Atap & Lantai

Cara Menghilangkan Noda di Marmer dengan Mudah dan Aman

Media
03 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara menghilangkan noda di marmer akan menjadi informasi yang sangat berguna terlebih jika Anda menggunakan jenis batuan yang indah ini pada bangunan. Batu marmer adalah batu alam yang cukup banyak digunakan sebagai material penutup lantai rumah selain granit. Batu marmer atau cukup disebut marmer, sudah dikenal dalam peradaban manusia. Bangunan-bangunan bersejarah dari peradaban masa lampau banyak yang menggunakan material marmer ini sebagai bahan bangunannya.

Manfaat marmer digunakan untuk istana-istana, kuil dan tempat pemujaan, gedung-gedung pemerintahan dan juga rumah-rumah mewah. Orang Mesir, Yunani dan Romawi kuno sudah melihat dan mengekspos keelokan tekstur dan motif marmer ini dalam seni arsitekturnya. Marmer terus muncul dan digunakan hingga zaman Renaissance bahkan hingga zaman modern, zaman kita berada saat ini.

Di Indonesia, banyak tipe marmer. Batu marmer dari Lampung cukup digemari karena harganya yang cukup terjangkau.

Marmer berasal dari proses pengerasan dari batu kapur akibat tekanan dan panas di dalam kerak bumi. Namun rupanya keindahan marmer ini juga memiliki kelemahan. Cairan berwarna seperti tinta dan kopi yang tertumpah di atasnya akan cepat menyerap ke dalam pori-porinya.
 

Cara menghilangkan noda di marmer

Noda ini dapat dihilangkan jika langsung dibersihkan dengan lap dari kain lembut. Jika terlambat membersihkannya, noda ini akan lebih sulit dibersihkan hingga tuntas. Kita memerlukan bantuan dari bahan-bahan ini:
 

1. Soda Kue

Campurkan soda kue dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Pasta yang bersifat alkali ini kemudian dioleskan ke permukaan marmer yang bernoda tadi. Tutupi dengan plastic dan pasangkan isolasi supaya tidak terbang terbawa aliran udara. Setelah didiamkan beberapa saat, lepaskan plastic penutup dan bersihkan dengan lap kering. Ulangi jika masih ada noda yang tersisa.
 

2. Amoniak

Amoniak juga bersifat alkali sehingga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan batu marmer. Satu sendaok makan amoniak dicampurkan dengan satu gelas air. Sapukan larutan ini dengan kuas atau dengan kain lembut. Gosok perlahan-lahan hingga nodanya menghilang. Kemudian lap hingga kering dengan kain lembut yang kering.
 

3. Hidrogen Peroksida

Senyawa ini juga ampuh untuk membersihkan noda dari permukaan batu marmer. Usapkan cairan hydrogen peroksida dengan lap dari kain yang lembut pada noda yang ada. Lalu tutup dengan plastic dan diamkan beberapa saat. Kemudian lepaskan plastic penutup tadi dan bersihkan dengan lap berbahan kain lembut yang sedikit dibasahi air hingga lembab.
 

4. Deterjen Cair

Pilihlah deterjen cair yang bersifat alkali dan tidak mengandung pemutih! Tambahkan seperempat sendok the deterjen cair ini ke dalam satu cangkir air. Aduk hingga larut sempurna. Kemudian usapkan larutan ini dengan lap berbahan kain lembut ke permukaan marmer yang terkena noda. Gosok perlahan-lahan hingga noda menghilang. Kemudian lap dengan kain lembut yang kering hingga bersih.

Perlu diperhatikan bahwa batu marmer adalah batu alam yang tidak dapat dibersihkan dengan bahan-bahan yang bersifat asam. Asam akan merusakkan permukaan marmer yang sudah halus. Selain itu selalu gunakan lap berbahan kain yang lembut untuk membersihkan marmer supaya marmer Anda dapat terjaga kecantikannya. Jika kesulitan untuk mencari bahan-bahan diatas, Klopmart menyediakan harga paint remover yang untuk membantu Anda dalam menghilangkan noda pada marmer.

Baca juga: 5 Tips Merawat Batu Alam Dinding Teras Depan Rumah Anda

(sumber: majalah asri)

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya