4 Cara Membuat Rak Buku dari Kayu dengan Mudah dan Benar

Jika Anda ingin mengetahui cara membuat rak buku dari kayu, Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Sebenarnya, ada banyak bahan atau material lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah rak buku. Namun, kayu merupakan material yang paling umum digunakan.

Rak buku memang merupakan salah satu perabot yang perlu dimiliki oleh setiap orang di rumahnya. Selain untuk menyimpan buku-buku, rak buku juga dapat digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting seperti kartu keluarga, sertifikat rumah, dan lain sebagainya.

Jangan sampai buku-buku dan dokumen penting disimpan di sembarang tempat di rumah Anda. Jika sudah seperti itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk Anda membuat rak buku untuk merapikan rumah Anda.

Lantas, bagaimana sih cara membuat rak buku dari kayu? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

4 Cara Membuat Rak Buku dari Kayu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat rak buku adalah menyiapkan alat-alat serta bahan-bahan yang dibutuhkan. Pastikan Anda menggunakan alat yang masih bekerja dengan baik serta bahan yang memiliki kualitas bagus agar proses pembuatan rak buku dapat menjadi lebih mudah.

Berikut ini adalah alat-alat yang Anda butuhkan:

  • Palu
  • Bor
  • Gergaji
  • Alat ukur (meteran)
  • Kuas
  • Amplas

Baca juga: 7 Desain Rak Bawah Tangga Terpopuler

Jika semua alat-alat di atas sudah Anda siapkan, selanjutnya Anda perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat rak buku dari kayu di bawah ini:

Jika semuanya sudah disiapkan berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat rak buku dari kayu:


1. Buat Desain Rak Buku

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat desain dari rak buku tersebut. Ukur ruangan di mana Anda akan menyimpan rak buku terlebih dahulu untuk menyesuaikan ukuran rak buku yang akan Anda buat, selanjutnya baru lah Anda dapat membuat desainnya.

Cari referensi rak buku dari internet atau katalog dari penjual perabot yang sudah ternama. Pastikan desain dari rak buku tersebut sesuai dengan desain ruangannya. Jangan sampai desain dari rak buku tersebut bertolak belakang dengan desain ruangan, hal tersebut akan membuat ruangan tersebut jadi tidak enak dipandang.

Baca juga: Bagaimana Cara Memasang Rak Dinding Tempel?

2. Pemotongan Bahan

Pemotongan bahan merupakan cara membuat rak buku dari kayu selanjutnya. Jika Anda sudah memiliki desain dari rak buku tersebut, selanjutnya Anda dapat melakukan pemotongan bahan-bahannya. Potong papan kayu sesuai dengan kebutuhan dan sesuai desain yang sudah ditentukan sebelumnya.

Siapkan bolongan pada papan kayu yang sudah dipotong tersebut agar lebih mudah ketika akan menyambungkannya. Pastikan bolongan tersebut sesuai dengan ukuran paku atau sekrup yang sudah Anda siapkan.

Baca juga: 3 Ukuran Paku Rivet dan Cara Menggunakannya

3. Perangkaian Rak Buku

Jika semua bahan-bahan yang tadi sudah siap pasang, proses selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah perangkaian. Pastikan rangkaian yang Anda lakukan sesuai dengan desain yang sudah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati ketika melakukan pemasangan. Jangan sampai papan kayu menjadi retak atau patah karena Anda terlalu keras ketika melakukan penyambungan antar papan. Pastikan juga paku atau sekrup yang Anda pilih ukurannya sesuai dengan tebal papan yang digunakan.

Baca juga: Rak Besi Siku sebagai Alternatif Rak Kayu


4. Sentuhan Akhir

Cara membuat rak buku dari kayu yang terakhir adalah mempercantiknya. Jika rak buku sudah terpasang, selanjutnya Anda dapat melakukan finishing atau sentuhan akhir terhadap rak buku tersebut. Amplas bagian rak buku yang masih kasar dan tidak rata agar dapat lebih aman.

Selanjutnya, Anda dapat mengaplikasikan plitur pada rak buku untuk membuatnya lebih awet. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecatan pada rak buku tersebut untuk membuatnya lebih menarik. Sesuaikan warna rak buku tersebut dengan desain ruangannya.

Jika sedang mencari harga clear gloss kayu untuk membuat rak buku, maka Anda dapat menemukannya di Klopmart. Semoga penjelasan mengenai cara membuat rak buku dari kayu pada artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya