Biar Tidak Boros, Bagaimana Cara Menghemat Listrik yang Mudah?

Setiap hari bahkan setiap saat kita selalu membutuhkan listrik untuk berbagai macam kebutuhan. Baik itu untuk kebutuhan industri maupun kebutuhan untuk rumah tangga. Namum, pernahkah tagihan listrik di rumah Anda membengkak setiap bulannya? Jika iya, berarti ada beberapa hal yang harus diubah dan diperhatikan. Lantas, bagaimana cara menghemat listrik di rumah dengan mudah? Simak terlebih dahulu ulasannya di bawah ini.

Cara Menghemat Listrik di Hunian Dengan Mudah

Cabut Kabel dan Alat Elektronik dari Saklar Bila Tak Digunakan

Salah satu cara menghemat listrik di rumah yang cukup sering diabaikan adalah mencabut semua kabel alat elektronik dan saklar ketika tidak digunakan. Dengan melakukan hal simpel seperti ini, Anda akan dapat dengan cepat menghemat penggunaan listrik di rumah Anda.

Mengapa demikian? Karena, walaupun sedang tidak digunakan, steker atau saklar tetap akan menyedot daya listrik. Beberapa alat elektronik yang sering dibiarkan tersambung adalah TV, laptop, kulkas, dan mesin cuci.

Walaupun peralatan elektronik di atas tidak terlalu banyak memakan daya hanya dibiarkan mencolok, tetapi jika terus menerus dibiarkan, tagihan listrik di rumah Anda dapat membengkak dengan cepat. Selain dapat menghemat penggunaan listrik, mencabut kabel atau mematikan saklar ketika tidak digunakan juga dapat membantu Anda terhindar dari kejadian korsleting listrik yang berbahaya.

Baca Juga: Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Penanganannya

Menggunakan Listrik Bersistem Pulsa

Menggukan sistem pulsa bisa jadi salah satu cara menghemat listrik di rumah Anda. Apa yang dimaksud dengan sistem pulsa? Sama seperti pulsa pada handphone, listrik di rumah Anda akan mati dan terputus ketika pulsa listrik Anda mati. Jadi, Anda dapat menghemat listrik dengan membeli sejumlah pulsa listrik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tapi, bagaimana jika pemakaian listrik di rumah Anda lebih besar dari jumlah pulsa yang Anda beli? Solusinya, Anda tinggal membeli pulsa listrik sesuai kebutuhan Anda lagi. Harga pulsa listrik pun beragam tergantung pada daya yang dibutuhkan.

Dengan mengetahui kebutuhan listrik Anda selama sebulan, Anda dapat menghemat listrik dengan lebih baik. Selain itu, dana lebih yang sebelumnya digunakan untuk membayar tagihan listrik bulanan bisa Anda alokasikan untuk kebutuhan Anda yang lain.

Gunakan Lampu Hemat Energi

Lampu memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita terlebih pada kondisi gelap atau pada malam hari. Ketika menggunakan waktu, sebaiknya Anda perhatikan waktu yang tepat. Bila perlu, usahakan untuk mematikan setidaknya dua lampu pada jam 17:00 hingga 20:00. Dengan menyalakan lampu pada jam-jam terentu saja, Anda akan dapat mengemat pengunaan listrik di rumah Anda lebih jauh.

Kemudian, Anda juga dapat menggunakan lampu berteknologi LED yang memiliki kelebihan lebih hemat listrik. Meski hemat listrik, lampu LED ini tingkat cahaya cukup tinggi sama halnya dengan lampu biasanya. Namun, harganya lebih sedikit mahal daripada lampu biasa. Harga tersebut sebenarnya sepadan, karena selain hemat listrik, lampu ini juga tahan lama dari segi pemakaiannya.

Baca Juga: Apa Untungnya Pakai Lampu LED?

Menggunakan AC Seperlunya Saja

Apakah rumah atau kantor Anda menggunakan AC setiap hari? Kini saatnya Anda untuk lebih bijak menggunakannya. Sebab, AC ini memiliki daya kerja lebih besar bila dibandingkan alat elektronik lain. Menyiasatinya Anda bisa menggunakan AC yang hemat energi. Kemudian, matikanlah AC pada saat tidak digunakan.

Hal yang tak kalah penting lagi adalah menyesuaikan suhu AC. Idealnya untuk suhu 20 derajat celcius dapat digunakan pada ruangan dengan kapasitas lima orang. Ingat, semakin rendah suhu AC yang digunakan semakin besar pula menyerap listriknya.

Baca Juga: Tips Mengurangi Penggunaan AC

Buat Ventilasi Udara Yang Baik

Sebagai alternatif penggunaan AC atau kipas angin, Anda dapat mengoptimalkan ventilasi udara di dalam hunian Anda. Cobalah untuk meletakkan jendela di ruangan-ruangan rumah Anda dan membukannya di saat pagi hari.

Selain membawa udara segar, Anda juga dapat membiarkan sinar matahari masuk ke rumah Anda. Dengan menggunakan ventilasi udara, Anda tidak hanya dapat menghemat listrik tapi juga meningkatkan dan memperbaiki kesehatan orang-orang di dalam rumah Anda.

Baca Juga: Rumah Sejuk Dengan Ventilasi Silang

Pilih Perangkat Elektronik Hemat Energi

Ketika memilih peralatan elektronik untuk rumah, ada baiknya Anda memperhatikan kebutuhan Anda dan daya yang digunakan peralatan elektronik tersebut. Misalnya, jika Anda sedang hidup sendirian Anda tentu tidak membuthukan mesin cuci dengan kapasitas yang terlalu besar. Lalu, Anda juga mungkin tidak membutuhkan kulkas dua pintu yang memakan daya 500 watt.

Selain kebutuhan Anda, ada baiknya juga Anda memperhatikan daya yang digunakan oleh peralatan elektronik tersebut. Dengan mengetahui daya yang digunakan oleh perangkat di rumah, Anda dapat menghitung kemungkinan besaran tagihan listrik Anda. Dengan begitu, Anda dapat menghemat listrik dengan membeli peralatan dengan daya yang lebih kecil jika diharuskan.

Cobalah Energi Alternatif

Terakhir mengenai langkah bagaimana cara menghemat listrik adalah dengan menggunakan energi alternatif. Bila selama ini Anda menggunakan energi listrik dari negara masih menggunakan energi fosil. Energi tersebut lambat laun akan menipis dan inilah yang dapat memicu mahalnya tarif listrik konvensional.

Oleh karena itulah, tak ada salahnya bila menggunakan energi alternatif. Misalnya saja menggunakan energi panel surya. Panel ini tidak memerlukan bahan bakar fosil melainkan menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik dalam jumlah tertentu. Hebatnya lagi, panel surya ini kapasitasnya dapat disesuaikan dengan modul yang ada sesuai kebutuhan. Dengan demikian pemakaian listrik lebih terkontrol dengan baik.

Itulah dia beberapa cara menghemat listrik di rumah yang dapat Anda terapkan. Pada dasarnya, Anda harus lebih peka pada penggunaan perangkat elektronik di rumah Anda untuk dapat menghemat listrik. Cabut kabel dan matikan saklar peralatan elektronik yang sedang tidak Anda gunakan. Belilah perangkat elektronik sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Terakhir, Anda dapat menghemat konsumsi listrik Anda dengan perlahan beralih ke energi alternatif.

Kini, sudah saatnya Anda melakukannya setelah mengetahui bagaimana cara menghemat listrik di atas. Tak cukup sampai di situ saja, peralatan listrik yang digunakan pun haruslah memiliki kualitas terbaik. Maka, untuk mendapatkan peralatan listrik terbaik itu salah satunya adalah dapat dibeli secara online di Klopmart. Selamat mencoba!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya