Atap & Lantai

5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Kayu dengan Mudah dan Ciamik

Media
21 Mar 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tahukah Anda bahwa ada cara membuat rak sepatu kayu sederhana dan minimalis itu  mudah dilakukan? Saat melihat ada banyak sisa kayu yang tidak lagi digunakan, Anda bisa mengubahnya menjadi rak sepatu untuk menampung semua sepatu yang berserakan. Dengan menggunakan bahan sisa seperti ini, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk tempat penyimpanan sepatu. Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara membuat rak sepatu milik Anda sendiri!


Cara Membuat Rak Sepatu dari Kayu

Adapun cara membuat rak sepatu dari kayu terbagi dalam lima tahapan berikut ini:

1. Memilih Desain Rak Sepatu

Dalam membuat desain rak sepatu, Anda bisa melihat berbagai macam model dan desain di internet. Ada model yang digantung di dinding, ada yang berupa rak susun tanpa ada pintu atau tutupan, atau ada juga desain rak sepatu unik yang tidak banyak dimiliki orang lain. 

Anda juga harus mengukur dimensi dari rak sepatu tersebut dengan ruangan yang tersedia, jangan sampai ukuran rak tersebut lebih besar dari ruangan yang tersedia

Apapun model desain yang Anda buat, pastikan bahwa model tersebut bisa dibuat dengan kayu sisa yang ditemukan. Jangan sampai desain rak sepatu sudah bagus, tetapi Anda malah kehabisan bahan kayu. Namun kalau pun kurang, Anda bisa dengan mudah membelinya di tempat material. 

Baca juga: Cara Membuat Rak Buku dari Triplek Bekas Agar Hemat

2. Siapkan Alat dan Bahan

Cara membuat rak sepatu dari kayu berikutnya adalah menyiapkan bahan dan alat. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan tentunya kayu bekas atau kayu apapun yang ada. Bisa kayu tripleks atau multipleks dan lainnya.

Jenis kayu yang bisa digunakan bebas, jadi Anda bisa menggunakan jenis kayu apapun yang ada di rumah. Alat-alat yang akan membantu Anda adalah gergaji, penggaris siku, meteran, pensil, paku, palu, lem khusus kayu, ampelas, cat warna, dan cat pernis.

3. Potong dan Ampelas

Saat desain sudah dibuat dengan tepat, Anda bisa mulai mengukur panjang dan lebar kayu dengan penggaris siku dan meteran agar perhitungan tepat dan tidak miring. Jangan lupa untuk menandainya dengan pensil. Jika semua potongan sudah diukur, ini saatnya untuk memotong setiap kayu. Selanjutnya ampelas bagian-bagian kayu yang kasar akibat pemotongan dengan gergaji. Ampelas semua bagiannya hingga halus, supaya serat kayu tersebut tidak melukai Anda.  

Baca juga: 4 Cara Membuat Rak Buku dari Kayu yang Kokoh

4. Merakit Rak Sepatu

Susun potongan-potongan kayu sesuai dengan desain yang Anda buat dan mulailah menyambung setiap potongan dengan menggunakan lem kayu. Gunakan juga paku untuk membuat rak sepatu Anda semakin merekat dengan kuat. Saat proses merakit sudah selesai, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari selama satu hari. 

5. Penyelesaian

Tahap terakhir adalah tahap penyelesaian atau finishing. Dari sini, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda bisa melakukan ampelas sekali lagi pada seluruh bagian kayu, lalu mengecatnya dengan cat pewarna dan diakhiri dengan cat pernis. Kedua, Anda bisa langsung mengecatnya dengan cat pernis. 

Kegunaan dari cat pernis adalah untuk membuat warna asli atau natural dari kayu tersebut keluar. Dengan pernis, rak sepatu Anda juga terlihat lebih berkilau. Manapun yang Anda pilih, dua-duanya tidak ada yang salah. Semua bergantung pada preferensi Anda mengenai rak sepatu.

Baca juga: 3 Merk Pernis Kayu yang Bagus untuk Furnitur


Demikian beberapa langkah dalam cara membuat rak sepatu dari kayu. Mudah, bukan? Semua bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat rak sepatu di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah di KlopMart. Ini termasuk meteran, paku, palu, kayu tambahan hingga cat untuk varnish kayu. Jadi tunggu apalagi? Langsung saja berbelanja di KlopMart dan coba cara membuat rak sepatu dari kayu milik Anda sendiri!

Sumber rujukan: 

  • https://www.99.co/blog/indonesia/membuat-rak-sepatu-kayu-minimalis/
  • https://stellamariscollege.org/rak-sepatu-kayu-palet/

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya