Konstruksi

Inspirasi Furniture Rumah Minimalis

Media
15 Jul 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Saat ini hunian, khususnya di kota-kota besar, memiliki ukuran yang minimalis. Hal ini disebabkan karena jumlah lahan yang terbatas dan harga properti yang meroket dengan tidak sebanding dengan kenaikan penghasilan masyarakat. 

Selain itu, hunian berukuran besar sudah tidak dirasa praktis lagi karena akan menambah kerepotan untuk merawatnya, mengingat tingkat gaji Asisten Rumah Tangga juga sudah tidak bisa dibilang murah lagi. Munculah rumah-rumah minimalis dan juga apartemen yang berukuran minimalis juga untuk mengakomodir kebutuhan tersebut.

Tetapi untuk sebuah hunian minimalis yang terjangkau dan praktis, muncul masalah baru. Kerepotan mengatur tata letak furniture rumah yang sesuai dengan luas area yang tersedia. Kita harus sadar bahwa mengatur tata letak furniture rumah itu tidak mudah, perlu keahlian khusus yang perlu dipelajari. 

Semuanya harus diperhitungkan khususnya ukuran dan kepraktisan furniturnya. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menggunakan furnitur rumah yang dapat dilipat sehingga tidak memakan tempat yang dapat mengurangi area living space penghuni rumah minimalis tersebut. Cara lainnya adalah dengan menggunakan furnitur rumah yang memiliki multi-fungsi.
 

Ide Furniture Minimalis Untuk Rumah Anda

Furniture rumah minimalis yang harus dimiliki agar suasana rumah terasa nyaman dan tetap fungsional untuk memenuhi kebutuhan kegiatan sehari-hari diantaranya adalah:
 

1. Sofa Multi Fungsi

Sofa ini memiliki beberapa fungsi. Yang satu dapat menjadi beberapa jenis tempat duduk plus meja. Furniture minimalis ini sangat praktis jika tiba-tiba kedatangan tamu atau rekan dalam jumlah banyak dan juga dapat dijadikan sebagai penyangga kaki untuk bersantai.
 

2. Kabinet Multifungsi

Barang satu ini merupakan ciri utama dari furniture minimalis: satu barang yang bisa digunakan untuk banyak hal.

Sesuai dengan namanya, Anda bisa menggunakan kabinet ini di berbagai tempat sesuai dengan kebutuhan di rumah Anda. Anda bisa menggunakan kabinet multifungsi ini sebagai partisi ruangan makan atau dapur Anda yang bisa dijadikan tempat penyimpanan.

Furnitur minimalis satu ini juga bisa Anda gunakan di ruang kerja Anda. Furniture rumah minimalis satu ini dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang Anda dan juga sebagai meja kerja jika Anda membutuhkannya.
 

3. Meja Kopi

Meja kopi dapat Anda gunakan untuk bersantai sehari-hati dan sebagai meja ruang tamu bila ada orang yang berkunjung. Kursinya dapat dimasukkan ke dalam meja mengubah tampilan meja makan tersebut dan hemat ruangan saat tidak dipergunakan.
 

4. Meja Makan Lipat

Meja makan yang dapat dilipat menjadi kapasitas dua orang. Furniture minimalis satu ini sangat cocok untuk pasangan muda atau eksekutif muda yang belum menikah. Jika dibutuhkan dapat diperbesar menjadi meja makan berkapasitas tiga hingga empat orang. Praktis saat dikunjungi teman-teman untuk makan bersama.

Untuk meja makan lipat di rumah minimalis Anda, Anda bisa menggunakan meja makan lipat konsol. Meja makan ini dapat dipakai untuk dua orang dan juga dapat dibuka menjadi meja makan untuk empat hingga enam orang. Saat tidak digunakan dapat dilipat menjadi meja konsol.
 

5. Meja Kerja Lipat

Meja ini selain dapat dijadikan meja makan untuk apartemen model studio, dapat juga dijadikan meja kerja. Jika sedang tidak dipergunakan, dapat dilipat menjadi lemari tempel. Praktis dan hemat tempat.
 

6. Tempat Tidur Lipat

Furniture minimalis ini dapat berubah fungsi menjadi meja kerja atau meja belajar sesuai kebutuhan pengguna. Disebut juga sebagai Murphy bed, tempat tidur ini dapat disimpan dengan dilipat menjadi seperti sebuah lemari. Jangan sampai Anda melipatnya tanpa sadar bahwa pasangan Anda masih tidur nyenyak di situ. Wah, bisa repot urusannya!
 

7. Kamar Mandi Praktis

Di rumah yang minimalis, penataan kamar mandi haruslah praktis dan hemat tempat. Semuanya tertata apik dan compact. Mudah dibersihkan karena menggunakan kloset gantung (wall-hung toilet).

Untuk meleengkapi kamar mandi praktis di rumah Anda, Anda bisa mencoba menggunakan kotak pancuran atau shower box lipat. Barang satu ini dapat membantu Anda untuk menghemat ruang di kamar mandi Anda. Barang ini sangat praktis saat tidak dipergunakan, tetapi mungkin kurang cocok untuk area tropis yang memerlukan dua kali mandi dalam sehari.

Baca Juga: Pilihan Merk Kloset Duduk yang Bagus
 

Dekorasi untuk Rumah Minimalis

Selain furniture minimalis  yang memang esensial untuk kegiatan sehari-hari, Anda bisa membuat rumah minimalis kamu terasa lega dan cerah dengan menggunakan dekorasi yang tepat.

Anda bisa mencoba untuk menggunakan lukisan-lukisan sederhana sebagai dekorasi untuk menghilangkan kesan kejenuhan akibat tinggal di rumah yang minimalis. Anda bisa memilih tema lukisan yang sesuai dengan selera Anda. Anda juga bisa menambahkan dekorasi kata-kata bijak di dinding rumah Anda.

Satu hal yang harus diperhatikan saat menggunakan dekorasi gantung seperti lukisan atau kata-kata motivasi adalah untuk memastikan simetri antara tiap dekorasi. Simetri antara tiap dekorasi akan menambah kesan estetika ruangan minimalis Anda. Selain itu, Anda tidak ingin menggantungkan tiap dekorasi terlalu dekat. Hal ini untuk mencegah timbulnya kesan sempit di rumah minimalis Anda.

Itulah ide-ide furniture minimalis yang bisa Anda gunakan di rumah minimalis Anda. Lahan yang sedikit kini bukanlah halangan untuk memiliki hunian idaman dan hidup yang nyaman berkat kehadiran furniture minimalis.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya