8 Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi Agar Tidak Kembali Lagi

Selain mengganggu estetika ruangan, keberadaan cacing di kamar mandi dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan bahkan masalah kesehatan bagi penghuninya. Dalam banyak kasus, munculnya cacing di kamar mandi menjadi tanda bahwa lingkungan tersebut tidak bersih dan kurang terjaga dengan baik. Lalu, bagaimana cara membasmi cacing di kamar mandi?

Pada umumnya, cacing dapat muncul karena berbagai faktor, mulai dari kelembapan yang tinggi, kebersihan yang kurang terjaga, hingga saluran pembuangan air yang tersumbat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai cara efektif untuk membasmi cacing di kamar mandi dan mencegah agar tidak kembali lagi.

promo klopmart

Penyebab Cacing Muncul di Kamar Mandi

Mengetahui penyebab munculnya cacing di kamar mandi menjadi langkah awal yang penting dalam mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu kehadiran cacing di kamar mandi.

1. Saluran Air yang Tersumbat

Saluran air yang tersumbat atau tidak lancar merupakan salah satu penyebab utama munculnya cacing di kamar mandi. Sisa makanan, gumpalan rambut, dan kotoran lainnya yang terjebak di dalam saluran air menciptakan lingkungan yang disukai cacing untuk berkembang biak. Selain itu, saluran air yang tersumbat juga dapat menyebabkan genangan air yang menjadi tempat hidup yang nyaman bagi cacing.

Baca juga: 13 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Cepat

2. Lubang Ventilasi yang Tidak Terpasang Kasa

Lubang ventilasi yang tidak dilengkapi dengan kasa penghalang dapat menjadi pintu masuk bagi cacing ke dalam kamar mandi. Keberadaan lubang ventilasi yang tidak tertutup ini dapat memungkinkan cacing untuk masuk ke dalam kamar mandi dan mencari tempat yang lembap untuk ditinggali.

3. Lantai yang Retak

Lantai yang retak dapat menjadi tempat berlindung bagi cacing. Retakan pada lantai ini menyediakan celah yang ideal bagi cacing untuk bersembunyi dan berlindung dari predator. Cacing juga dapat bertelur di dalam retakan tersebut sehingga memungkinkan bagi mereka untuk terus berkembang biak.

4. Adanya Genangan Air

Genangan air di kamar mandi, baik di lantai maupun di bak mandi, dapat menjadi tempat yang disukai oleh cacing. Genangan air ini menciptakan lingkungan yang lembap dan kaya akan sumber makanan bagi cacing. Bukan hanya itu genangan air juga dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan mikroorganisme lainnya yang dapat menarik perhatian cacing.

5. Tempat yang Lembap

Cacing menyukai tempat yang lembap dan gelap. Kamar mandi yang tidak memiliki ventilasi yang baik dan lembap cenderung menjadi tempat yang ideal bagi cacing untuk berkembang biak. Area di sekitar kloset, bak mandi, dan wastafel yang sering basah juga sering kali menjadi tempat favorit bagi cacing untuk bersembunyi.

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Kumbang Bubuk Kayu

Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi

Membasmi cacing di kamar mandi membutuhkan pendekatan yang sistematis dan menyeluruh. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membasmi cacing di kamar mandi dengan efektif agar cacing tidak kembali lagi. 

1. Mengidentifikasi Sumber Asal Cacing

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi sumber asal cacing tersebut. Anda perlu memeriksa dengan teliti setiap sudut kamar mandi untuk menemukan tempat-tempat cacing mungkin berada. Hal ini dapat meliputi lubang ventilasi, retakan pada lantai atau dinding, serta area-area lain yang lembap.

2. Membersihkan Kamar Mandi

Menjaga kebersihan kamar mandi secara menyeluruh merupakan langkah penting dalam mengendalikan populasi cacing. Anda perlu membersihkannya dengan dengan sabun, air, atau pembersih khusus lainnya. Selain itu, fokuskan juga untuk membersihkan area yang sering didatangi cacing, termasuk lantai, dinding, kloset, dan bak mandi.

3. Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat

Saluran air yang tersumbat atau tidak lancar dapat menjadi tempat terbaik bagi cacing untuk berkembang biak. Oleh karena itu, bersihkan saluran air secara berkala dan jika melihat tanda-tanda tersumbatnya saluran air, segera perbaiki untuk menjaga saluran air tetap lancar dan mengalir dengan baik.

4. Mengeringkan Genangan Air

Selain tempat yang lembap dan retakan keramik, genangan air di kamar mandi juga dapat menjadi habitat bagi cacing. Maka dari itu pastikan untuk mengeringkan genangan air yang ada dengan menggunakan kain lap atau kipas exhaust untuk mengeringkan area yang basah dan mencegah terjadinya genangan.

Baca juga: Apa Itu Ketonggeng dan Cara Membasminya?

5. Menggunakan Cairan Campuran Air dan Garam

Salah satu cara alami untuk membasmi cacing adalah dengan menggunakan campuran air dan garam. Caranya pun praktis, Anda hanya perlu mencampurkan air dan garam, kemudian gunakan campuran ini untuk membersihkan area tempat cacing mungkin berada. Adapun garam memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mematikan cacing sekaligus mencegah mereka kembali.

6. Menggunakan Baking Soda dan Cuka Dapur

Baking soda (natrium bikarbonat) dan cuka dapur (asam asetat) adalah dua bahan alami yang sering digunakan dalam kegiatan rumah tangga, termasuk untuk membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap. Campuran ini dapat menciptakan reaksi kimia yang efektif dalam membersihkan dan membasmi cacing di kamar mandi. Bukan hanya itu, asam asetat dalam cuka dapur juga dapat membantu memecah struktur tubuh cacing dan membasminya.

7. Menutupi Lubang dan Celah Keramik

Lubang dan celah pada keramik kamar mandi dapat menjadi tempat masuk bagi cacing. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu memperhatikan setiap lubang atau celah yang terdapat di sekitar area kamar mandi. Ini termasuk lubang-lubang kecil di dinding, lantai, ataupun celah antara ubin keramik. Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang sesuai untuk menutup lubang atau celah tersebut, seperti semen instan hingga nat.

8. Menggunakan Obat Pembasmi Cacing

Jika masalah cacing terus berlanjut meskipun telah dilakukan langkah-langkah pencegahan, pertimbangkan untuk menggunakan obat pembasmi cacing yang aman dan efektif. Untuk penggunaan yang aman dan efektif, Anda perlu menggunakan obat pembasmi cacing yang sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan produk tersebut.

Dengan demikian, membasmi cacing di kamar mandi memang memerlukan waktu dan usaha. Namun, dengan menerapkan sejumlah cara membasmi cacing di kamar mandi dengan tepat, Anda dapat sekaligus mencegah agar cacing tidak kembali lagi.

Baca juga: Cara Merawat Rumah Selama Musim Hujan

Mulailah dengan mengidentifikasi penyebabnya dan melakukan langkah selanjutnya, dari mengatasi genangan air, menutup retak pada keramik, hingga menggunakan pembasmi cacing maupun larutan dari bahan-bahan alami. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perlengkapan sanitasi yang terawat, seperti pipa dan saluran air yang bersih, dapat mencegah penyumbatan dan meminimalisir cacing di kamar mandi. Apabila perlengkapan sanitasi Anda perlu diganti, pertimbangkan untuk menemukan berbagai perlengkapan kamar mandi di Klopmart.

sanitary ware

Sebagai toko jual material bahan bangunan online terlengkap, Klopmart menyediakan berbagai perlengkapan sanitasi terlengkap. Mulai dari kloset, wastafel, pipa air, hingga selang PVC, Klopmart menawarkan berbagai produk yang terjamin kualitas dan keasliannya. 

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi laman resmi Klopmart hari ini untuk mendapatkan perlengkapan sanitasi yang berkualitas tinggi dan wujudkan kamar mandi yang lebih bersih!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya