Atap & Lantai

Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi yang Ampuh!

Media
16 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kenapa ada cacing di kamar mandi? Bagaimana cara membasmi cacing di kamar mandi dan mencegahnya muncul kembali? Itu pertanyaan yang mungkin terlontar saat musim hujan tiba.

Saat musim hujan, apalagi saat deras-derasnya, rupanya ada beberapa hewan kecil yang ‘pindah’ ke dalam rumah. Saat tanah belum menyerap semua air hujan yang jatuh diatasnya, sarang hewan-hewan ini kebanjiran dan secara naluriah akan berpindah ke tempat yang lebih tinggi dan kering (tidak terendam air). Salah satu dari hewan itu ya cacing tadi.


Umumnya cacing hidup di area tanah yang lembab, basah dan becek. Nah, kamar mandi basah kita rupanya adalah salah satu tempat ideal baginya untuk hidup dan berkembang biak.

Baca juga: Cara Merawat Rumah Selama Musim Hujan

Bagaimana Ada Cacing di Kamar Mandi?

Anda pasti bingung kenapa ada cacing yang muncul di kamar mandi, inilah penyebab kenapa ada cacing di kamar mandi di rumah Anda:

  1. Cacing bukan hidup di atas keramik, melainkan muncul dari tanah di bawah keramik melalui sela-sela keramik (nat keramik). Jika ada retakan atau nat yang sudah habis terkikis, maka ada celah bagi cacing untuk lewat. Baik melalui dinding ataupun lantai keramik.
  2. Lubang saluran pembuangan air atau lubang drainase. Cacing menggunakan jalur ini karena biasanya tidak tertutup.
  3. Hal ini diperburuk dengan kondisi kamar mandi yang kotor dan becek. Kondisi ini mengundang cacing untuk masuk ke kamar mandi dan mencari sarang untuk meletakkan telurnya.
  4. Kondisi air kamar mandi yang kurang bersih.Jika menggunakan air dari PDAM, biasanya air sudah diproses dengan bahan kimia, sehingga dapat menghambat kehidupan cacing, tetapi itu jugabukan jaminan, karena belum konsistennya standar pengolahan air.

Baca juga: Apa Itu Ketonggeng dan Cara Membasminya?

Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi

Untuk membasmi cacing di kamar mandi dengan mudah, Anda bisa lakukan dengan beberapa hal ini:

  1. Menaburkan garam. Orangtua kita dan orang tua di sekitar kita umumnya menaburkan garam dapur di area-area yang biasanya menjadi tempat munculnya para cacing tadi. Selaput lender pada kulit cacing tidak tahan terhadap garam ini, sehingga biasanya mereka keluar dari sarangnya.
  2. Setelah cacing banyak yang keluar, kita guyur dengan air bersih dan membuangnya melalui saluran drainase.
  3. Gunakan karbol untuk membunuh cacing dan telur-telur cacing yang tertinggal.

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Kumbang Bubuk Kayu

Cara Mencegah Cacing Kembali Ke Kamar Mandi

Menghilangkan cacing di kamar mandi hanyalah langkah awal; Anda harus berusaha untuk mencegah cacing kembali muncul di kamar mandi.

1. Bersihkan Kamar Mandi

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membersihkan kamar mandi secara rutin. Usahakan untuk membuat kamar mandi selalu dalam kodnisi kering jika tidak sedang dipakai. Hal ini akan membuat kamar mandi menjadi tempat yang tidak cocok untuk tempat tinggal cacing.

2. Perhatikan Saluran Pembuangan

Lalu, selalu perhatikan saluran pembuangan air Anda. Selalu tutup saluran drainase saat kamar mandi sedang tidak digunakan. Hal ini untuk mencegah cacing yang berusaha masuk dari saluran air. Minimal gunakan saringan kawat pada mulut lubang saluran pembuangan air.

3. Perhatikan Lantai Keramik Kamar Mandi

Terakhir, perhatikan lantai keramik kamar mandi Anda. Tambal keramik yang retak dan ganti keramik yang pecah. Periksa kondisi nat keramik khususnya pada lantai kamar mandi dan area dinding yang sering terkena air. Jika nat keramik sudah habis, lapiskan semen putih atau semen anti bocor pada celah antar keramik.

Itulah dia beberapa cara membasmi cacing di kamar mandi serta cara mencegahnya untuk muncul lagi. Kehadiran cacing di kamar mandi dapat membuat Anda tidak nyaman atau jijik. Sebagai solusinya, Anda dapat membasmi cacing dengan menggunakan bahan-bahan rumahan seperti larutan garam dan alat pembersih lainnya, seperti cairan karbol.

Membasmi saja tidak cukup, Anda harus memastikan cacing tidak akan masuk ke kamar mandi Anda lagi dengan memperhatikan kebersihan kamar mandi serta kondisi lantai kamar mandi.


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya