Konstruksi

Cara Membuat Meja Dapur dengan Cor yang Kuat dan Tahan Lama

Media
06 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Meja dapur dari beton cor menjadi pilihan alternatif yang cukup baik dalam memenuhi kriteria di atas. Tahan air dan ekonomis. Mungkin kita baru menyadari bahwa tidak semua desain interior rumah yang berasal dari dunia barat dapat dipergunakan bagi kita yang hidup di Indonesia. Dunia barat biasanya mendesain meja dapur dengan bahan baku kayu. Sementara meja dapur dari kayu di Indonesia biasanya berakhir dengan kerusakan yang diakibatkan oleh lapuknya kayu.


 

Penyebab Kelapukan Meja Dapur

Ada dua hal utama yang menyebabkan kelapukan meja dapur:

1. Iklim

Iklim dunia barat yang sub-tropis pastinya berbeda dengan iklim Indonesia yang tropis. Iklim Indonesia yang lembab dan basah akan menyebabkan meja dapur yang hanya dibuat dari kayu plywood lebih cepat hancur. Dinding bawah meja dapur kita, khususnya pada area bak cuci piring cenderung lembab, lapuk, membusuk dan bahkan berlumut ataupun berjamur. Akibatnya muncul bau yang tidak sedap dari area tersebut.
 

2. Kebiasaan Buruk

Budaya kita bekerja di dapur: memasak & mencuci piring itu berbeda dengan mereka yang ada di dunia barat. Cara memasak kita berbeda karena makanan kita berbeda pula dengan dunia barat. Karena cara memasaknya berbeda, cara mencuci piringnya pun berbeda. Dapur kita cenderung lebih basah saat kita memasak dan mencuci piring.

Oleh karena itu untuk meja dapur, terlebih pada area mencuci piring, perlu menggunakan material yang tahan air dan kelembaban. Bukan hanya tahan air dan kelembaban saja, biayanya pun harus ekonomis sehingga terjangkau oleh masyarakat luas.

Baca juga: Jenis Jenis Beton dan Kegunaannya dalam Kontruksi
 

Cara Membuat Meja dengan Dapur cor

Untuk membuat meja dapur dari beton cor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
 

1. Hitung ketinggian meja dapur

Karena terbuat dari beton, sangatlah sulit untuk memperbaiki ketinggian meja. Pada umumnya, ketinggian meja dapur yang nyaman untuk bekerja itu sekitar 80 cm. Berhubung ketinggian setiap orang berbeda-beda, perlu dibicarakan dengan anggota keluarga (khususnya anggota keluarga yang banyak bekerja di dapur) ketinggian yang sesuai.
 

2. Perhatikan lokasi yang sesuai

Sebaiknya kompor jangan diletakkan di sebelah jendela. Hal ini dapat membahayakan jika api terbawa angin yang masuk karena dikhawatirkan akan terjadi kebakaran dirumah. Hal ini juga dapat menambah konsumsi energi gas LPG, karena api kompor tidak stabil terkena aliran udara saat digunakan memasak makanan. Makanan juga memerlukan waktu lebih panjang untuk matang.
 

3. Sesuaikan dengan jenis kompor

Jenis kompor yang akan digunakan juga cukup penting dalam perencanaan meja dapur dari beton cor ini. Hal ini karena desain meja dapur harus diintegrasikan dengan jenis kompor. Kompor gas biasa, perlu dibuatkan meja khusus yang lebih rendah 10 cm dari permukaan utama meja dapur. Jenis kompor gas stand-alone yang dilengkapi oven perlu disiapkan tempat khusus di dapur tanpa meja khusus.
 

4. Pilih Besi Cor

Pilihlah besi cor yang memiliki diameter 8 mm dan disusun lebih rapat. Hal ini perlu untuk menambah kekuatan meja dapur. Ingat, saat memasak, beban meja dapur cukup besar.
 

5. Perhatikan saluran air

Saluran air bersih perlu direncanakan lebih dulu sebelum meja dapur dibuat. Saluran air bersih dari tangki air atau tandon ataupun dari jaringan instalasi pipa harus dapat mencapai meja dapur dengan mudah.
 

6. Siapkan saluran air bekas cucian

Saluran air kotor bekas cucian piring (drainase) juga sangat perlu direncanakan lebih dulu sebelum meja dapur dibuat. Saluran drainase juga perlu dipikirkan dan direncanakan sehingga air bekas cucian dapat dialirkan dengan cepat tanpa hambatan.
 

7. Finishing meja dapur

Meja dapur supaya lebih awet dan tahan air serta kelembaban juga perlu dilapisi sebagai finishingnya. Sebaiknya meja dapur dilapisi keramik. Pilihlah motif keramik yang sesuai dengan rumah Anda. Selain keramik, dapat juga digunakan marmer ataupun granit dengan biaya yang lebih besar tentunya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Beton Pracetak

Jika Anda membutuhkan berbagai macam alat dan perkakas bangunan seperti palu,obeng, hingga dempur, kunjungi Klopmart sekarang juga!


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya