Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang efektif

Kesibukan karena aktivitas pekerjaan sehari-hari membuat Anda tidak punya banyak waktu untuk membersihkan kamar mandi. Padahal, kamar mandi dalam keadaan kotor justru memicu pertumbuhan kuman dan bakteri. Bingung harus memulai dari mana? Anda dapat mengikuti panduan cara ampuh membersihkan keramik kamar mandi berikut ini.
 

Langkah Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak dan Kotor

Namun, sebelum memulainya, pastikan Anda menggunakan pakaian yang nyaman agar tidak gerah selama bersih-bersih kamar mandi. Jangan lupa, pakai sarung tangan karet dan masker untuk melindungi diri. Yuk, mulai sekarang juga!
 

1. Siapkan Bahan atau Produk Pembersih

Langkah pertama dalam membersihkan kamar mandi adalah dengan mempersiapkan beberapa bahan. Anda dapat menggunakan produk pembersih yang memang ditujukan untuk membersihkan keramik kamar mandi atau Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan rumahan.

Bahan-bahan rumahan yang dimaksud pun juga dapat Anda dapatkan dengan mudah. Misalnya, Anda bisa menggunakan cuka putih atau baking soda yang memang dikenal sebagai bahan rumahan yang dapat merawat rumah, seperti menghilangkan karat pada besi hingga mengatasi toilet mampet.

Lalu, jika Anda memiliki asam sitrat di rumah, Anda juga dapat menggunakannya untuk membersihkan lantai dan dinding keramik yang berkerak dengan mudah. Selain asam sitrat, Anda juga bisa menggunakan bubuk kaporit yang juga telah terbukti handal sebagai pembersih keramik kamar mandi dan menghilangkan kerak.

Terakhir, Anda juga membutuhkan peralatan dan bahan lainnya. Misalnya, Anda juga membutuhkan sikat atau sarung tangan agar Anda lebih nyaman saat membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak. Lalu, Anda juga bisa menggunakan air panas untuk membantu proses pembersihan.

Membersihkan kamar mandi dengan air panas akan membuat proses pengerjaan akan lebih cepat karena air panas akan bekerja efektif dengan bahan-bahan pembersih yang disebutkan di atas. Jika Anda menggunakan air panas, pastikan sarung tangan yang Anda gunakan bisa menahan panas untuk berjaga-jaga.
 

2. Keluarkan Semua Perlengkapan Mandi yang Ada

Setelah mendapatkan bahan dan alat yang Anda perlukan, Anda bisa mengeluarkan semua perlengkapan mandi yang ada di dalamnya. Mulai dari handuk, bathrobe, sikat dan pasta gigi hingga botol-botol kemasan shampo maupun sabun mandi. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa dalam menerapkan cara membersihkan keramik kamar mandi yang akan dibahas di poin berikutnya.
 

3. Mulai Dari Bagian Keramik Dinding

Selanjutnya, Anda bisa membersihkan bagian keramik dinding kamar mandi. Semprotkan sabun pembersih khusus dinding kamar mandi. Diamkan hingga beberapa saat, lalu gosok dengan sikat hingga permukaan keramik dinding bersih. Untuk bagian sela-sela keramik Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas agar bagian tersebut bisa terjangkau. Jika sudah, segera bilas keramik dinding dengan menggunakan air bersih.
 

4. Bersihkan Kloset Kamar Mandi

Di samping mempelajari cara membersihkan keramik kamar mandi, bagian closet juga wajib untuk dibersihkan. Pasalnya, closet sering kali menjadi sumber utama munculnya bau tidak sedap di dalam kamar mandi. Untuk membersihkan kloset kamar mandi, Anda bisa menuangkan cairan pembersih atau karbol dari bagian terluar closet hingga ke dalamnya. Diamkan beberapa saat, lanjutkan dengan menggosok closet tersebut hingga bersih. Bilas kloset kamar mandi dengan air panas agar tidak ada sisa cairan pembersih atau karbol yang menempel pada kloset.
 

5. Bersihkan Shower Dan Bak Mandi

Higienitas shower dan bak mandi perlu mendapat perhatian khusus. Terlebih dua benda ini berperan penting untuk mengalirkan dan menampung air di dalam kamar mandi. Tidak jauh berbeda dari cara membersihkan keramik kamar mandi, Anda bisa menggunakan cairan pembersih untuk membasmi kerak dan lumut yang ada pada shower dan bak mandi. Gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat celah sempit pada shower dan bak mandi. Bilas dengan air bersih dan lap hingga kering menggunakan kain microfiber untuk gagang shower agar tidak mudah berkarat.
 

6. Gosok Lantai Kamar Mandi Dengan Sikat

Cara membersihkan keramik kamar mandi pada bagian lantai biasanya diletakkan paling akhir. Apabila terdapat noda kerak yang membandel, Anda bisa menyiramkan cuka pada area tersebut. Diamkan selama 5 menit lalu gosok dengan sikat hingga bersih. Bilas dengan air hangat agar lantai keramik kamar mandi kembali bersih dan bebas kuman bakteri penyebab penyakit. Cara membersihkan keramik kamar mandi yang tepat juga dapat mencegah munculnya lumut dan jamur di bagian permukaannya.

Jangan lupa, bersihkan juga area wastafel jika ada di dalam kamar mandi Anda. Gunakan spons untuk mengelap area wastafel agar bebas lumut. Pastikan Anda juga mengelap kaca yang ada di dalam kamar mandi, termasuk jendela, kaca dinding, hingga sekat pemisah area shower dan toilet.

Itulah dia cara ampuh membersihkan keramik kamar mandi yang dapat Anda coba. Anda dapat membersihkan kamar mandi dengan menggunakan produk pembersih atau dengan bahan rumahan. Misalnya, Anda bisa menggunakan cuka putih, baking soda (soda kue), asam sitrat, dan bubuk kaporit. Pastikan Anda memiliki alat seperti sikat dan bahan lainnya seperti air panas agar Anda bisa membersihkan dinding dan lantai kamar mandi dengan sempurna.

Jika Anda membutuhkan peralatan kamar mandi, Klopmart adalah tempat yang tepat. Anda dapat menemukan berbagai produk sanitasi terbaik, mulai dari kloset hingga wastafel. Kunjungi Klopmart sekarang juga!

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi dengan Efektif


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Okt 2019

Related Article