Atap & Lantai

7 Cara Menjaga Kebersihan Kamar Tidur yang Mudah Dilakukan

Media
21 Apr 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Dapatkah kita beristirahat dengan nyaman jika kamar tidur kita berantakan dan kotor? Mungkin bagi beberapa orang, mereka sudah terbiasa tidur dengan kondisi kamar yang berantakan dan kotor. Salah satu alasan mereka menunda membersihkan kamar tidur setiap hari antara lain mereka tidak punya waktu untuk melakukannya karena padatnya aktivitas mereka.

Kebiasaan merapikan dan membersihkan kamar secara rutin ternyata berpengaruh pada kualitas tidur dan bermanfaat bagi kesehatan kita dan keluarga. Berikut ini ada beberapa cara yang perlu kita lakukan secara rutin dan berkala yang dapat membantu kita memiliki kamar yang rapi, bersih dan sehat:
 

1. Merapikan dan Membersihan Tempat Tidur

Setiap bangun pagi biasakan diri untuk membereskan tempat tidur seperti merapikan sprei, melipat selimut, serta atur kembali bantal dan guling. Ganti sprei dan sarung bantal paling tidak 2x seminggu. Jemurlah bantal dan guling. Bersihkan spring bed paling tidak 6 bulan sekali agar tempat tidur bersih dan bebas kuman.
 

2. Siapkan Wadah Khusus Pakaian Kotor

Jangan buang baju kotor di tempat tidur atau di lantai, siapkan wadah khusus untuk pakaian kotor agar kamar tidur tetap bersih.
 

3. Jangan Makan di Tempat Tidur

Cara menjaga kebersihan tempat tidur yang paling wajib dilakukan adalah jangan biasakan makan di tempat tidur baik ngemil maupun makan makanan berat yang berpotensi meninggalkan noda dan kotoran.

Baca juga: 4 Desain Kamar Tidur Anak Minimalis
 

4. Buanglah Sampah pada Tempatnya

Cara menjaga kebersihan kamar paling dasar adalah jangan biarkan sampah atau barang-barang yang sudah tidak bisa digunakan berada dirumah. Untuk menyimpan barang yang kiranya akan berguna dilain waktu, sebaiknya tempatkan barang-barang tesebut di gudang.

 

5. Membersihkan Kamar Tidur

Saat membersihkan lantai kamar, jangan lupa membersihkan area di bawah tempat tidur dan juga karpet (jika ada). Perhatikan jendela kamar tidur, jika sudah tampak buram maka sudah saatnya dibersihkan agar pencahayaan bisa masuk dengan baik. Cucilah tirai atau gorden paling tidak 1x sebulan untuk membersihkan debu yang menempel.
 

6. Bukalah Jendela

Secara berkala bukalah jendela kamar khususnya di pagi hari agar ada pergantian udara (jika tidak ada jendela di kamar tidur, bukalah pintu kamar).
 

7. Perhatikan barang-barang di dalam kamar

Rapikan meja rias atau meja samping tempat tidur dari barang-barang yang berantakan. Rapikan barang-barang kecil seperti aksesoris dan perlengkapan lain ke dalam sebuah wadah atau kotak. Kurangi jumlah barang dan buanglah barang-barang yang tidak diperlukan.

Setelah semuanya bersih, lakukan pembersihan dan menata kamar tidur secara berulang-ulang setiap hari. Awalnya akan sedikit repot, tetapi lama-kelamaan setelah 11 hari, hal ini akan mulai menjadi sebuah kebiasaan baru Anda.

Dengan kebiasaan baru ini, Anda akan merasa nyaman beristirahat di kamar tidur sehingga kualitas tidur Anda akan meningkat. Dengan demikian kualitas kesehatan Anda juga meningkat dan otomatis kualitas hidup Anda juga meningkat.

Baca juga: 5 Lampu untuk Kamar Tidur Anda

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya