Download Klopmart App

Pusat Bantuan

MACAM JENIS GENTENG METAL

Genteng adalah penutup bagian atap dari suatu rumah atau bangunan. Ada berbagai jenis genteng yang ada di pasaran. Salah satu genteng yang cukup populer adalah genteng metal. Genteng metal pada saat ini kian populer karena rupanya semakin digemari oleh para pemilik rumah. Bukan saja karena tampilannya yang modern sehingga cocok untuk rumah bergaya minimalis, genteng jenis ini bobotnya ringan dan praktis dalam pemasangannya. Dari segi biaya, harga genteng metal pun cukup terjangkau. Genteng metal juga memiliki usia pakai yang cukup panjang dan tahan terhadap perubahan cuaca serta lumut.

Baca juga Macam Jenis Genteng Rumah.

 

Dari penampilan luarnya, secara umum genteng metal dikelompokkan menjadi dua:

  • Genteng Metal Polos, yaitu genteng metal yang permukaannya halus dan licin. Permukaannya hanya dilapisi lapisan pelindung yang berwarna.
  • Genteng Metal Pasir, yaitu genteng metal yang memiliki permukaan yang bertekstur kasar seperti pasir.

Genteng metal pasir memiliki daya redam panas dan suara air hujan yang lebih baik dibandingkan genteng metal polos. Genteng metal polos, dari segi harga, lebih rendah dibandingkan harga genteng metal pasir.

 

Dari materi atau bahan pembuatnya, genteng metal memiliki beberapa macam jenis:

  • Genteng Metal Tembaga

Genteng metal jenis ini adalah genteng metal paling mahal dan tahan lama. Bahkan ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa genteng ini dapat tahan lama hingga 100 tahun! Karena warna dan tampilannya yang indah, genteng ini umunya digunakan untuk penghias area atas jendela sebagai aksen dekoratif dari desain rumah secara keseluruhan.

 

  • Genteng Metal Galvalume Steel

Ini adalah genteng metal yang terbuat dari paduan baja ringan dengan lapisan coating aluminum dan zinc. Genteng ini berupa lembaran-lembaran seperti seng sehingga dirasa praktis dalam hal pemasangannya. Harganya yang terjangkau, bobotnya yang ringan dan tampilannya yang metalik banyak membuat pemilik rumah minimalsi menggunakan genteng metal jenis ini.

 

  • Genteng Metal Pasir

Genteng ini cukup popular di Indonesia karena mampu meredam panas dan bunti air hujan. Genteng metal berbahan baku baja galvalume az 100, zincalume, zinc phospat, dan campuran coraltex. Genteng metal pasir tahan lama, tahan goressan dan benturan serta tersedia dalam beberapa ketebalan yakni dari 0,20 mm hingga 0,40 mm yang cocok untuk hunian. Genteng metal jenis ini tampilannya mirip dengan genteng keramik sehingga digandrungi pemilik rumah bernuansa klasik maupun minimalis.

 

  • Genteng Metal Spandek

Genteng metal ini berukuran lembaran-lembaran besar dan biasanya diaplikasikan pada bangunan-bangunan komersial seperti mall, rumah toko, rumah kantor, gudang, dan pabrik. Genteng metal dengan komposisi 45% seng dan 55% aluminium ini memiliki sifat yang kokoh dan awet. Beberapa produsen menambahkan campuran silikon agar lebih lentur sehingga mudah mengikuti bentuk permukaan atap.

 

  • Genteng Metal Stainless Steel

Genteng berbahan baku baja tahan karat ini memang memiliki bobot yang lebih berat ketimbang genteng metal lainnya. Tetapi karena bahan bakunya inilah genteng metal stainless steel tahan terhadap korosi dan polutan garam sehingga cocok digunakan pada bangunan-bangunan yang berada di area dekat laut dan beriklim ekstrim. Genteng metal ini juga tahan terhadap terpaan angin yang cukup kencang.

 

  • Genteng Metal Standing Seam

Genteng metal ini sangat popular digunakan pada bangunan komersial dibandingkan bangunan residensial. Lembarannya yang besar dan bentuknya yang sederhana serta memiliki sistem penguncian interlocking membuat genteng metal ini cocok untuk bangunan besar seperti bandar udara, stasiun kereta api, dan sebagainya.

 

  • Genteng Metal Millennium

Genteng metal inovasi terbaru ini termasuk genteng metal premium. Berbahan baku stainless steel ASTMA 240 dan dilengkapi sistem penguncian interlocking antar lembarannya. Genteng metal ini memiliki permukaan yang mampu memantulkan biasan warna sehingga tampilannya yang metalik sangat menarik dan futuristik. Genteng ini diklaim oleh produsennya, Eurocald, sebagai genteng metal tahan lama, kuat dan bebas perawatan. Genteng ini pun dapat didaur ulang hingga 75% bagiannya, sehingga dapat dikatakan cukup ramah lingkungan.

 

Jika Anda kebetulan ingin mengganti rangka atap dengan bahan baja ringan atapun saat ini Anda sedang merencanakan membangun rumah, mungkin genteng metal ini dapat menjadi pilihan alternatif yang layak dipertimbangkan.


Cek harga klik disini

Related Article