Pompa dan Pipa

4 Cara Instalasi Pipa Air yang Tepat agar Tidak Mudah Bocor

Media
07 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pipa air merupakan komponen yang sangat penting di dalam rumah atau bangunan lainnya. Anda tentunya membutuhkan pipa untuk menyalurkan air dari sumbernya yaitu pompa menuju ke tiap keran-keran yang ada di rumah atau bangunan tertentu. Akan tetapi, Bagaimana instalasi pipa air bersih yang benar dan dapat dipastikan tidak akan terjadi kebocoran setelahnya?


Hal tersebut harus Anda ketahui, karena jika Anda telah mengikuti langkah pemasangan pipa air bersih di atas dengan benar, dapat dipastikan saluran air di rumah Anda tidak akan mengalami masalah serius seperti jalur distribusi mati total, kebocoran, atau masalah lainnya.

Pada intinya, pengerjaan atau pemasangan pipa air bersih tidak dapat sembarangan. Anda perlu mengetahui cara instalasi pipa air yang tepat dan memahami sistem perpipaan atau yang biasa disebut dengan plumbing. Melalui artikel ini, Klopmart akan memberikan informasi penting khusus untuk Anda seputar cara instalasi pipa air yang benar dan pipa apa yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan pipa air bersih tersebut.

Alat dan Bahan dalam Pemasangan Pipa Air Bersih

Untuk melakukan instalasi pipa air yang benar, Anda perlu mengetahui apa saja alat dan bahan yang diperlukan. Berikut ini alat dan bahannya:

Baca juga: Standarisasi Pipa Air

1. Gergaji atau Alat Pemotong Pipa

Anda perlu menyiapkan alat pemotong karena pipa PVC yang Anda beli mungkin perlu disesuaikan ukuran panjangnya. Untuk hasil yang rapih pastikan menggunakan alat pemotong yang berkualitas seperti gergaji pipa San-Ei R391.

2. Cairan Pembersih Pipa

Performa pipa air akan maksimal jika pipa telah dibersihkan. Sesuai kebutuhan, Anda dapat memilih cairan pembersih pipa dengan merk apapun. Pembersih pipa yang banyak dipasaran dan perlu Anda ketahui umumnya berbentuk cairan thinner atau aseton.

3. Kain Bersih dan Amplas

Tidak hanya menggunakan cairan pembersih pipa, Anda juga harus melakukan proses pembersihan yang lain.

Gosok ujung pipa menggunakan amplas sebanyak 3 - 5 kali sehingga pipa pvc terlihat lebih halus dan bersih. Kemudian, gunakan lap atau kain untuk menyingkirkan sisa kotoran dan debu di permukaan pipa. Diharapkan kotoran yang sebelumnya menempel tidak mengganggu proses pemasangan dan mengakibatkan penyumbatan.

Baca juga: Tips Memilih Pompa Air yang Bagus untuk Sumur Bor

4. Lem Pipa PVC

Lem adalah salah satu bahan penting dalam instalasi air bersih. Pasalnya Anda perlu menyambungkan beberapa pipa PVC. Agar memiliki daya rekat yang baik, gunakan Lem Isarplas yang bisa Anda dapatkan di Klopmart dengan mudah.

5. Kuas Cat

Jangan salah paham dulu! Bukan untuk mengecat, kuas cat di sini akan berfungsi untuk mengoleskan lem pada pipa. Anda juga dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis dan ukuran kuas di sini!

6. Fitting

Fitting atau sambungan pipa air sangat Anda butuhkan, kenapa?

Karena terkadang rancangan instalasi pipa air memiliki area yang berkelok (tidak beraturan). Maka di sinilah fitting berperan penting. Namun, jangan sampai sembarangan memilih fitting untuk sambungan pipa Anda. Pada artikel Memahami 8 Jenis Sambungan Pipa PVC, Klopmart membahas jenis-jenis fitting secara lengkap.

Cara Instalasi Pipa Air yang Benar

Berikut ini, ada 4 langkah cara instalasi pipa air yang benar dan perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Tentukan Sumber Air yang Digunakan

Saat ini, ada dua sumber air yang biasa digunakan yaitu sumber air dari PAM dan juga dari air tanah. Jika Anda ingin atau sudah menggunakan PAM sebagai sumber air, maka biasanya pengelola PAM sudah mengatur jalur distribusi pipa air. Dengan demikian, Anda akan dilarang untuk memodifikasi ukuran pipa.

Bagi Anda yang menggunakan air tanah sebagai sumber air sehari-hari, maka pengaturan pipa akan lebih fleksibel dan mudah. Anda dapat menggunakan pipa ukuran apapun dan mengatur jalannya air sesuai dengan kebutuhan.

2. Buat Model Rancangan Instalasi yang Tepat

Dalam melakukan pemasangan pipa air bersih, Anda perlu membuat model rancangannya terlebih dahulu dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan beserta anggaran yang tersedia.

Untuk menentukan model rancangan instalasi pipa air, ada 2 model yang bisa dipakai yaitu model instalasi dengan sistem tertutup yang artinya seluruh ujung pipa akan tersambung tanpa ada bagian yang putus. Dengan model ini, maka dapat dipastikan bahwa tekanan air akan lebih kuat dan meskipun ada beberapa keran yang dibuka dalam waktu bersamaan tidak akan mempengaruhi tekanan tersebut. Model instalasi pipa air yang kedua yaitu model sistem terbuka. Untuk dapat melakukan instalasi pipa air dengan model ini, Anda perlu membuat rancangan yang lebih teliti agar tidak terjadi gangguan di kemudian hari.

Model instalasi dengan sistem terbuka memang membutuhkan anggaran yang lebih sedikit dibandingkan sistem tertutup, akan tetapi risikonya akan lebih tinggi apabila terjadi kerusakan di satu titik dan melumpuhkan jalur distribusi air secara keseluruhan.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Tekanan Air dari Toren

3. Tentukan Posisi Instalasi Pipa

Ada dua metode pemasangan pipa air bersih yang biasa digunakan yaitu metode ditanam atau ditempel. Jika Anda ingin melakukan instalasi dengan metode ditanam, maka posisi untuk pemasangan pipa air ini ditanam pada tanah atau dinding. Dibandingkan metode ditempel, maka pipa akan dapat terlihat di sepanjang pinggiran tembok atau atau permukaan lantai.

4. Pilih Pipa dengan Bahan Berkualitas

Berbagai jenis pipa air dapat Anda temukan di toko material. Akan tetapi, jenis pipa yang paling tepat dan bagus untuk digunakan dalam instalasi pipa air bersih adalah pipa PVC atau uPVC. Di Klopmart sendiri, kami menyediakan pipa PVC Rucika JIS tipe VP dengan 14 macam ukuran yang tentunya bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan instalasi pipa air. 

Jadi, sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai 4 cara instalasi pipa air yang benar dan apabila Anda ingin mengetahui harga pipa PVC Rucika JIS tipe VP dari Klopmart, silakan cek harga pipa air berikut ini dan hubungi kami untuk melakukan pemesanan barang.

Baca juga: 8 Jenis Sambungan Pipa PVC

 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya