5 Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow, Jauh Lebih Hemat!

Untuk melindungi mobil atau halaman rumah dari terpaan angin di malam hari dan panas terik di siang hari, Anda memerlukan kanopi atap untuk melindunginya. Jika membeli kanopi yang besar bukanlah solusi yang bisa Anda lakukan karena keterbatasan dana, maka Anda tetap bisa membuat kanopi dari besi hollow sendiri. Bagaimanakah caranya?


Untuk membuat kanopi, sebaiknya Anda ukur terlebih dahulu lahan yang akan diberi penutup kanopi di atasnya sehingga pembuatan kanopi akan tepat guna. Sebagai contohnya, kanopi yang akan dibuat adalah berukuran lebar 3,2 meter dan panjang 5,3 meter. Untuk memulai membuat kanopi, Anda harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu berikut ini.

Baca juga: Besi Galvanis: Karakteristik dan Keunggulannya untuk Konstruksi Bangunan

Fungsi Kanopi

Fungsi Kanopi

Sebelum masuk ke pembahasan proses pemasangan kanopi, ada baiknya Anda mengetahui apa saja fungsi kanopi itu sendiri. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Sebagai Perlindungan Terhadap Cuaca

Fungsi kanopi pada umumnya adalah sebagai perlindungan pada rumah terhadap cuaca, baik itu pada cuaca panas, hujan, atau berangin. Atap kanopi juga dapat menjadikan bagian rumah Anda memiliki kesan sejuk dan dapat mencegah air hujan masuk ke dalam rumah.

2. Sebagai Fungsi Dekoratif

Fungsi kanopi salah satunya adalah sebagai dekoratif yang dapat dipasang pada rumah. Dengan memasangkan kanopi pada rumah, maka rumah akan mempunyai kesan dekoratif yang estetik dan lebih menarik. Motif dekoratifnya juga memiliki banyak jenisnya.

3. Sebagai Penekanan Pada Bangunan

Fungsi kanopi selanjutnya adalah sebagai penekanan pada bangunan. Penekanan ini bertepatan pada desain, alur, dan bagian tertentu dalam bangunan. Penekanan ini bertujuan sebagai tampilan yang mencolok pada sebuah bangunan agar dapat di ingat oleh masyarakat.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Beton dengan Mudah

Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow

Terdapat beberapa langkah utama yang dapat Anda lakukan untuk membuat kanopi dari besi hollow, berikutnya penjelasannya:

1. Siapkan Alat

Cara membuat kanopi dari besi hollow membutuhkan alat gerinda dengan mata gerinda potong besi, gerinda biasa, dan mata gerinda potong keramik. Selain itu, juga dibutuhkan bor tangan listrik dengan mata bor besi 12 mm dan mata bor beton 12 mm, las listrik lakoni 120e sebesar 900 watt, penggaris siku, meteran, waterpass, palu, betel, dan spidol untuk penanda.

2. Siapkan Bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk melakukan cara membuat kanopi dari besi hollow adalah besi hollow ukuran 4x6 cm dengan panjang 6 meter dan tebal 1,8 mm sebanyak 4 potong, besi hollow 4x4 cm dengan panjang 6 meter dan tebal 1,8 mm sebanyak 4 potong, besi siku kira-kira 50 cm untuk dudukan dynabold ke kanopi, sekrup galvalum dengan panjang 4,5 cm sebanyak 70 buah, dana tap spandek tebal 0,35 mm dengan panjang 6 meter.

3. Ukur Besi Rangka

Agar kanopi bisa dibuat, langkah pertama untuk cara membuat kanopi dari besi hollow adalah dengan membuat pengukuran awal kanopi. Ukuran besi hollow untuk kanopi yang sesuai adalah potong besi hollow 4x6 cm ukuran 5,2 m sebanyak dua potong, ukuran 3,1 meter sebanyak 2 potong, dan ukuran 2,9 meter sebanyak 2 potong untuk tiang depan. Potonglah besi hollow 4x4 cm sepanjang 5,12 meter sebanyak 2 potong sebagai rusuk di dalam rangka utama dengan panjang 1 meteran sebanyak 12 potong.

Baca juga: Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan Besi

4. Las dan Sambungkan Besi untuk Rangka Utama

Selanjutnya, cara membuat kanopi dari besi hollow adalah dengan mengelas dan menyambungkan rangka utama terlebih dahulu dengan membentuk persegi panjang. Jangan lupa untuk memastikan jarak rangka kanopi hollow pada sudut-sudut siku apakah sudah pas terlebih dahulu. Las dan sambungkan besi 4x4 cm dengan panjang 5,12 cm dan mengukur pembagian lebar secara sama sekitar 1 meteran.

Selanjutnya, Anda bisa mengelas dan menyambungkan vesi 4x4 cm yang telah dipotong dengan ukuran 1 meteran masing-masing sebagai tempat menyekrup atap galvalum ke rangka kanopi. Setelah semuanya dirasa kuat setelah dilas, kanopi bisa dinaikkan. Jangan lupa untuk memotong siku dan memulbangi dengan mata bor 12 mm untuk landasan mengikat baut dynabold ke tembok dan tiang ke lantai.

5. Naikkan Kanopi dan Buat Tiang Penyangga

Kemudian, naikkan kanopi ke atas. Tandai dan ukur di mana dynabold perlu ditanam. Agar memastikan kanopi terpasang dengan baik, pastikan untuk menyetelnya menggunakan waterpass. Selanjutnya, lubangi tembok dengan mata bor 12 mm dan tanamlah dynabold. Lalu pasang rangka kanopi ke tembok rumah menggunakan baut pada dynabold.

Setelah kanopi terpsang naik, Anda bisa melanjutkan memasang tiang penyangga bagian depan kanopi. Ukur telebih dahulu ketinggian tiang penyangga belakang dan tiang penyangga depan pada kanopi seperti yang Anda inginkan. Lalu baut menggunakan diynabold dan dilas di bagian atas tiang.

Selanjutnya, Anda bisa memasang atap spandek pada kanopi yang telah dipotong sesuai dengan ukuran jadi kanopi. Naikkan atap spandek dan sekrup atap spandek ke rangka kanopi agar tidak lepas. Jika spandek atap telah terpasang, maka kanopi telah siap digunakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai fungsi dan cara membuat kanopi dari besi hollow yang mudah untuk diikuti dan dilakukan sendiri. Klopmart menyediakan berbagai macam besi hollow yang dapat menjadi pilihan Anda dalam proses pembangunan. Dengan membuat kanopi sendiri, Anda akan lebih hemat biaya untuk membuat kanopi. Selamat mencoba!


Sumber artikel:

  • https://www.dekoruma.com/artikel/94123/beragam-fungsi-atap-kanopi
  • https://www.indosteger.co.id/berita/detail/cara-membuat-kanopi-dari-besi-hollow
  • https://blkp.co.id/blogs/detail/4-manfaat-kenapa-harus-memasang-kanopi-di-rumah
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya