5 Tahapan Cara Memasang Wallpaper Dinding

Demi menciptakan suasana interior rumah yang cantik dan nyaman, banyak orang memutuskan untuk memasang wallpaper dinding. Mungkin saat ini Anda juga memiliki rencana yang sama. Namun, demi menghemat bujet, Anda pun berencana memasang wallpaper dinding sendiri daripada menggunakan bantuan dari pihak penjual. Nah, untuk membantu Anda, berikut cara memasang dan menempelkan wallpaper dinding yang bisa Anda terapkan.

Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan

Pemasangan wallpaper dinding membutuhkan alat-alat khusus. Selain wallpaper yang diinginkan, Anda juga membutuhkan lem wallpaper dan kuas khusus aplikasi wallpaper. Sebagai alat-alat penunjang, jangan lupa pula untuk menyiapkan gunting, pisau cutter, pensil, meteran, kain perca, dan plumb bob.

Baca Juga : Merawat Wallpaper Dinding

Tidak perlu bingung mencari alat-alat tersebut, Anda bisa mendapatkannya di toko bangunan berbasis online, Klopmart.com. Dengan begitu, Anda tidak harus keluar rumah untuk berbelanja alat-alat pemasangan wallpaper. Dan, tentunya belanja online gratis ongkir!

Pastikan dinding Anda sudah bersih

Sebelum memulai cara memasang wallpaper dinding, Anda wajib memastikan kondisi dinding sudah bersih dari noda dan paku. Pastikan juga tidak ada bagian yang basah. Pasalnya, wallpaper akan cenderung lebih sulit menempel apabila dinding Anda masih kotor dan basah. Jika Anda menemukan sudut atau bagian dinding yang sulit dibersihkan atau terasa lembab, jangan khawatir.

Solusinya adalah dengan mengelupas lapisan cat pada bagian dinding tersebut, lalu Anda bisa menambalnya menggunakan dempul tembok. Kalau ada paku yang masih menempel, segera cabut dari dinding dan isi juga bagian bolongnya menggunakan dempul tembok. Hal ini penting dilakukan agar nantinya tidak timbul gelembung saat wallpaper dinding sudah terpasang.

Ukur bagian dinding yang akan dipasang wallpaper

Dengan menggunakan meteran, ukur panjang dan lebar dinding yang akan Anda lapisi wallpaper. Aplikasikan ukuran ini pada wallpaper yang akan Anda pasang. Caranya bisa dengan menghamparkan wallpaper di atas meja atau permukaan datar, kemudian tandai panjang dan lebarnya dengan pensil untuk memastikannya.

Namun, jangan terlalu tebal dalam menandainya, terutama jika wallpaper Anda berwarna cerah, agar tidak menimbulkan bekas. Sebagai langkah antisipasi jika misalnya wallpaper tidak sengaja robek, sebaiknya tambahkan sekitar 15-20 cm pada penghitungan ukuran dinding Anda. Kalau sudah yakin dengan ukuran tersebut, Anda bisa memotongnya dengan cutter.

Bisa gambar garis lurus untuk membantu Anda

Sekarang saatnya Anda mulai menerapkan cara memasang wallpaper dinding! Untuk memudahkan prosesnya, Anda bisa terlebih dulu menggambar garis lurus pada dinding dengan menggunakan plumb bob. Garis inilah yang akan menjadi panduan bagi Anda dalam memasang wallpaper pada dinding.

Dengan begitu, Anda pun bisa memasang wallpaper dinding secara lurus dan simetris. Hasilnya pun akan lebih rapi. Jangan lupa siapkan kursi atau tangga untuk mempermudah Anda dalam menjangkau dinding bagian atas.

Oleskan lem dan tempelkan pada dinding

Apabila Anda sudah memotong kertas wallpaper dan garis bantu pada dinding, Anda bisa mengoleskan lem wallpaper menggunakan kuas. Gunakan kuas khusus lem wallpaper, sebaiknya tidak menggunakan kuas cat dinding karena mudah rontok. Cukup oleskan lem sekali. Jika terlalu banyak, kertas wallpaper akan basah dan bisa jadi menimbulkan tekstur keriput saat dipasang. 

Begitu lem sudah selesai dioleskan, saatnya memasang wallpaper pada dinding! Tempelkan wallpaper secara pelan-pelan, pasang mengikuti garis bantu yang sudah Anda berikan pada dinding. Gunakan lem yang lebih kental agar tidak mudah lepas. Pastikan bagian ujung-ujung dinding juga sudah ter-cover dengan baik.

 

Cara memasang wallpaper dinding ternyata cukup mudah untuk dilakukan sendiri, bukan? Anda bisa mengaplikasikan sendiri cara memasang wallpaper dinding dengan mudah dan praktis. Semoga panduan singkat ini bisa membantu Anda!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
16 Des 2019

Related Article