4 Cara Instalasi Pipa Air yang Benar dan Perlu untuk Diketahui

Bagaimana cara instalasi pipa air yang benar dan dapat dipastikan tidak akan terjadi kebocoran setelahnya? Pipa air merupakan komponen yang sangat penting di dalam rumah atau bangunan lainnya. Anda tentunya membutuhkan pipa untuk menyalurkan air dari sumbernya yaitu pompa menuju ke tiap keran-keran yang ada di rumah atau bangunan tertentu. Dengan demikian, pengerjaan pipa air tidak dapat asal. Anda perlu mengetahui cara instalasi pipa air yang tepat dan memahami sistem perpipaan atau yang biasa disebut dengan plumbing.

Melalui artikel ini, Klopmart akan memberikan informasi penting khusus untuk Anda seputar cara instalasi pipa air yang benar dan pipa apa yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi pipa air tersebut.
 

4 Cara Instalasi Pipa Air yang Benar

Berikut ini, ada 4 cara instalasi pipa air yang benar dan perlu Anda perhatikan, yaitu:
 

1. Tentukan Sumber Air yang Digunakan

Saat ini, ada dua sumber air yang biasa digunakan yaitu sumber air dari PAM dan juga dari air tanah. Jika Anda ingin atau sudah menggunakan PAM sebagai sumber air, maka biasanya pengelola PAM sudah mengatur jalur distribusi pipa air. Dengan demikian, Anda akan dilarang untuk memodifikasi ukuran pipa.

Bagi Anda yang menggunakan air tanah sebagai sumber air sehari-hari, maka pengaturan pipa akan lebih fleksibel dan mudah. Anda dapat menggunakan pipa ukuran apapun dan mengatur jalannya air sesuai dengan kebutuhan.
 

2. Buat Model Rancangan Instalasi yang Tepat

Dalam melakukan instalasi pipa air, Anda perlu membuat model rancangannya terlebih dahulu dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan beserta anggaran yang tersedia. Untuk menentukan model rancangan instalasi pipa air, ada 2 model yang bisa dipakai yaitu model instalasi dengan sistem tertutup yang artinya seluruh ujung pipa akan tersambung tanpa ada bagian yang putus. Dengan model ini, maka dapat dipastikan bahwa tekanan air akan lebih kuat dan meskipun ada beberapa keran yang dibuka dalam waktu bersamaan tidak akan mempengaruhi tekanan tersebut.

Model instalasi pipa air yang kedua yaitu model sistem terbuka. Untuk dapat melakukan instalasi pipa air dengan model ini, Anda perlu membuat rancangan yang lebih teliti  agar tidak terjadi gangguan di kemudian hari. Model instalasi dengan sistem terbuka memang membutuhkan anggaran yang lebih sedikit dibandingkan sistem tertutup, akan tetapi risikonya akan lebih tinggi apabila terjadi kerusakan di satu titik dan melumpuhkan jalur distribusi air secara keseluruhan.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Tekanan Air Dari Toren
 

3. Tentukan Posisi Instalasi Pipa

Ada dua metode pemasangan pipa yang biasa digunakan yaitu metode ditanam atau ditempel. Jika Anda ingin melakukan instalasi dengan metode ditanam, maka posisi untuk pemasangan pipa ini ditanam pada tanah atau dinding. Dibandingkan metode ditempel, maka pipa akan dapat terlihat di sepanjang pinggiran tembok atau atau permukaan lantai.
 

4.  Pilih Pipa dengan Bahan Berkualitas

Berbagai jenis pipa air dapat Anda temukan di toko material. Akan tetapi, jenis pipa yang paling tepat dan bagus untuk digunakan dalam instalasi pipa air adalah pipa PVC atau uPVC. Di Klopmart sendiri, kami menyediakan pipa PVC Rucika JIS tipe VP dengan 14 macam ukuran yang tentunya bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan instalasi pipa  air. 

Jadi, sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai 4 cara instalasi pipa air yang benar dan apabila Anda ingin mengetahui harga pipa PVC Rucika JIS tipe VP dari Klopmart, silakan cek harga pipa air berikut ini dan hubungi kami untuk melakukan pemesanan barang.

Baca juga: 8 Jenis Sambungan Pipa PVC


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Jun 2021

Related Article