Cat dan Kimia

Cara Menghilangkan Bekas Porstex di Keramik Lantai

Media
21 Jul 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara menghilangkan bekas Porstex di keramik lantai ini menjadi pertanyaan banyak orang. Membersihkan lantai di kamar mandi biasanya menggunakan Porstex. Cairan pembersih Porstex ini ampuh membersihkan WC, wastafel, dan perabotan lainnya yang berada di kamar mandi. Karena kandungan kimianya yang kuat, keramik di kamar mandi pun bisa pudar dan rusak bila terkena Porstex terus menerus. 

Terkadang saking semangatnya membersihkan kamar mandi, tanpa sadar kita meninggalkan bekas Porstex di keramik lantai. Reaksinya pun cukup cepat hingga meninggalkan noda putih pada lantai keramik. Jika keramiknya berwarna mencolok, pasti terlihat jelas noda bekas Porstex yang mengganggu estetika lantai rumah. Karenanya, mari simak cara menghilangkan bekas Porstex di keramik.
 

Informasi Cara Menghilangkan Bekas Porstex di Keramik Lantai

Penasaran bagaimana cara untuk menghilangkan bekas porstex yang terdapat di permukaan keramik lantai rumah? Inilah caranya!
 

1. Gunakan Cuka dan Air

Biasanya noda bekas Porstex meninggalkan warna putih pada keramik lantai. Semakin lama ditinggalkan akan semakin sulit untuk dihilangkan. Salah satu cara menghilangkan bekas Porstex di keramik lantai adalah menggunakan campuran cuka dan air

Mencampur dua bahan ini juga ada takarannya, yakni 1 (cuka) : 4 (air). Jadi, misalnya Anda menggunakan 100 ml cuka, maka larutkan ke dalam 400 ml air. Cara menggunakannya cukup disiramkan saja ke atas noda bekas Porstex, lalu sikat hingga hilang nodanya. Ingat, ramuan ini hanya berlaku pada noda bekas Porstex yang baru terbentuk dalam hitungan jam, ya!
 

2. Cuci Bersih Noda Porstex

Ketika lantai keramik Anda terkena Porstex dalam hitungan jam, jangan didiamkan! Semakin lama didiamkan, bahan kimia  dalam Porstex ini akan semakin melekat dan sulit untuk dibersihkan. 

Jika noda bekas Porstex masih dalam hitungan jam, Anda bisa dengan mudah membersihkannya dengan sabun atau sampo. Cukup sikat saja bagian keramik yang terkena noda bekas Porstex sampai bersih. 

Baca juga:  4 Cara Menghilangkan Noda di Marmer dengan Mudah
 

3. Gunakan Amplas No 180

Beda cerita lagi kalau keramik Anda terkena noda bekas Porstex semalaman. Artinya, sudah susah juga menghilangkan nodanya sehingga penanganannya akan sangat berbeda dari yang terkena beberapa jam saja. Solusinya, Anda harus menggunakan amplas no. 18 dengan bantuan air dan dibersihkan dengan cara digosok. 

Cara ini hanya bisa dilakukan untuk keramik lantai yang baru terkena noda dalam hitungan satu malam, ya. Kalau sampai ditinggal berhari-hari atau seminggu, mau tak mau Anda harus mengganti keramik lantai jika ingin mendapatkan tampilan yang bersih dan mengkilap.
 

4. Gunakan Paint Remover

Cara menghilangkan bekas Porstex di keramik lantai terakhir adalah dengan menggunakan paint remover. Paint remover tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda cat saja, tetapi juga bisa menghilangkan bekas bahan kimia yang terpapar di keramik lantai. Bahkan, kini beberapa paint remover sudah mengalami banyak perubahan tatanan kimia, sehingga dapat menghilangkan noda dengan mudah.

Contohnya Propan Paint Remover PPR-735 ini. Campuran bahan kimianya ini efektif mengupas noda cat. Tak hanya cat tembok, paint remover ini juga efektif mengupas cat satu komponen seperti Synthetic, NC/ Duco, Politur, dan Vernis. Penggunaan Paint Remover PPR 735 ini juga super praktis, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. 

Cara menggunakannya pun juga mudah, tinggal oleskan saja Propan Paint Remover PPR 735 ini pada bagian yang terkena noda dengan menggunakan cat. Diamkan selama 3-10 menit hingga catnya menggelembung lalu kupas dengan kape atau bisa disemprot dengan semprotan air yang bertekanan tinggi. Jika noda Porstex masih belum hilang juga, ulangi prosesnya. Setelah hilang, tinggal bersihkan sisanya dengan air bersih. Dapatkan Propan Paint Remover PPR- 735 dengan harga remover cat senilai Rp 47.000 hanya di Klopmart !

Itulah cara menghilangkan bekas Porstex di keramik lantai. Untuk menghindari terpapar noda kembali, lakukan pembersihan kamar mandi atau ruangan lain dengan hati-hati. Pilih juga pembersih yang dibuat dengan bahan alami.  Selamat mempraktikan cara menghilangkan bekas Porstex di keramik lantai ini!

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Cat di Lantai dengan Mudah

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya