5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Kayu dengan Mudah dan Ciamik

Tahukah Anda bahwa ada cara membuat rak sepatu kayu sederhana dan minimalis itu  mudah dilakukan? Saat melihat ada banyak sisa kayu yang tidak lagi digunakan, Anda bisa mengubahnya menjadi rak sepatu untuk menampung semua sepatu yang berserakan. Dengan menggunakan bahan sisa seperti ini, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk tempat penyimpanan sepatu. Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara membuat rak sepatu milik Anda sendiri!

promo klopmart

Cara Membuat Rak Sepatu dari Kayu

Adapun cara membuat rak sepatu dari kayu terbagi dalam lima tahapan berikut ini:

1. Memilih Desain Rak Sepatu

Dalam membuat desain rak sepatu, Anda bisa melihat berbagai macam model dan desain di internet. Ada model yang digantung di dinding, ada yang berupa rak susun tanpa ada pintu atau tutupan, atau ada juga desain rak sepatu unik yang tidak banyak dimiliki orang lain. 

Anda juga harus mengukur dimensi dari rak sepatu tersebut dengan ruangan yang tersedia, jangan sampai ukuran rak tersebut lebih besar dari ruangan yang tersedia

Apapun model desain yang Anda buat, pastikan bahwa model tersebut bisa dibuat dengan kayu sisa yang ditemukan. Jangan sampai desain rak sepatu sudah bagus, tetapi Anda malah kehabisan bahan kayu. Namun kalau pun kurang, Anda bisa dengan mudah membelinya di tempat material. 

Baca juga: Cara Membuat Rak Buku dari Triplek Bekas Agar Hemat

2. Siapkan Alat dan Bahan

Cara membuat rak sepatu dari kayu berikutnya adalah menyiapkan bahan dan alat. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan tentunya kayu bekas atau kayu apapun yang ada. Bisa kayu tripleks atau multipleks dan lainnya.

Jenis kayu yang bisa digunakan bebas, jadi Anda bisa menggunakan jenis kayu apapun yang ada di rumah. Alat-alat yang akan membantu Anda adalah gergaji, penggaris siku, meteran, pensil, paku, palu, lem khusus kayu, ampelas, cat warna, dan cat pernis.

3. Potong dan Ampelas

Saat desain sudah dibuat dengan tepat, Anda bisa mulai mengukur panjang dan lebar kayu dengan penggaris siku dan meteran agar perhitungan tepat dan tidak miring. Jangan lupa untuk menandainya dengan pensil. Jika semua potongan sudah diukur, ini saatnya untuk memotong setiap kayu. Selanjutnya ampelas bagian-bagian kayu yang kasar akibat pemotongan dengan gergaji. Ampelas semua bagiannya hingga halus, supaya serat kayu tersebut tidak melukai Anda.  

4. Merakit Rak Sepatu

Susun potongan-potongan kayu sesuai dengan desain yang Anda buat dan mulailah menyambung setiap potongan dengan menggunakan lem kayu. Gunakan juga paku untuk membuat rak sepatu Anda semakin merekat dengan kuat. Saat proses merakit sudah selesai, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari selama satu hari. 

5. Penyelesaian

Tahap terakhir adalah tahap penyelesaian atau finishing. Dari sini, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda bisa melakukan ampelas sekali lagi pada seluruh bagian kayu, lalu mengecatnya dengan cat pewarna dan diakhiri dengan cat pernis. Kedua, Anda bisa langsung mengecatnya dengan cat pernis. 

Kegunaan dari cat pernis adalah untuk membuat warna asli atau natural dari kayu tersebut keluar. Dengan pernis, rak sepatu Anda juga terlihat lebih berkilau. Manapun yang Anda pilih, dua-duanya tidak ada yang salah. Semua bergantung pada preferensi Anda mengenai rak sepatu.

Baca juga: 3 Merk Pernis Kayu yang Bagus untuk Furnitur

Tips Merawat Rak Sepatu Dari Kayu 

Merawat rak sepatu dari kayu adalah langkah penting untuk memastikan keawetan, keindahan, dan fungsi dari rak tersebut dalam jangka panjang. Dengan perawatan yang tepat, rak sepatu Anda akan tetap terlihat seperti baru dan mampu menyimpan sepatu dengan rapi selama bertahun-tahun. Berikut adalah beberapa tips merawat rak sepatu dari kayu yang dapat Anda lakukan:

1. Membersihkan Secara Berkala 

Bersihkan rak sepatu dari debu dan kotoran secara rutin dengan menggunakan kain lembut atau kuas yang halus. Hindari penggunaan bahan kimia atau pembersih berbasis alkohol yang dapat merusak lapisan finishing kayu.

Untuk noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, gunakan kain yang sedikit basah dengan air hangat dan sabun ringan. Lap permukaan rak secara lembut dan segera keringkan dengan kain kering untuk mencegah kayu menjadi lembab.

2. Menghindari Paparan Sinar Matahari 

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keawetan dan estetika rak sepatu dari kayu adalah paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari yang terlalu intens dapat menyebabkan berbagai masalah pada kayu dan lapisan finishing rak. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan letak rak sepatu Anda dengan baik agar terlindung dari paparan sinar matahari langsung.

3. Mengatur Penyimpanan Sepatu dengan Baik 

Gunakan penyekat atau pembatas di antara setiap pasang sepatu untuk mencegah goresan atau gesekan antar sepatu yang dapat merusak permukaan rak. Pastikan sepatu yang Anda simpan di rak dalam keadaan bersih dan kering untuk mencegah transfer kotoran atau kelembaban ke permukaan rak.

Baca juga: 4 Cara Membuat Rak Buku dari Kayu yang Kokoh

4. Perawatan Lapisan Finishing 

Jika lapisan finishing mulai terlihat aus atau tergores, Anda dapat mengaplikasikan ulang lapisan finishing kayu untuk melindungi dan memperindah rak sepatu. Gunakan pelindung seperti alas kaki atau karpet di bawah rak sepatu untuk mencegah kontak langsung dengan lantai yang bisa menyebabkan kerusakan atau goresan pada rak.

5. Cek Kekokohan dan Keseimbangan 

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kekokohan dan keseimbangan rak sepatu. Pastikan semua bagian masih terpasang dengan kuat dan tidak ada yang longgar atau retak. Jika ditemukan bagian yang lemah atau longgar, segera lakukan perbaikan dan penguatan dengan menggunakan paku atau lem kayu untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Membuat rak sepatu dari kayu adalah proyek yang bisa meningkatkan keterampilan Anda dalam kerajinan kayu sekaligus menyediakan solusi fungsional untuk menyimpan sepatu dengan rapi. Oleh karena itu, dengan mengikuti panduan yang telah diberikan, Anda dapat menciptakan rak sepatu sesuai kebutuhan dan gaya.

bahan material bangunan

Demikian beberapa langkah dalam cara membuat rak sepatu dari kayu. Mudah, bukan? Semua bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat rak sepatu di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah di Klopmart . Ini termasuk meteran, paku, palu, kayu tambahan hingga cat untuk varnish kayu. Jadi tunggu apalagi? Langsung saja berbelanja di KlopMart dan coba cara membuat rak sepatu dari kayu milik Anda sendiri!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya