Pernis: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Fungsi

Pernis adalah sebuah bahan finishing transparan yang sering digunakan untuk material kayu. Sebenarnya apa fungsi utama dari pernis? 

Popularitas dari pernis memang cukup tinggi. Banyak perabotan rumah berbahan dasar kayu yang menggunakan cairan finishing ini karena memberikan berbagai macam keunggulan. Simak rangkuman di bawah ini untuk melihat penjelasan pernis secara lebih lengkap.

Pengertian Pernis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pernis adalah cairan bahan finishing transparan yang sering digunakan untuk melapisi material kayu. Fungsi utama dari pernis sendiri adalah meningkatkan estetika dan melindungi permukaan kayu yang telah dilapisinya. 

Penggunaan pernis memang identik dengan kayu. Dengan melihat serat-serat kayu yang selalu nampak dari bahan material tersebut, maka perlu penambahan finishing agar semakin indah dan nampak. Inilah yang membuat pernis selalu dibeli dan digunakan setiap ada pengerjaan perabotan dan material berbahan kayu.

Walau identik dengan kayu, Anda tetap dapat menggunakannya untuk sistem coating serta dipadukan dengan bahan-bahan lainnya. 

Manfaat Pernis

Pernis tentu memiliki manfaat besar sehingga selalu digunakan dalam hampir keseluruhan material kayu. Apa saja manfaat pernis?

  • Pernis dapat melindungi material kayu dari panas, hujan, angin, kotoran hingga serangga. Perlindungan ini membuat material kayu tetap terlihat bagus sepanjang waktu.
  • Pernis mampu melindungi permukaan kayu dari bahan kimia rumah tangga, seperti alkohol dan cuka.
  • Pernis mampu menguatkan serat kayu sehingga alurnya semakin terekspos dan nampak indah ketika dipandang.

Jenis Pernis

Jenis produk pernis sebenarnya tidak hanya satu saja. Lebih tepatnya ada dua jenis. Inilah penjelasannya:

  • Pernis solvent based: merupakan hasil kombinasi resin, thinner, dan drying oil.
  • Pernis water based: menggunakan air sebagai pelarut dengan keunggulan yang lebih cepat kering dalam jangka waktu 20-30 menit saja, tidak mudah retak, serta tak menggelembung jika terjebak udara di dalamnya.

Manfaat Pernis

Ada dua manfaat pernis yang membuatnya selalu dicari ketika sedang ada konstruksi bangunan dengan material kayu. Dengan penggunaannya yang mudah dan cepat, inilah manfaat pernis:

Fungsi Proteksi

Seperti penjelasan sebelumnya, fungsi proteksi dalam pernis memang sangat membantu agar kondisi material kayu tetap prima sepanjang waktu. Kayu yang mendapatkan pelapisan dari pernis akan lebih tahan terhadap udara dan lingkungan di sekitarnya dengan sifat biotik atau abiotik. Material kayu tersebut akan lebih tahan lama dari panas, air, serangga, jamur, dan udara dingin.

Fungsi Estetika

Fungsi lainnya dari pernis adalah estetika. Tidak hanya untuk proteksi, pernis mampu meningkatkan estetika kayu ke tingkat lebih tinggi. Hasil aplikasi pernis membuat kayu lebih indah. Bahkan jika kayu tersebut memiliki kecacatan, dapat ditutup dengan sempurna oleh pernis. Jadi, jika Anda memang ingin meningkatkan estetika material kayu, jangan lupa untuk menggunakan pernis.

Itulah penjelasan tentang pernis secara lengkap. Dari pengertian, manfaat, jenis hingga fungsinya. Dengan informasi di atas, semoga Anda dapat mengerti manfaat besar pernis untuk material kayu yang pastinya tidak boleh dilewatkan.

Melihat banyak perabotan dan material kayu di rumah yang perlu mendapatkan finishing dari pernis? Jangan ragu untuk membeli pernis kualitas terbaik dari Klopmart. Sebagai e-commerce bahan material untuk konstruksi bangunan, Klopmart menyediakan pernis dari berbagai ukuran dan jenis. Selain itu Anda dapat membelinya pernis dari Klopmart secara online sekarang juga. Dengan informasi pernis adalah finishing kayu terbaik saat ini, ketahui harga pernis kayu bersama Klopmart.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Feb 2021

Related Article