Fungsi Keramik Dalam Konstruksi Bangunan

Selama ini, fungsi keramik sering kali dikaitkan sebagai penutup lantai. Pada dasarnya, konstruksi bangunan terasa belum selesai bila kehadiran keramik ini belum ada di dalamnya. Lantai yang dihaluskan dengan semen saja seperti meninggalkan kesan belum selesai atau belum rapi, sehingga kehadiran keramik ini menjadi penyelamat konstruksi bangunan. 

Bahkan, keramik sudah menjadi bagian desain rumah yang memberikan nilai estetik pada bangunan. Karena itu, sudah banyak keramik di pasaran dengan berbagai macam tekstur, model, dan warna yang membuat interior menjadi lebih menarik. Supaya tak salah kaprah, mari baca fungsi keramik dalam konstruksi bangunan selengkapnya berikut ini!
 

Macam-macam Fungsi Keramik

Fungsi dari keramik ternyata cukup beragam. Tidak hanya untuk lantai saja, tetapi juga dapat digunakan bagi beberapa bagian kontruksi bangunan.
 

1. Sebagai Finishing Kontruksi Bangunan

Fungsi keramik semakin terasa ketika kita membahas finishing konstruksi bangunan. Seperti dibahas sebelumnya, bangunan seperti terasa belum jadi atau belum lengkap bila lantainya belum dilapisi dengan keramik. Melapisi lantai dengan keramik menjadi sentuhan akhir pada konstruksi bangunan, sehingga bangunan lebih enak dan nyaman untuk dilihat. Hati-hati, pemasangan keramik ini harus diperhatikan baik-baik. Salah memasang bisa membuat lantai jadi tak rapi, bahkan jadi kopong dan membuat keramik yang dipasang retak.
 

2. Penutup Lantai

Fungsi keramik yang paling mendasar adalah menutupi lantai. Lantai bangunan yang hanya berupa semen halus tentu bagi banyak orang kurang terlihat cantik. Apalagi warna semen yang abu-abu memberikan kesan gelap dan kotor pada ruangan. Keramik yang dibuat untuk melapisi keramik ini sudah banyak tersedia di pasaran dengan berbagai jenis ukuran maupun materi. 

Biasanya, keramik yang digunakan untuk penutup lantai memiliki permukaan yang lebih kasar dibandingkan keramik untuk penutup dinding. Materi keramik untuk lantai ini lebih keras, kasar, dan kokoh karena akan sering diinjak-injak. Permukaannya yang tidak terlalu halus juga membuat orang yang melewatinya tidak mudah terjatuh.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Lantai Keramik Menggelembung
 

3. Penutup Dinding

Selain digunakan untuk melapisi lantai, keramik dalam konstruksi bangunan juga berfungsi sebagai penutup dinding. Umumnya, dinding yang dilapisi dengan keramik ada di ruangan seperti kamar mandi atau dapur. Untuk dapur sendiri, keramik hanya melapisi setengah dinding, terlebih lagi bagian dekat kompor yang sering terciprat bumbu masakan. 

Tujuan melapisi dinding pada ruangan dapur adalah mudah dibersihkan dari noda cipratan bumbu. Jika dilapisi dengan keramik, dinding dapur terkesan rapi dan bersih. Selain itu, dinding dapur yang dilapisi dengan keramik lebih tahan lama dibandingkan dilapisi dengan cat dinding biasa. 

Sedangkan dinding kamar mandi yang dilapisi dengan keramik gunanya untuk menghindari jamur tumbuh di dinding. Bila terlalu sering terkena air, dinding kamar mandi yang hanya dilapisi dengan cat dinding bisa mengundang jamur. Daripada menghabiskan uang untuk melunturkan jamur pada dinding dan mengecatnya lagi terus menerus, sebaiknya segera lapisi dinding kamar mandi dengan menggunakan keramik.
 

4. Pelapis Meja Dapur

Fungsi keramik selanjutnya adalah menjadi pelapis meja dapur. Alasan menggunakan keramik sebagai pelapis meja dapur adalah ketahanannya, tidak mudah tergores saat lagi mengulek bumbu, memotong bahan makanan, dan lainnya. Meja dapur yang dilapisi keramik juga lebih mudah dibersihkan dari noda bahan makanan, serta tidak menyerap bau amis. 

Selain itu, keramik juga mencegah meja dapur berjamur. Banyak bahan makanan yang dicuci dan menjadi lembap, tentu lama kelamaan akan membuat permukaan meja dapur jadi mudah berjamur dan berbau. Jadi, selain menghindari jamur, penggunaan keramik pada meja dapur juga menyelamatkan perabotan rumah Anda!

Untuk memasang keramik, Anda harus menggunakan nat keramik yang berfungsi mengisi celah sambungan antar keramik yang biasanya diisi dengan mortar instan.Tak perlu pusing memilih nat keramik karena hadir Drymix Tile Grout Sanitized yang merupakan semen instan siap pakai yang tahan terhadap bakteri dan jamur. Harga nat keramik ini juga tak terlalu mahal. Semoga informasi soal fungsi keramik di atas bisa membantu Anda!

Baca juga: Cara Menggunakan Nat Pada Keramik


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Jul 2021

Related Article