5 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun

Membersihkan kamar mandi merupakan salah salah satu hal yang harus Anda rutin lakukan. Lebih spesifiknya, Anda harus rutin membersihkan lantai kamar mandi. Anda mungkin berpikir kalau lantai kamar mandi akan selalu bersih, tapi kenyataannya tidak demikian. Ada baiknya Anda tahu cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun dan melakukannya secara reguler.

Mengapa sitrun? Karena sitrun sangat efektif untuk membersihkan noda membandel. Sitrun bahkan dapat dibandingkan dengan produk-produk pembersih yang sering digunakan orang. Selain itu, sitrun dapat digunakan untuk membersihkan seluruh bagian kamar mandi, mulai dari dinding kamar mandi, lantai kamar mandi, hingga alat lainnya seperti ember dan gayung

Untuk dapat memanfaatkan sitrun secara maksimal, simak cara membersihkan kamar mandi dengan sitrun berikut ini:
 

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun yang Efektif

Bagi yang belum mengetahui apa itu sitrun, ini adalah sebutan untuk asam sitrat yang menjadi salah satu bahan kue. Biasa digunakan untuk membuat kudapan yang enak, namun sitrun juga dapat dimaksimalkan sebagai bahan utama dalam cara membersihkan keramik kamar mandi.

Tidak dapat dimungkiri bahwa keramik kamar mandi termasuk bagian di dalam rumah yang mudah kotor. Apalagi fungsi kamar mandi sendiri untuk membersihkan tubuh. Sudah pasti hanya tidak menunggu waktu saja hingga keramik kamar mandi menjadi kotor.

Walaupun sudah ada sabun untuk menggosok keramik kamar mandi, terkadang belum bisa memberikan hasil yang diinginkan. Kalau sudah begini, maka cara alternatif perlu dicoba. Termasuk cara dengan menggunakan sitrun atau asam sitrat.

Sitrun sangat cocok untuk membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak. Dengan keamanan yang dirasakan karena tidak menimbulkan efek khusus jika tiba-tiba terkena kulit, berikut cara selengkapnya dalam membersihkan keramik kamar mandi menggunakan sitrun.
 

1. Gosok Keramik Kamar Mandi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggosok keramik kamar mandi dengan batu apung dan air sabun. Jika memang tidak memiliki batu apung, Anda bisa menggunakan sikat penggosok kamar mandi yang selama ini digunakan. Namun untuk penggunaan air sabun lebih disarankan untuk digunakan daripada menggunakan sabun keramik kamar mandi yang tersedia di pasaran.
 

2. Bilas Dengan Air

Jika sudah menggosok keramik kamar mandi secara keseluruhan, bilas dengan air hingga sabun hilang optimal. Jangan sampai masih ada sisa sabun karena bisa saja membuat penggunaan sitrun menjadi tidak maksimal.
 

3. Taburkan Sitrun

Sekarang saatnya menggunakan sitrun atau asam sitrat yang biasa dipakai dalam bahan pembuatan kue. Anda bisa menaburkan sitrun ke sekeliling keramik kamar mandi. Namun dikhususkan untuk fokus pada keramik yang berkerak.

Perlu digarisbawahi bahwa kondisi keramik harus masih basah agar sitrun bisa bekerja maksimal. Kalau kondisi keramik sudah kering, malah sitrun tidak bisa larut dengan baik. Untuk itulah proses pembilasan air lalu dilanjutkan dengan penaburan sitrun harus dilakukan secara langsung.

Baca juga: cara membersihkan wastafel mampet
 

4. Menunggu Sitrun Bekerja

Sekarang waktunya Anda menunggu sitrun bekerja. Diamkan selama satu jam hingga sitrun bisa bekerja maksimal dalam jangka waktu tersebut. Ingat, harus ditunggu satu jam. Anda bisa memasang alarm agar proses ini berjalan sesuai dengan waktu yang dianjurkan.
 

5. Gosok Keramik Lagi

Jika sudah satu jam, sekarang waktunya menggosok keramik lagi dengan sikat. Lakukan penyikatan secara baik. Langkah terakhir yang dilakukan adalah membilasnya dengan air.

Sekarang Anda sudah selesai membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini sebanyak dua hingga tiga kali. Mengapa demikian? Alasannya karena kandungan sifat dari dalam sitrun tidak sekeras cuka atau kaporit. Sebenarnya dua bahan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan keramik kamar mandi.

Itulah dia cara membersihkan kamar mandi dengan sitrun yang dapat Anda coba. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi Anda, salah satunya adalah sitrun. Penggunaan sitrun untuk membersihkan keramik kamar mandi sangatlah mudah dan Anda bisa mendapatkan hasil yang dapat dibandingkan jika Anda membersihkan kamar mandi dengan menggunakan cairan pembersih seperti biasa.

Pemilihan keramik kamar mandi sendiri tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih keramik kamar mandi yang tidak mudah licin dan tidak gampang kotor juga. Klopmart memiliki rekomendasi pilihan keramik kamar mandi yang menawarkan keunggulan dari desain megah. Tertarik untuk mengetahuinya? Dengan informasi cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun, cek harga keramik merk Platinum di Klopmart sekarang juga. 

Baca juga: Keramik Dinding Kamar Mandi Pilihan


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
09 Apr 2021

Related Article