7 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun!

Membersihkan kamar mandi adalah salah salah satu hal yang harus rutin dilakukan. Lebih spesifiknya, Anda harus rutin membersihkan lantai kamar mandi. Anda mungkin berpikir kalau lantai kamar mandi akan selalu bersih, tapi kenyataannya tidak demikian. Ada baiknya Anda tahu cara membersihkan kamar mandi menggunakan sitrun dan melakukannya secara rutin.

promosi klopmart

Apakah Sitrun Bisa Membersihkan Keramik?

Sitrun Bisa Membersihkan Keramik

Keramik di kamar mandi sering kali rentan terkena kotoran karena sering terpapar sisa sabun yang menumpuk, debu, dan berbagai noda atau residu dari kegiatan dapur.

Jika tidak diurus dengan rutin, kotoran ini bisa mengakibatkan timbulnya kerak yang sulit dibersihkan, bahkan bisa memunculkan jamur atau lumut jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

Menggunakan sitrun merupakan solusi yang ampuh dalam mengatasi hal seperti ini. Sitrun sangat efektif untuk membersihkan noda membandel. Sitrun bahkan dapat dibandingkan dengan produk-produk pembersih yang sering digunakan orang.

Selain itu, sitrun dapat digunakan untuk membersihkan seluruh bagian kamar mandi, mulai dari dinding kamar mandi, lantai kamar mandi, hingga alat lainnya seperti ember dan gayung.

Walaupun sudah ada sabun untuk menggosok kerak keramik kamar mandi, terkadang belum bisa memberikan hasil yang diinginkan. Kalau sudah begini, maka cara alternatif perlu dicoba. Termasuk cara dengan menggunakan sitrun atau asam sitrat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Porstex di Keramik Lantai

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun yang Efektif

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun yang Efektif

Berikut ini cara lengkap untuk membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Adapaun alat dan bahan yang harus Anda persiapkan yaitu:

  • Batu apung/sikat/spons

  • Detergen/sabun

  • Sitrun

  • Air bersih

2. Gosok Keramik Kamar Mandi

Cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun berikutnya yang bisa Anda lakukan setelah menyiapkan alat dan bahan adalah menggosok keramik kamar mandi dengan batu apung dan air sabun. Jika memang tidak memiliki batu apung, Anda bisa menggunakan sikat penggosok kamar mandi yang selama ini digunakan.

Namun untuk penggunaan air sabun lebih disarankan untuk digunakan daripada menggunakan sabun keramik kamar mandi yang tersedia di pasaran.

3. Bilas dengan Air Dingin

Jika sudah menggosok keramik kamar mandi secara keseluruhan, bilas dengan air dingin hingga sabun hilang optimal. Jangan sampai masih ada sisa sabun karena bisa saja membuat penggunaan sitrun menjadi tidak maksimal.

4. Taburkan Sitrun

Sekarang saatnya menggunakan sitrun atau asam sitrat yang biasa dipakai dalam bahan pembuatan kue. Anda bisa menaburkan bubuk sitrun ke sekeliling keramik kamar mandi. Namun dikhususkan untuk fokus pada keramik yang berkerak.

Perlu digarisbawahi bahwa kondisi keramik harus masih basah agar sitrun bisa bekerja maksimal. Kalau kondisi keramik sudah kering, malah bahan pembersih ini tidak bisa larut dengan baik. Untuk itulah proses pembilasan air lalu dilanjutkan dengan penaburan sitrun harus dilakukan secara langsung.

Baca Juga: Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi yang Ampuh!

5. Gunakan Kulit Sitrun

Tidak hanya bubuk sitrun saja, jika tersisa kulit sitrun, Anda dapat memanfaatkannya sebagai alat pembersih. Kulit sitrun memiliki tekstur yang cocok untuk menggosok dan memberikan aroma segar pada permukaan yang dibersihkan.

6. Menunggu Sitrun Bekerja

Cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun selanjutnya yaitu menunggu sitrun bekerja. Diamkan selama satu jam hingga sitrun bisa bekerja maksimal dalam jangka waktu tersebut.

Ingat, harus ditunggu satu jam. Anda bisa memasang alarm agar proses ini berjalan sesuai dengan waktu yang dianjurkan.

Jika sudah satu jam, sekarang waktunya menggosok keramik lagi dengan sikat. Lakukan penyikatan secara baik. Langkah terakhir yang dilakukan adalah membilasnya dengan air bersih.

7. Bilas dengan air bersih

Langkah terakhir adalah silahkan membilas semua permukaan dan sisi keramik kamar mandi dengan air bersih. Pastikan sudah tidak ada lagi noda dan kerak yang menempel.

Sekarang Anda sudah selesai membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini sebanyak dua hingga tiga kali.

Mengapa demikian? Alasannya karena kandungan sifat dari dalam sitrun tidak sekeras cuka, baking soda atau kaporit. Sebenarnya dua bahan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan keramik kamar mandi.

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Cepat

Tips Merawat Keramik Kamar Mandi

Merawat keramik kamar mandi dengan benar akan menjaga tampilannya tetap bersih dan tahan lama. Berikut beberapa tips perawatan keramik kamar mandi yang mudah dilakukan:

1. Bersihkan Secara Rutin

Bersihkan keramik kamar mandi setidaknya seminggu sekali untuk mencegah penumpukan kotoran dan jamur. Gunakan pembersih keramik yang lembut atau campuran air dan cuka (1:1) untuk membersihkan noda ringan.

2. Gunakan Sikat Lembut

Gunakan sikat lembut atau spons untuk menggosok keramik. Hindari sikat berbulu kasar atau bahan abrasif yang bisa menggores permukaan keramik.

3. Atasi Noda Membandel

Untuk menghilangkan noda membandel, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada noda dan diamkan selama beberapa menit sebelum digosok dengan sikat lembut dan dibilas dengan air.

4. Gunakan Produk Anti-Jamur

Secara berkala, semprotkan produk anti-jamur pada area keramik kamar mandi, terutama di sudut-sudut dan garis nat, untuk mencegah pertumbuhan jamur.

5. Bersihkan Garis Nat

Garis nat (grout) antara keramik sering kali menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan jamur. Gunakan pembersih khusus untuk nat atau campuran cuka dan baking soda untuk membersihkannya. Sikat dengan sikat gigi bekas untuk hasil yang lebih baik.

6. Hindari Produk Kimia Keras

Hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung asam kuat atau bahan kimia keras yang bisa merusak permukaan keramik dan nat. Pilih produk yang aman untuk keramik.

7. Ventilasi yang Baik

Pastikan kamar mandi memiliki ventilasi yang baik untuk mengurangi kelembapan. Gunakan exhaust fan atau buka jendela setelah mandi untuk mengalirkan udara segar dan mengurangi kelembapan.

Dengan melakukan perawatan rutin dan menggunakan bahan-bahan pembersih yang tepat, keramik kamar mandi Anda akan tetap bersih, mengkilap, dan bebas dari jamur serta noda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda di Marmer dengan Mudah dan Aman

Kesimpulan

Itulah dia cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun yang dapat Anda coba. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi Anda, salah satunya adalah sitrun.

Penggunaan sitrun untuk membersihkan keramik kamar mandi sangatlah mudah dan Anda bisa mendapatkan hasil yang dapat dibandingkan jika Anda membersihkan kamar mandi dengan menggunakan cairan pembersih seperti biasa.

bahan material bangunan klopmart

Pemilihan keramik kamar mandi sendiri tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih keramik kamar mandi yang tidak mudah licin dan tidak gampang kotor juga.

Ingin menciptakan tampilan kamar mandi yang nyaman dan tahan lama? Gunakan MU-480 perekat keramik yang ada di Klopmart untuk hasil yang terpercaya. Cek website Klopmart sekarang untuk pilihan perekat keramik terbaik!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya