Atap & Lantai

8 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun!

Media
30 Jun 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Membersihkan kamar mandi adalah salah salah satu hal yang harus rutin dilakukan. Lebih spesifiknya, Anda harus rutin membersihkan lantai kamar mandi. Anda mungkin berpikir kalau lantai kamar mandi akan selalu bersih, tapi kenyataannya tidak demikian. Ada baiknya Anda tahu cara membersihkan kamar mandi menggunakan sitrun dan melakukannya secara rutin.

Apakah Sitrun Bisa Membersihkan Keramik?


Keramik di kamar mandi sering kali rentan terkena kotoran karena sering terpapar sisa sabun yang menumpuk, debu, dan berbagai noda atau residu dari kegiatan dapur.

Jika tidak diurus dengan rutin, kotoran ini bisa mengakibatkan timbulnya kerak yang sulit dibersihkan, bahkan bisa memunculkan jamur atau lumut jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

Menggunakan sitrun merupakan solusi yang ampuh dalam mengatasi hal seperti ini. Sitrun sangat efektif untuk membersihkan noda membandel. Sitrun bahkan dapat dibandingkan dengan produk-produk pembersih yang sering digunakan orang.

Selain itu, sitrun dapat digunakan untuk membersihkan seluruh bagian kamar mandi, mulai dari dinding kamar mandi, lantai kamar mandi, hingga alat lainnya seperti ember dan gayung.

Walaupun sudah ada sabun untuk menggosok kerak keramik kamar mandi, terkadang belum bisa memberikan hasil yang diinginkan. Kalau sudah begini, maka cara alternatif perlu dicoba. Termasuk cara dengan menggunakan sitrun atau asam sitrat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Porstex di Keramik Lantai

8 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun yang Efektif


Berikut ini cara lengkap untuk membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Adapaun alat dan bahan yang harus Anda persiapkan yaitu:

  • Batu apung/sikat/spons

  • Detergen/sabun

  • Sitrun

  • Air bersih

2. Gosok Keramik Kamar Mandi

Cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun berikutnya yang bisa Anda lakukan setelah menyiapkan alat dan bahan adalah menggosok keramik kamar mandi dengan batu apung dan air sabun. Jika memang tidak memiliki batu apung, Anda bisa menggunakan sikat penggosok kamar mandi yang selama ini digunakan.

Namun untuk penggunaan air sabun lebih disarankan untuk digunakan daripada menggunakan sabun keramik kamar mandi yang tersedia di pasaran.

Baca Juga: MEMBERSIHKAN PERABOT PLASTIK

3. Bilas dengan Air Dingin

Jika sudah menggosok keramik kamar mandi secara keseluruhan, bilas dengan air dingin hingga sabun hilang optimal. Jangan sampai masih ada sisa sabun karena bisa saja membuat penggunaan sitrun menjadi tidak maksimal.


4. Taburkan Sitrun

Sekarang saatnya menggunakan sitrun atau asam sitrat yang biasa dipakai dalam bahan pembuatan kue. Anda bisa menaburkan bubuk sitrun ke sekeliling keramik kamar mandi. Namun dikhususkan untuk fokus pada keramik yang berkerak.

Perlu digarisbawahi bahwa kondisi keramik harus masih basah agar sitrun bisa bekerja maksimal. Kalau kondisi keramik sudah kering, malah bahan pembersih ini tidak bisa larut dengan baik. Untuk itulah proses pembilasan air lalu dilanjutkan dengan penaburan sitrun harus dilakukan secara langsung.

5. Gunakan Kulit Sitrun

Tidak hanya bubuk sitrun saja, jika tersisa kulit sitrun, Anda dapat memanfaatkannya sebagai alat pembersih. Kulit sitrun memiliki tekstur yang cocok untuk menggosok dan memberikan aroma segar pada permukaan yang dibersihkan.

Baca Juga: Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi yang Ampuh!

6. Menunggu Sitrun Bekerja

Cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun selanjutnya yaitu menunggu sitrun bekerja. Diamkan selama satu jam hingga sitrun bisa bekerja maksimal dalam jangka waktu tersebut.

Ingat, harus ditunggu satu jam. Anda bisa memasang alarm agar proses ini berjalan sesuai dengan waktu yang dianjurkan.

7. Gosok Keramik Lagi

Jika sudah satu jam, sekarang waktunya menggosok keramik lagi dengan sikat. Lakukan penyikatan secara baik. Langkah terakhir yang dilakukan adalah membilasnya dengan air bersih.

8. Ulangi dua Hingga Tiga Kali.

Sekarang Anda sudah selesai membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini sebanyak dua hingga tiga kali.

Mengapa demikian? Alasannya karena kandungan sifat dari dalam sitrun tidak sekeras cuka, baking soda atau kaporit. Sebenarnya dua bahan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan keramik kamar mandi.

Baca juga: Keramik Dinding Kamar Mandi Pilihan

Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi


Tidak harus menunggu keramik kamar mandi Anda berkerak, beberapa tips di bawah ini dapat membantu Anda untuk tetap menjaga kebersihan kamar mandi.

1. Buang Sampah Secara Teratur

Pastikan untuk membuang sampah secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar Anda, mencegah penumpukan dan potensi risiko kesehatan.

2. Sirkulasi Udara yang Cukup

Memastikan ada sirkulasi udara yang baik dalam ruangan membantu menjaga udara segar dan mengurangi kelembapan, menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat untuk ditinggali.

3. Perhatikan Pencahayaan

Memperhatikan pencahayaan membantu menciptakan atmosfer yang menyenangkan, memungkinkan aktivitas sehari-hari dilakukan dengan nyaman, dan memberikan kesan luas pada ruangan.

4. Perhatikan Penyimpanan Baju Kotor

Menyediakan area khusus untuk penyimpanan baju kotor membantu menjaga kebersihan ruangan dan mencegah penyebaran kotoran atau bau yang tidak diinginkan.

5. Bersihkan Tempat Bersarangnya Hewan

Membersihkan tempat yang mungkin menjadi sarang hewan membantu mencegah masalah kesehatan dan mengurangi risiko infestasi hama.

Tips Merawat Kamar Mandi

Selain rajin membersihkan dan menggosok keramik, penting juga untuk mengetahui cara merawat kamar mandi secara keseluruhan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Rutin Mencuci Keset

Kebanyakan rumah memiliki keset di depan pintu kamar mandi karena kamar mandi cenderung basah. Salah satu tips merawat kamar mandi adalah mencuci keset secara berkala untuk menghilangkan sisa-sisa air dan kotoran yang terbawa oleh kaki. Disarankan mencuci keset setidaknya seminggu sekali untuk mencegah penumpukan bakteri dan kuman.

2. Menyikat Kamar Mandi Setelah Digunakan

Untuk menjaga kebersihan kamar mandi, Anda telah mempelajari cara membersihkan keramik kamar mandi dengan menggunakan sitrun, yang dianggap sebagai cara paling mudah untuk menjaga kilauan dan mencegah noda. Namun, untuk menjaga kamar mandi tetap bersih sepanjang waktu, Sahabat Mulia dapat menyikatnya secara rutin setelah digunakan. Cukup menyikat dan menggosok bagian yang kotor dengan sisa-sisa sabun, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda di Marmer dengan Mudah dan Aman

3. Membersihkan Wastafel Secara Rutin

Bagian wastafel yang sering terkena air sisa sabun perlu dibersihkan secara rutin. Disarankan untuk mengelap wastafel setiap pagi dan malam, terutama setelah selesai menggosok gigi dan mencuci muka. Meskipun sedikit merepotkan, kebiasaan ini akan membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar mandi.


Kesimpulan

Itulah dia cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun yang dapat Anda coba. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi Anda, salah satunya adalah sitrun. Penggunaan sitrun untuk membersihkan keramik kamar mandi sangatlah mudah dan Anda bisa mendapatkan hasil yang dapat dibandingkan jika Anda membersihkan kamar mandi dengan menggunakan cairan pembersih seperti biasa.

Pemilihan keramik kamar mandi sendiri tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih keramik kamar mandi yang tidak mudah licin dan tidak gampang kotor juga.

Ingin menciptakan tampilan kamar mandi yang nyaman dan tahan lama? Gunakan MU-480 perekat keramik yang ada di Klopmart untuk hasil yang terpercaya. Cek website Klopmart sekarang untuk pilihan perekat keramik terbaik!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya