4 Cara Membuat Rak Buku dari Triplek Bekas Agar Hemat

Jika buku-buku di rumah Anda sudah berserakan di mana-mana, ada baiknya jika Anda mempelajari cara membuat rak buku dari triplek bekas. Selain dapat membantu merapikan rumah, membuat rak buku dari material bekas juga dapat menjaga lingkungan.

Banyak kegunaan dari rak buku yang dapat kita manfaatkan selain untuk menyimpan buku-buku. Kita dapat menyimpan berkas penting seperti Kartu Keluarga atau Sertifikat Rumah, menyimpan piala atau piagam, dan masih banyak lagi.

Walaupun menggunakan material seperti triplek bekas, jangan khawatir dengan hasil akhirnya. Anda tetap dapat membuatnya terlihat indah dan menarik dengan cara menghiasnya menggunakan cat kayu.

Lantas, bagaimana sih cara membuat rak buku dari triplek bekas? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

4 Cara Membuat Rak Buku dari Triplek Bekas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat rak buku adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Pastikan Anda menggunakan alat yang masih berfungsi dengan baik serta bahan yang memiliki kualitas bagus agar hasil akhirnya bisa maksimal.

Baca juga: Rak Besi Siku sebagai Alternatif Rak Kayu

Berikut ini adalah alat-alat yang akan Anda butuhkan untuk membuat rak buku:

  • Palu
  • Bor
  • Paku tembak
  • Gergaji
  • Alat ukur (meteran)
  • Kuas
  • Amplas


Jika semua alat di atas sudah Anda siapkan, selanjutnya Anda perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat rak buku dari triplek bekas di bawah ini:

  • Triplek bekas (pastikan triplek ini memiliki bahan yang tebal)
  • Rangka besi
  • Sekrup
  • Cat kayu
  • Cat Besi
  • Rangka besi

Jika semuanya sudah disiapkan, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat rak buku dari triplek bekas:

1. Buat Desain Rak Buku

Cara membuat rak buku dari triplek bekas harus Anda lakukan adalah membuat desain dari rak buku. Ukur ruangan tempat Anda akan menyimpan rak buku terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan ukuran rak buku yang akan Anda buat, kemudian Anda bisa membuat desainnya.

Untuk rak buku dari triplek bekas, kami sarankan jika Anda membuat rak buku yang menempel di dinding. Anda bisa mencari referensi desain dari internet atau katalog perusahaan penjual furniture yang sudah terkenal. Pastikan desain yang Anda buat sesuai dengan desain ruangan tempat menyimpan rak buku tersebut, agar tetap enak dilihat.

Baca juga: 4 Cara Membuat Rak Buku dari Kayu yang Kokoh

2. Siapkan Rangka Besi

Setelah menentukan desain dari rak buku, selanjutnya Anda dapat menyiapkan rangka besi yang akan digunakan. Siapkan rangka besi seperti huruf “E” dan pada sisi-sisinya dapat ditempelkan dengan paku tembak.

Cat rangka besi yang telah disiapkan sesuai dengan warna pilihan Anda, Namun, pastikan warna tersebut tidak bertolak belakang dengan warna tembok ruangan tersebut ya, agar tetap dapat enak dilihat.

3. Potong Triplek Bekas

Untuk penyangga buku di rak tersebut, Anda dapat memotong triplek menjadi beberapa bagian sesuai dengan desain yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Agar penyangga menjadi lebih kuat, Anda dapat membuatnya menjadi dua lapis.

Amplas bagian triplek yang sudah dipotong agar lebih aman serta terlihat lebih rapi. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecatan pada triplek tersebut agar rak buku tersebut terlihat lebih indah dan menarik.

Baca juga: 7 Desain Rak Bawah Tangga Terpopuler

4. Rangkai Menjadi Rak Buku

Setelah semua bahan-bahan sudah siap dipasangkan, selanjutnya Anda dapat memulai proses perangkaian. Kegiatan perangkaian ini adalah cara membuat rak buku dari triplek bekas yang terakhir. Sambungkan bagian-bagian triplek yang telah dipotong tersebut menggunakan paku tembak. Namun, kosongkan salah satu sisi triplek tersebut untuk memasukkan rangka besi.


Selanjutnya, pasang rangka besi pada tembok. Anda dapat menggunakan bor dan sekrup agar rangka besi dapat menempel lebih kuat. Lalu, masukkan penyangga triplek yang telah dibuat sebelumnya pada rangka besi yang telah terpasang. Buat triplek tersebut menempel dengan rangka besi agar tidak mudah jatuh.

Untuk membuat rak buku ini, Anda dapat menggunakan triplek teakwood dari Klopmart agar hasilnya lebih kokoh. Selain itu, Anda juga dapat menemukan material lainnya yang Anda butuhkan untuk membuat rak buku ini. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat klik di sini.

Semoga cara membuat rak buku dari triplek bekas yang kami sampaikan di artikel ini dapat mudah dimengerti dan dapat membantu Anda, ya!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya