10 Jenis Triplek untuk Konstruksi Bangunan yang Sering Digunakan

Triplek atau plywood terbuat daru beberapa veneer atau lapisan kayu yang diretakan menggunakan lem. Jenis triplek yang beredar di pasaran sekarang ini sangat variatif. Kualitas masing-masing jenis pun tidak bisa disamakan, hal ini dikarenakan setiap jenis triplek mempunyai ketebalan yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ini karena tiap jenis memiliki fungsinya masing-masing. Ada triplek yang cocok untuk membuat perabot, ada juga yang cocok untuk dijadikan plafon rumah, dan ada yang lebih cocok dijadikan lantai. Berikut adalah jenis-jenis triplek yang umum untuk rumah. furniture

Grade Triplek

Triplek dikelompokkan berdasarkan kualitasnya, mulai dari grade A hingga grade D. Berikut penjelasan masing-masing tingkatan:

  • Grade A: triplek dengan kualitas terbaik. Memiliki ciri berupa permukaan atas yang lembut dan halus sehingga mudah untuk diwarnai dengan cat.
  • Grade B: triplek kelas dua. Memiliki ciri berupa permukaan yang keras dan kuat. Tidak sehalus triplek grade A, tapi masih terlihat rapi susunannya.
  • Grade C: triplek kelas tiga. Ciri dari grade C adalah tekstur dan warna kayu yang terlihat tidak seragam dan cenderung bergelombang.
  • Grade D: tingkatan triplek terendah. Memiliki tekstur yang kasar dan susunannya tidak rapi. Biasanya digunakan sebagai panel bagian dalam.


Jenis Triplek untuk Konstruksi Bangunan

Selain dibedakan dalam grade yang dinilai berdasarkan kualitas, triplek juga dibedakan berdasarkan karakteristik serta bahan penyusunnya. Berikut adalah beberapa jenis triplek yang sering digunakan untuk keperluan konstruksi rumah.

1. Teakblock

Selanjutnya ada teakblock. Berbeda dari MDF yang terbuat dari perpaduan kayu lunak dan keras, teakblock terbuat dari lembaran-lembaran kayu jati. Lembaran-lembaran tersebut disusun sedemikian rupa dan kemudian disatukan dengan perekat. Teakblock memiliki ketahanan yang baik terhadap rayap. Dengan keunggulan tersebut, harga triplek teakwood biasanya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Teakblock biasanya digunakan sebagai pelapis papan kayu atau flooring lantai. 

2. Blockboard

Blockboard terkadang disebut juga dengan triplek meranti. Triplek ini tersusun dari tiga lapisan kayu berbeda. Lapisan luar blockboard cenderung tipis namun solid. Sedangkan lapisan dalam yang merupakan lapisan kedua dan ketiga terbuat dari kayu akasia tebal dan kokoh. Susunan ini membuat triplek meranti cukup solid dan kuat. Blackboard umumnya digunakan pada bangku, meja, rak, lemari, atau pintu. Oleh karena itu, karena sifatnya yang ringan, triplek ini mudah diaplikasikan menjadi bahan bangunan baik interior atau eksterior rumah.  

3. Melaminto

Berikutnya ada melaminto. Jenis triplek satu ini juga sering disebut sebagai decorative plywood atau triplek dekoratif. Mengapa begitu? Ini karena Bahan melaminto merupakan salah satu jenis kayu lapis yang sering digunakan sebagai penghias untuk mempercantik tampilan papan kayu. Bagian terluar melaminto dilapisi polyester dan melanin sehingga permukaannya tampak mulus dan licin. 

4. Particle Board

Pernah melihat triplek yang tersusun dari serpihan-serpihan kayu? Triplek tersebut bernama particle board, yang memang terbuat dari beragam jenis serpihan kayu. Serpihan-serpihan tersebut disatukan dan kemudian dicetak menjadi sebuah papan. Bahan bakunya yang sederhana membuat particle board berharga relatif murah. Namun, sebaiknya triplek ini tidak dijadikan sebagai material utama karena mudah lapuk dan tingkat kelembapannya cukup tinggi. Oleh karena itu particle board tidak dianjurkan dalam pembuatan outdoor furniture, karena tidak tahan air.

5. Multipleks

Terakhir ada triplek berjenis multipleks. Jenis triplek satu ini terbuat dari lapisan-lapisan kayu yang kemudian di-press dengan mesin bertekanan tinggi. Kelebihan kayu yang satu ini adalah memiliki pori-pori kecil dan rapat. Dengan ukuran pori-pori yang kecil, multipleks pun mempunyai ketahanan yang baik terhadap air. Sehingga Multipleks sering digunakan untuk pembatas ruangan dari tripleks

6. Medium density fibreboard

Pertama ada jenis MDF atau medium density fibreboard. Triplek jenis ini terbuat dari campuran serat kayu lunak dan kayu keras yang kemudian disatukan dengan lem khusus. MDF memiliki kerapatan yang cukup baik karena pori-porinya cukup rapat. Jenis triplek satu ini sering digunakan untuk membuat perabot seperti meja. 

7. Plywood WPC (Wood Plastic Composite)

Panel WPC memiliki keistimewaan khusus, terutama dalam hal ketahanan terhadap benturan. Selain itu, panel ini juga memiliki keunggulan dalam ketahanan terhadap air dan kemudahan dalam proses finishing. Umumnya, WPC digunakan sebagai bahan untuk area kamar mandi.

8. Film 

Sesuai dengan namanya, triplek film mengacu pada jenis triplek yang dilapisi dengan film pada permukaannya. Lapisan film ini memberikan perlindungan ekstra pada triplek tersebut, sehingga membuatnya tahan terhadap goresan dan kelembapan. 

9. Triplek Beton 

Triplek Beton merupakan salah satu jenis triplek yang terbuat dari lapisan serat yang telah teruji dan ditekan serta direkatkan dengan lem. Triplek ini ideal untuk digunakan dalam pembuatan dinding dan lantai, dan cocok untuk proyek-proyek konstruksi yang memerlukan kekuatan tambahan, seperti dalam menghadapi gempa bumi atau angin kencang. 

Baca juga: 5 Keunggulan Pembatas Ruangan dari Triplek


10. PVC (Polyvinyl Chloride)

Tidak semua triplek terbuat dari kayu, ada juga triplek yang menggunakan bahan PVC (Polyvinyl Chloride), yang merupakan plastik. Penggunaan bahan PVC ini lebih cocok untuk area yang lembap karena tidak mudah rusak atau berkarat seperti bahan logam pada umumnya.

Triplek PVC juga memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan api, serta memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik. Triplek PVC cocok untuk digunakan dalam konstruksi bangunan yang memerlukan ketahanan terhadap lingkungan yang keras atau bahan kimia yang korosif.

Berbagai jenis triplek di atas dapat digunakan sebagai material untuk membangun rumah, baik dipakai secara mandiri maupun dikombinasikan. Jika Anda memerlukan triplek untuk keperluan atap, lantai, maupun dinding, kunjungi segera KlopMart. Anda bisa menemukan aneka triplek seperti meranti dan teak. Dapatkan triplek kualitas terbaik hanya di KlopMart!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya