Tanaman Rambat Untuk Kanopi di Rumah

Bagi Anda yang senang dengan nuansa natural atau alami, Anda dapat mencoba mempercantik rumah Anda dengan tanaman merambat. Tanaman rambat dapat digunakan untuk halaman yang tidak begitu luas karena arah tumbuhnya yang merambat ke atas atau ke bawah. Tanaman rambat juga dapat digunakan untuk menutupi kanopi pada carport ataupun halaman Anda. Khusus untuk kanopi, Anda perlu membuat rangka rambatnya, baik dari besi, kawat, kayu maupun kombinasi di antara ketiganya. Pastikan kayunya tahan terhadap cuaca.

Dari sekian banyak tanaman rambat yang digunakan, ada beberapa jenis tanaman yang umum digunakan. Dikatakan ‘umum digunakan’ karena boleh dibilang sering menjadi pilihan para pemilik rumah untuk menghiasi rumahnya. Faktor pemilihannya pun cukup banyak, baik itu dari segi harga, penampilannya, warna, dan tentu saja gengsi apalagi jika tanaman yang dipilihnya adalah tanaman langka yang mahal harganya.
 

Jenis Tanaman Merambat Untuk Percantik Rumah Anda

Berikut adalah daftar jenis tanaman rambat untuk kanopi yang dapat kamu jadikan sebagai dekorasi rumah dan taman Anda:
 

1. Wisteria

Tanaman hias satu ini mungkin masih cukup asing di telinga Anda. Wisteria merupakan tanaman rambat yang dikenal karena kecantikannya. Tanaman merambat satu ini sangat cocok apabila Anda menyukai warna biru atau ungu yang ditawarkan oleh Wisteria. Selain itu, tanaman ini memiliki wangi alami yang bisa meningkatkan suasana di sekitar rumah.

Tidak hanya cantik, Wisteria merupakan tanaman yang dapat tumbuh tinggi. Dengan bantuan sinar matahari penuh, Anda bisa menumbuhkan Wisteria sampai 25 hingga 30 meter. Wisteria juga dapat tumbuh dengan cepat, jadi Anda juga harus cukup sering mengawasi perkembangannya.

Dengan warnanya yang cantik serta tingginya, Wisteria dapat menjadi pilihan tanaman hias yang tepat untuk mempercantik kanopi rumah Anda.
 

2. Morning Glory

Morning Glory merupakan tanaman yang unik dari segi bentuk dan warnanya. Tanaman hias ini memiliki bunga berwarna ungu yang tumbuh di antara sela-sela dedaunan.

Anda bisa menggunakan Morning Glory sebagai tanaman rambat untuk menghias kanopi rumah Anda. Anda bahkan juga bisa menanam tanaman ini dengan gaya vertical garden.

Selain kecantikan, tanaman ini memiliki daya tahan. Morning Glory merupakan salah satu tanaman hias yang dapat tumbuh di tengah cuaca ekstrim. Hal ini tentunya dapat membuat Anda tidak usah khawatir tentang perawatan tanaman hias ini.
 

3. Lee Kwan Yew

Tanaman hias satu ini mendapatkan namanya dari mantan perdana menteri Singapura yang memiliki nama yang sama. Tanaman rambat satu ini terkenal karena warna hijau segar alaminya. Jika Anda menginginkan suasana alam hijau yang segar, tanaman Lee Kwan Yew merupakan pilihan yang bisa Anda coba.Tidak hanya di kanopi rumah, Anda juga bisa menggunakan tanaman hias ini di dinding luar rumah Anda.
 

4. Melati Belanda

Melati Belanda merupakan salah satu tanaman hias yang cocok untuk mempercantik kanopi rumah Anda. Tanaman rambat ini memiliki salah satu warna yang paling unik. Melati Belanda memiliki daun yang berwarna hijau dan bunganya yang berwarna merah. Namun, peralahan-lahan warna merah pada bunganya akan berubah menjadi warna merah muda yang dapat menyejukkan pandangan.

Baca juga: 5 Tips Merawat Batu Alam Dinding Teras Depan Rumah Anda
 

5. Mandevilla

Mandevilla merupakan jenis tananaman yang merambat di atas. Mandevilla memiliki warna yang beragam yang membuat pilihan Anda semakin luas untuk mempercantik kanopi rumah Anda. Jenis tanaman hias ini tersedia dalam warna putih, merah, dan merah muda. Tanaman merambat ini juga dapat tumbuh secara rata yang membuat kanopi rumah Anda tertutup secara maksimal.
 

6. Alamanda

Jika Anda menginginkan tanaman merambat yang selalu berbunga setiap saat, maka Alamanda merupakan pilihan yang tepat. Jenis tanaman rambat satu ini memiliki bentuk yang mirip seperti terompet. Ditambah dengan warna kuning pada bunganya, tanaman hias satu ini dapat membuat siapapun untuk berhenti sejenak dan mengaguminya.

Dengan bantuan sinar matahari yang maksimal, Alamanda dapat tumbuh dengan cepat dan lebat. Oleh karena itu, pastikan kanopi di mana jenis tanaman rambat satu ini tumbuh cukup kuat untuk menahan pertumbuhannya.
 

7. Clematis

Clematis merupakan tanaman hias yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik rumah Anda. Jenis tanaman hias satu ini memiliki warna yang beragam, seperti ungu, biru, merah, putih, dan merah muda.

Tidak hanya variasi warnanya, jenis tanaman merambat ini juga memiliki wangi alami yang segar. Dengan variasi warna dan juga aromanya, menggunakan Clematis tidak hanya akan membuat kanopi rumah Anda menjadi lebih indah, tetapi juga menyegarkan suasana di sekitar rumah.

Yang perlu menjadi catatan di sini adalah, tanaman merambat biasanya adalah tanaman yang tangguh dan mudah ditanam dan dipelihara. Jika tidak dijaga pertumbuhannya, tanaman merambat ini akan mudah tumbuh menjadi besar dan merambat merajalela sehingga akan menjadi gulma yang merugikan tanaman lainnya dalam taman Anda. Tampilan rumah dan taman Anda malah jadi tidak karuan.

Baca juga: 4 Model Keramik Teras Depan Rumah

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya