. Yuk, simak bagaimana cara memasang plafon rumah dari terpal plastik berikut:
 

1. Siapkan Rangka Plafon 

Sama halnya dengan plafon yang terbuat dari triplek kayu, gipsum, maupun material lainnya, plafon rumah dari terpal plastik juga membutuhkan rangka supaya bisa menempel dengan kokoh.Rangka plafon ada yang terbuat dari kayu kaso berukuran 4x6 cm maupun 5x7 cm. Ada pula rangka plafon yang terbuat dari besi kotak (hollow) berukuran 4x4 centimeter. Anda bisa membelinya di toko bahan bangunan.

Setelah memilih rangka plafon apa yang mau digunakan serta kuantitasnya sesuai kebutuhan, ukurlah panjang dan lebar plafon rumah Anda. Pastikan ukuran rangka plafon sesuai dengan ukuran langit-langit rumah agar rangka dapat dipasang dengan baik.
 

2. Siapkan Perkakas

Langkah berikutnya dalam memasang plafon rumah dari terpal plastik adalah menyiapkan perkakas untuk memasang rangka plafon dan terpal plastik. Adapun beberapa perkakas yang dibutuhkan antara lain tangga, meteran, cutter, palu dan paku, serta bor dan sekrup. Jumlah paku dan sekrup yang dipakai bervariasi, tergantung kebutuhan.
 

3. Pasang Rangka Plafon

Setelah rangka plafon dan perkakasnya siap, ukurlah ketinggian posisi rangka tempat rangka akan dipasang dengan menggunakan meteran. Pastikan rangka plafon dipasang di ketinggian minimal tiga meter dari lantai rumah. Semakin tinggi atap tentu akan semakin baik sebab memungkinkan udara bersirkulasi lebih optimal, sehingga rumah terasa semakin sejuk.

Tandai posisi ketinggian rangka, kemudian pasanglah rangka plafon sesuai dengan posisi tersebut dengan palu dan paku (untuk rangka kayu kaso) atau dengan bor dan sekrup (untuk rangka besi hollow).
 

4. Pasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik

Setelah rangka plafon terpasang sempurna, berikutnya Anda tinggal memasang plafon rumah dari terpal plastik. Pastikan ukuran terpal plastik sesuai dengan luas langit-langit rumah Anda. Pasanglah terpal plastik mulai dari bagian sudut dan tepi langit-langit agar rapi dengan menggunakan palu dan paku.

Tarik terpal plastik perlahan ke bagian tengah langit-langit. Kalau ada lampu di bagian tengah langit-langit, potong sedikit terpal dengan cutter agar terpal plastik tidak menghalangi lampu. Terus tarik terpal plastik perlahan sampai menutupi seluruh area langit-langit, lalu pasang paku di semua bagian sudut dan sepanjang tepinya. Beli dan pasang plafon rumah dari terpal plastik untuk hunian Anda sekarang!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
19 Jul 2021

Related Article