Cat dan Kimia

Renovasi Kamar Simple untuk Rumah Minimalis

Media
04 Sep 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Meskipun rumah terkesan minimalis, bukan berarti renovasi kamar simple menjadi hal yang mustahil. Justru, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan kamar Anda. Pastinya bosan bukan, melihat tampilan kamar yang kita tempati itu-itu saja?

Tidak perlu pusing dalam membuat rencana renovasi kamar Anda. Pasalnya, renovasi tidak melulu berbicara tentang membongkar ruangan sehingga terkesan baru. Renovasi pada dasarnya adalah mengubah tampilan rumah kamar Anda menjadi lebih baru, baik itu tata letak atau mengganti furnitur yang ada di dalamnya.

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Renovasi Kamar Simple

Apabila Anda sudah bosan dengan tampilan kamar yang sudah ada dan bingung dengan cara merenovasinya, jangan khawatir. Berikut ini akan Klopmart bagikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk renovasi kamar simple tapi tetap menawan.

1. Mengganti Warna Dinding

Renovasi kamar simple bisa dimulai dengan mengganti warna dinding, baik menggunakan cat dinding atau memasang wallpaper. Cara yang sederhana ini pastinya bisa memberikan tampilan baru pada ruangan atau kamar tidur Anda, karena warna dinding bisa memberikan tampilan baru yang sangat signifikan.

Lagipula, dinding juga tidak awet, artinya bisa mengalami jamuran atau ada keretakan di dalamnya. Melapisinya dengan cat atau wallpaper pasti menutupi semua noda yang ada pada dinding. Sebagai referesni Anda bisa melihat rekomendasi cat dinding yang bisa dilap untuk mempercantik tampilan rumah Anda di sini.

Baca juga: 7 Desain Wallpaper Dinding Kamar yang Paling Banyak Diminati

2. Mengubah Tata Letak Furnitur

Jika Anda ingin merenovasi kamar dengan simple, kenapa tidak mencoba untuk menata ulang furniturenya saja? Ya, cara kedua Anda bisa mengubah layout perabotan di kamar. Meskipun membutuhkan usaha yang besar karena harus menggeser barangnya, setidaknya tampilan kamar Anda terlihat lebih baru.

Namun, terlebih dahulu sebelum memindahkannya, pastikan Anda sudah membuat desain layout kamar yang ingin diubah. Hal ini wajib Anda lakukan agar tidak membuang-buang waktu dan tenaga Anda. Anda tentu tidak mau geser-geser barang berulang-ulang kali, kan?

Salain itu, pertimbangkan juga letak setiap furniturnya sehingga kamar tidak terkesan sempit.

3. Mengganti Furnitur yang Sudah Lapuk

Apabila ada furnitur yang sudah lama, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Agar tampilan kamar juga terlihat fresh, Anda juga bisa menggunakan style atau warna yang berbeda untuk furniturnya.

Ada juga cara yang hemat untuk agar tampilan perabotan terkesan baru, yaitu mengecatnya dengan warna yang baru. Tentunya, langkah ini harus dilakukan jika perabotannya masih bisa digunakan. Kalau sudah lapuk dan tidak bisa dipakai lagi, lebih baik menggantinya daripada terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Oleh karena itu, mengganti furnitur yang sudah lapuk tentu akan memberikan nuansa kamar tidur yang nyaman, aman, dan sehat untuk Anda.

Baca juga: Cara Menjaga Kebersihan Kamar Tidur

4. Membuat Rak Dinding dan Memasang Dekorasi

Memasang rak dinding juga menjadi pilihan merenovasi kamar simple yang bisa dicoba. Dari rak dinding ini, Anda bisa memajang dekorasi yang diinginkan dan pastinya membuat kamar menjadi lebih indah.

Pilihlah dekorasi yang sederhana tapi juga menambah daya tarik kamar Anda. Dekorasi kamar bisa berupa lukisan, pajangan, souvenir, atau tanaman hias. Memasang dekorasi juga berguna sehingga kamar Anda terkesan lebih hidup.

Baca juga: Cara Memasang Sekat Kamar Tidur dengan Triplek

5. Menggunakan Lampu dengan Desain yang Menarik

Kamar tidur yang nyaman pastinya tidak akan terlepas dari lampu sebagai penerangan, ‘kan? Apalagi Anda yang hobi baca sambil rebahan.

Untuk bagian plafonnya, Anda bisa mengganti lampu yang biasa saja dengan lampu yang lebih bergaya dan memiliki desain unik. Baik lampu jenis chandelier atau lampu dengan desain rotan, Anda bisa menggunakannya untuk memperbarui tampilan kamar.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan pencahayaan lainnya, seperti lampu baca. Lampu tambahan bisa juga dipasang di lemari pakaian atau dekat tempat tidur sehingga kamar terlihat hidup dan menarik.

Baca juga: 5 Lampu untuk Kamar Tidur Anda

6. Membuat DIY Kepala Tempat Tidur

Mungkin Anda memiliki tempat tidur yang tidak ada kepalanya, karena tidak memiliki dipan. Ada pula tempat tidur yang masih bagus tapi kepalanya sudah jelek dan ingin digantinya.

Anda bisa menambahkan kepala tempat tidur sendiri dengan cara membuatnya. Meskipun terbilang rumit, niscaya akan memberikan kesan yang baru pada kamar tidur Anda.

7. Bedcover dan Bantal yang Sesuai

Menjahit bantal dan bedcover Anda sendiri adalah pilihan yang menarik untuk Anda terapkan untuk merenovasi kamar simple. Selain dapat menghemat pengeluaran, Anda juga dapat memilih bahkan membuat desain jahitan bedcover atau sarung bantal sesuai keinginan Anda.

Namun, jika tidak memiliki ketrampilan dalam hal jahit menjahit, Anda dapat membelinya di toko. Pilih kain atau sarung bantal dengan warna yang lembut dan sesuai dengan nuansa kamar tidur Anda.

Pastikan juga untuk membeli bedcover dengan kualitas yang lebih tinggi agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Dengan mengganti bedcover, Anda dapat memberikan tampilan yang baru dan segar pada kamar tidur Anda.

8. Sisihkan Furnitur yang Tidak Terpakai

Tips berikutnya untuk renovasi kamar simple adalah menyisihkan furnitur-furnitur yang tidak terpakai atau jarang digunakan. Pilihannya, Anda dapat menyimpan atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi karena hal tersebut hanya akan membuat kamar Anda terlihat lebih sempit.

Nah, apabila ingin mengubah tampilan dari kamar tidur Anda, maka jangan lewatkan juga untuk bagian yang satu ini. Anda bisa membuat sebuah tempat yang dapat menyimpan barang-barang anda secara baik. Rak penyimpanan yang menempel pada dinding kamar tidur juga dapat Anda jadikan solusi ruang yang efisien.

Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Anak Minimalis

9. Memasang Karpet di Dalam Kamar Tidur

Tips terakhir dalam renovasi kamar simple adalah menambahkan karpet di lantai. Menghancurkan keramik atau kayu yang sudah terpasang di lantai memang rumit, karena itu lebih baik menghias kamar Anda dengan memasang karpet.

Tapi, Anda harus ingat bahwa lantai harus dibersihkan secara rutin, tidak hanya karpetnya. Meskipun renovasi kamar sudah selesai dilakukan, jangan pernah mengabaikan kebersihan kamar, karena bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Menarik, bukan, mencoba sembilan tips renovasi di atas? Masih ingat dengan cara renovasi yang pertama, yaitu mengganti warna dinding kamar? Anda bisa menggunakan cat Dulux Easy Clean, sehingga dinding mudah dibersihkan dari noda tanpa menggoresnya. Ketahui harga Dulux Easy Clean di Klopmart dan masukkan ke keranjang belanja Anda untuk memulai renovasi kamar simple yang diimpikan.

Baca juga: Cara Membuat Gantungan Baju dari Pipa PVC

Inspirasi Lainnya

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Konstruksi

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Selengkapnya
6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Konstruksi

6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Selengkapnya
8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya