Pompa dan Pipa

13 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Cepat

Media
02 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ada berbagai cara mengatasi saluran air mampet dengan mudah dan cepat jika Anda mengetahui informasi lengkapnya. Masalah ini memang bisa muncul tanpa disadari. Apalagi saluran air di rumah terhitung cukup banyak. Dari saluran air di kamar mandi hingga tempat cuci piring.

Penyebab dari masalah ini bisa karena terlalu banyak sisa makanan yang masuk ke dalam saluran cuci piring, rambut rontok & sisa sabun mandi di dalam saluran kamar mandi, dan lainnya. Simak penjelasan Klopmart di bawah ini, untuk mengetahui cara mengatasinya.

13 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet

Ada 13 cara untuk mengatasi masalah saluran air mampet. Cara-cara yang diberikan di bawah ini bisa dilakukan dengan berbagai bahan rumah tangga. Ya, Anda bisa dengan mudah menemukan bahan untuk mengatasi masalah ini di rumah. Apa saja caranya? 

1. Menggunakan Baking Soda dan Cuka


Cara pertama adalah menggunakan soda kue dan cuka. Reaksi kimia yang dihasilkan anara kedua komponen tersebut bisa menjadi solusi yang efektif dalam melunturkan residu pada saluran air yang tersumbat. Baking soda mampu mengurai lemak dan kotoran karena memiliki kandungan alkali. Cuka sendiri berfungsi sebagai pengembang baking soda dan membantu meluruhkan minyak. Itulah mengapa kedua bahan ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah saluran air mampet.

Campurkan baking soda dan cuka dengan perbandingan 1:1. Campurkan secara merata, lalu tuangkan ke salurkan air. Diamkan selama sekitar 5 menit agar larutan ini bisa bekerja. Jika sudah 5 menit, siram saluran dengan air hingga terasa bersih.

Baca juga: Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat

2. Menggunakan Garam dan Baking Soda

cara mengatasi saluran air mampet dengan garam

Tidak hanya bisa dicampur dengan cuka, baking soda juga bisa dilarutkan dengan garam untuk membantu meluruhkan lemak di saluran air.

Perbandingan pencampuran kedua bahan ini tetap sama, yakni 1:1. Tuangkan campuran keduanya ke saluran air, lalu diamkan selama 5 menit. Jika sudah, bilas saluran dengan air hingga bersih. Mudah, bukan?

3. Menggunakan Air Panas dan Garam


Cara mengatasi saluran pembuangan air kamar mandi yang mampet bisa dengan menggunakan garam dan air panas.

Garam memiliki sifat membantu meluruhkan lemak di saluran air. Jika dilarutkan dengan air panas, efeknya akan semakin besar.

Anda bisa menyiapkan 1 liter air panas dan garam. Taburkan 1 sendok garam ke dalam saluran air yang tersumbat. Kemudian siram saluran air dengan air panas. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu siram dengan air suhu normal. Anda bisa melakukan cara ini berkali-kali hingga saluran tidak lagi mampet.

Baca juga: Kran Air Macet dan Cara Perbaikinya

4. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Mendidih

Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Mendidih

Sabun cuci piring memiliki sifat menghilangkan lemak dan minyak di permukaan alat-alat dapur. Cara penggunaan kegunaan bahan ini sangatlah mudah. Siapkan 1 liter air mendidih dan sabun cuci piring yang biasa digunakan di rumah. Kemudian tuangkan sabun cuci piring ke saluran air yang mampet, lalu dilanjutkan dengan air menididh.

Sama seperti cara penggunaan air panas dan garam, lakukan beberapa kali agar mendapatkan hasil maksimal. 

5. Menggunakan Air Lemon


Air lemon memiliki wangi yang nyaman untuk dihirup jika dibandingkan dengan cuka. Sama-sama memiliki sifat menghilangkan lemak yang menempel pada saluran air, siapkan 200 ml air lemon. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam saluran air yang mampet, lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Terus lakukan cara ini hingga air lemon habis. Semoga masalah saluran air mampet bisa terselesaikan dengan cara ini.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Wastafel Mampet dengan Mudah dan Alami

6. Soda Api

Cara selanjutnya Anda bisa menggunakan soda api untuk melancarkan saluran air yang mampet. Soda api memiliki sifat korosif yang dapat membersihkan saluran air yang mampet akibat bahan organik, seperti sampah atau kotoran yang menumpuk.

Untuk mengatasi saluran air mampet dengan soda api, cukup siapkan ember dan gelas yang cukup besar dan sendok kayu. Campurkan soda api dengan air dingin. Aduk campuran soda api dengan sendok kayu.

Sebisa mungkin, hindari kontak lansung dengan campuran soda api. Tunggu campuran soda api mengeluarkan desis dan panas. Tuangkan larutan ke saluran pembuangan air yang mampet dan diamkan selama 30 menit.

Setelah 30 menit, siapkan kurang lebih 4 liter air panas dan siram saluran pembuangan untuk membersihkan saluran secara menyeluruh. Jika Anda mendapati saluran air mampet masih ada, silahkan coba cara ini berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Pembersih dengan Bahan Kimia


Cara mengatasi saluran air mampet yang Anda dapat lakukan dengan menggunakan pembersih yang mengandung bahan kimia. Hanya dengan menuangkan pembersih ke saluran air kemudian tunggu beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air disertai menyikatnya dengan sikat khusus dengan secara perlahan.

Baca juga: Cara Membuat Saringan Air Kran dengan Mudah

8. Menggunakan dengan Alat Penyedot Kloset


Cara lain yang Anda lakukan dengan menggunakan alat penyedot kloset. Alat ini digunakan untuk menyedot kotoran yang menyumbat di saluran air. Pastikan Anda memiliki alat penyedot yang kuat dan berkualitas baik.

Cara menggunakan alat ini dengan Anda menempelkan mulut dari alat ini ke lubang saluran air. Kemudian, tekan alat ini berkali-kali sehingga Anda dapat melihat kotoran yang menyumbat saluran.

9. Pemutih Baju

Cara selanjutnya untuk mengatasi saluran air mampet baik dengan menggunakan pemutih baju. Pemutih baju dapat digunakan sebagai disinfektan untuk saluran air yang dapat mencegah jamur yang menyebabkan penyumbatan saluran air.

Penanganannya dengan cara menuangkan 1/2 gelas cairan pemutih ke dalam saluran. Lalu, tunggu 5 menit. Kemudian, bilas dengan air sehingga tidak tercium lagi pemutihnya. Pemutih baju bisa menjadi cara untuk mengatasi saluran pembuangan air kamar mandi mampet. 

10. Menggunakan Gantungan Baju Terbuat dari Kawat

Cara berikut yang Anda dapat lakukan adalah dengan menggunakan gantungan baju. Pertama-tama Anda dapat meluruskan bentuk dari gantungan baju tersebut. Lalu, Anda melapisi salah satu ujung gantungan yang akan dimasukkan ke air dengan selotip agar tidak merusak saluran air.

Setelah itu Anda masukkan gantungan ke saluran air dan lakukan gerakan mendorong agar kotoran yang ada didalam keluar ke permukaan. Sebaiknya Anda menggunakan cara ini ke saluran air yang bersih.

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Kawat Beserta Fungsinya

11. Menggunakan Gulungan Plastik dan Tali 


Untuk menggunakan gulungan plastik dan tali, langkah pertama, alirkan air dan biarkan beberapa menit untuk melonggarkan sumbatan pada pipa wastafel.

Berikutnya, siapkan plastik sesuai ukuran lubang pipa, ikat dengan tali, dan masukkan ke dalam pipa hingga mencapai ujung paralon.

Terakhir, tarik tali perlahan namun kuat. Kotoran yang menyumbat akan terbawa keluar, membersihkan pipa. Metode ini cocok untuk pipa lurus.

12. Menggunakan Minuman Bersoda

Untuk mengatasi saluran air yang tersumbat, Anda juga dapat menggunakan minuman bersoda sebagai solusinya. Caranya adalah dengan menuangkan sekitar dua liter minuman bersoda ke dalam saluran pipa yang tersumbat.

Berikutnya, biarkan minuman bersoda meresap dan bekerja selama sekitar dua jam. Setelah udah meresap, bilas saluran pipa dengan mengalirkan air untuk membersihkan sisa-sisa soda yang tersisa.

13. Menggunakan Kabel Auger

Kabel auger digunakan untuk membersihkan pipa tersumbat dan berguna dalam kasus paralon yang sering tersumbat. Caranya, masukkan kabel auger ke dalam pipa, putar dan tarik. Dengan begitu, kotoran akan terangkat bersama kabel auger. Ulangi langkah ini sampai hingga kotoran hilang.

Kesimpulan

Itulah dia cara mengatasi saluran air mampet yang dapat Anda coba. Saluran air mampet tentunya dapat menganggu aktivitas di rumah secara keseluruhan. Untungnya, ada banyak cara mengatasi saluran air mampet dengan menggunakan bahan yang mudah didapat seperti yang telah dijelaskan di atas.

Berbicara mengenai saluran air, jangan sampai Anda menggunakan pipa dengan kualitas buruk. Sebaiknya gunakan pipa dengan standar kualitas yang jelas, tahan terhadap bahan kimia ekstrem, kuat, dan tahan lama. Klopmart memberikan rekomendasi Pipa PVC Rucika JIS Type VP denganpilihan berbagai ukuran. Dengan informasi cara mengatasi saluran air mampet, cek agen pipa PVC Rucika terlengkap di Klopmart sekarang juga. 

Sumber rujukan:

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/9-cara-mengatasi-saluran-air-mampet-di-rumah-dengan-mudah-29083

  • https://www.hunker.com/13420627/can-you-put-bleach-in-a-stainless-steel-

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya