Tips & Trik

4 Cara Membuat Gantungan Baju dari Pipa PVC dengan Benar

Media
18 Nov 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Belakangan ini, masyarakat di berbagai negara sudah memiliki kesadaran akan perilaku ramah lingkungan. Contohnya, saat ini banyak masyarakat berbondong-bondong melakukan gerakan untuk menghentikan pemakaian sedotan plastik. Sedotan kaca, sedotan besi, dan sedotan berbahan lain digunakan untuk mengurangi penggunaan plastik di bumi.

Tidak hanya berhenti menggunakan sedotan plastik saja, namun kita juga dapat menjaga lingkungan dengan cara memanfaatkan bahan bekas. Barang bekas yang tidak dipakai lagi dan hanya berujung di tempat sampah, ternyata dapat diolah menjadi barang yang berguna. Salah satu contoh barang bekas yang berguna adalah pipa PVC. Pipa PVC sendiri merupakan pipa yang sering digunakan sehari-hari. Bahkan, pemakaian pipa PVC ini merupakan ketiga tertinggi di dunia. Akibat penggunaan pipa PVC yang sangat tinggi ini, alangkah lebih baik apabila kita dapat mengolah bekas pipa PVC menjadi sesuatu yang berguna.

Sifat dari pipa PVC yang keras dan kuat, namun ringan pula pada waktu yang sama, dapat diolah menjadi banyak barang berguna. Salah satunya, pipa PVC bekas dapat diubah menjadi gantungan baju, loh!

Bagaimana cara mengubah pipa PVC menjadi gantungan baju? Yuk, simak cara membuat gantungan baju dari pipa PVC di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Fungsi Pipa PVC dan Jenis-Jenisnya

Persiapkan Bahan yang Diperlukan

Bahan yang diperlukan

Sebelum melakukan langkah-langkah untuk membuat gantungan baju, harus dipersiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu, antara lain:

  • 2 buah pipa PVC dengan ukuran 150 cm
  • 4 buah pipa PVC dengan ukuran 60 cm
  • 1 buah pipa PVC dengan ukuran 92 cm
  • Lem epoxy
  • 2 buah pipa PVC yang bagian pangkalnya melengkung
  • 2 buah sambungan T


4 Langkah Membuat Gantungan Baju Jemuran dari Pipa PVC

Cara membuat Gantungan Baju

Sebelumnya Anda sudah tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk membangun sebuah gantungan baju dari pipa PVC. Kali ini, Klopmart akan memberi tahu apa saja langkah-langkah proses pembuatannya. Berikut penjelasannya.

1. Langkah Pertama

Setelah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, sekarang waktunya menyatukan bahan-bahan yang ada. Langkah pertama, ambil pipa cabang tiga dan masukkan pipa berukuran 60 cm pada bagian kanan dan kirinya yang dijadikan sebagai kaki jemuran rumah. Jangan lupa untuk mengolesi lem epoxy sebelum menggabungkan pipa agar tetap lekat saat nanti digunakan sebagai gantungan baju. Lakukan langkah yang sama pada pipa cabang tiga dengan 2 pipa berukuran 60 cm lainnya.

2. Langkah Kedua

Letakan pipa pada langkah pertama agar dapat mengering dengan baik. Setelah meletakan pipa langkah pertama, saatnya memasuki langkah kedua. Ambillah pipa berukuran 92 cm dan pipa melengkung. Gabungkanlah pipa melengkung pada kedua ujung pipa berukuran 92 cm tersebut. Gunakan lem epoxy untuk merekatkannya.

Baca juga: 3 Jenis Pipa PVC dan Fungsinya Yang Harus Diketahui

3. Langkah Ketiga

Ambilah pipa pada langkah pertama yang sudah dikeringkan. Kemudian sambungkan pipa berukuran 150 cm pada lubang pipa cabang tiga yang terakhir untuk membuat rak jemuran. Lakukan ini pada kedua pipa yang ada di langkah pertama. Tidak lupa untuk menggunakan lem epoxy agar dapat lekat dengan sempurna.

4. Langkah Keempat

Pastikan terlebih dahulu bahwa semua pipa-pipa sudah kering, baru kemudian memasuki langkah 4 ini. Langkah 4 ini merupakan langkah terakhir. Ambilah pipa pada langkah kedua dan pipa pada langkah ketiga, lalu gabungkanlah keduanya menggunakan lem epoxy.

Kini, gantungan baju telah selesai dibuat. Namun jangan buru-buru menggunakan gantungan baju yang Anda buat tersebut. Tunggulah hasil lem dari langkah keempat agar benar-benar kering, kemudian berdirikan gantungan baju yang Anda buat. Sekarang, Anda bisa meletakan baju-baju pada gantungan baju hasil buatanmu sendiri. Tidak perlu takut kehabisan ruang di dalam lemari karena terlalu banyak baju yang dimiliki. Pipa PVC bekas pun dapat diolah menjadi gantungan baju yang berguna.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan mengenai persiapan dan langkah-langkah untuk membangun jemuran baju dari pipa PVC. Siapa sangka bahwa barang bekas seperti pipa dapat diolah sehingga menjadi barang yang sangat berguna untuk sehari-hari. Langkahnya pun tidak rumit, hanya empat langkah sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Di Klopmart tersedia banyak jenis Pipa PVC yang dapat menjadi pilihan Anda. Tunggu apa lagi, yuk segera kunjungi Klopmart sekarang juga!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya