Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Cepat

Ada berbagai cara mengatasi saluran air mampet dengan mudah dan cepat jika Anda mengetahui informasi lengkapnya. Masalah ini memang bisa muncul tanpa disadari. Apalagi saluran air di rumah terhitung cukup banyak. Dari saluran air di kamar mandi hingga tempat cuci piring.

Penyebab dari masalah ini bisa karena terlalu banyak sisa makanan yang masuk ke dalam saluran cuci piring, rambut rontok & sisa sabun mandi di dalam saluran kamar mandi, dan lainnya. Untuk mengetahui cara mengatasi masalah ini, simak penjelasan Klopmart di bawah ini.

6 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet

Ada 6 cara untuk mengatasi masalah saluran air mampet. Cara-cara yang diberikan di bawah ini bisa dilakukan dengan berbagai bahan rumah tangga. Ya, Anda bisa dengan mudah menemukan bahan untuk mengatasi masalah ini di rumah. Apa saja caranya?

1. Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Cara pertama adalah menggunakan baking soda dan cuka. Baking soda mampu mengurai lemak dan kotoran karena memiliki kandungan alkali. Cuka sendiri berfungsi sebagai pengembang baking soda dan membantu meluruhkan minyak. Itulah mengapa kedua bahan ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah saluran air mampet.

Campurkan baking soda dan cuka dengan perbandingan 1:1. Campurkan secara merata, lalu tuangkan ke salurkan air. Diamkan selama sekitar 5 menit agar larutan ini bisa bekerja. Jika sudah 5 menit, siram saluran dengan air hingga terasa bersih.

Baca juga:cara mengatasi pipa air tersumbat

2. Menggunakan Garam dan Baking Soda

Tidak hanya bisa dicampur dengan cuka, baking soda juga bisa dilarutkan dengan garam untuk membantu meluruhkan lemak di saluran air. Perbandingan pencampuran kedua bahan ini tetap sama, yakni 1:1. Tuangkan campuran keduanya ke saluran air, lalu diamkan selama 5 menit. Jika sudah, bilas saluran dengan air hingga bersih. Mudah, bukan?

3. Menggunakan Air Panas dan Garam

Garam memiliki sifat membantu meluruhkan lemak di saluran air. Jika dilarutkan dengan air panas, efeknya akan semakin besar.

Anda bisa menyiapkan 1 liter air panas dan garam. Taburkan 1 sendok garam ke dalam saluran air yang tersumbat. Kemudian siram saluran air dengan air panas. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu siram dengan air suhu normal. Anda bisa melakukan cara ini berkali-kali hingga saluran tidak lagi mampet.

Baca juga:Kran Air Macet dan Cara Perbaikinya

4. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Sabun cuci piring memiliki sifat menghilangkan lemak dan minyak di permukaan alat-alat dapur. Cara penggunaan kegunaan bahan ini sangatlah mudah. Siapkan 1 liter air panas dan sabun cuci piring yang biasa digunakan di rumah. Kemudian tuangkan sabun cuci piring ke saluran air yang mampet, lalu dilanjutkan dengan air panas. Sama seperti cara penggunaan air panas dan garam, lakukan beberapa kali agar mendapatkan hasil maksimal.

5. Menggunakan Air Lemon

Air lemon memiliki wangi yang nyaman untuk dihirup jika dibandingkan dengan cuka. Sama-sama memiliki sifat menghilangkan lemak yang menempel pada saluran air, siapkan 200 ml air lemon. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam saluran air yang mampet, lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Terus lakukan cara ini hingga air lemon habis. Semoga masalah saluran air mampet bisa terselesaikan dengan cara ini.

6. Soda Api

Terakhir, Anda bisa menggunakan soda api untuk melancarkan saluran air yang mampet. Soda api memiliki sifat korosif yang dapat membersihkan saluran air yang mampet akibat bahan organik, seperti sampah atau kotoran yang menumpuk.

Untuk mengatasi saluran air mampet dengan soda api, cukup siapkan ember dan gelas yang cukup besar dan sendok kayu. Campurkan soda api dengan air dingin. Aduk campuran soda api dengan sendok kayu. Sebisa mungkin, hindari kontak lansung dengan campuran soda api. Tunggu campuran soda api mengeluarkan desis dan panas. Tuangkan larutan ke saluran pembuangan air yang mampet dan diamkan selama 30 menit.

Setelah 30 menit, siapkan kurang lebih 4 liter air panas dan siram saluran pembuangan untuk membersihkan saluran secara menyeluruh. Jika Anda mendapati saluran air mampet masih ada, silahkan coba cara ini berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah dia cara mengatasi saluran air mampet yang dapat Anda coba. Saluran air mampet tentunya dapat menganggu aktivitas di rumah secara keseluruhan. Untungnya, ada banyak cara mengatasi saluran air mampet dengan menggunakan bahan yang mudah didapat seperti yang telah dijelaskan di atas.

Berbicara mengenai saluran air, jangan sampai Anda menggunakan pipa dengan kualitas buruk. Sebaiknya gunakan pipa dengan standar kualitas yang jelas, tahan terhadap bahan kimia ekstrem, kuat, dan tahan lama. Klopmart memberikan rekomendasi Pipa PVC Rucika JIS Type VP denganpilihan berbagai ukuran. Dengan informasi cara mengatasi saluran air mampet, cek agen pipa PVC Rucika terlengkap di Klopmart sekarang juga. 

Baca juga: cara membuat saringan air kran


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
09 Apr 2021

Related Article