9 Jenis Keramik yang Paling Sering Dipakai pada Bangunan Modern

Keramik menjadi salah satu pilihan bahan ubin yang banyak digunakan untuk mempercantik tampilan lantai sebuah bangunan. Jika di zaman dulu keramik hanya terbuat dari tanah liat dan terkesan monoton, maka sekarang Anda bisa menjumpai beragam jenis keramik dengan ukuran, corak, dan pilihan warna yang menarik.

Karena memiliki ketahanan yang sangat baik untuk menahan air, sampai saat ini keramik masih menjadi pilihan terbaik untuk dipasang sebagai pelengkap lantai bangunan Anda.


Jenis Keramik yang Paling Sering Dipakai pada Bangunan Modern

Agar tidak salah memilih, beberapa jenis keramik berikut ini adalah yang paling sering dipakai di Indonesia. Apa saja? Yuk, cari tahu!
 

1. Keramik Teraso

Keramik ini merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang suka dengan dekorasi interior bergaya klasik dan etnik. Keramik teraso banyak digunakan pada bangunan rumah.

Meskipun demikian, beberapa bangunan restoran, hotel, dan vila yang mengusung tema-tema tradisional juga banyak menggunakan keramik teraso. Untuk ukurannya sendiri, pada umumnya keramik teraso memiliki ukuran 20 x 20 sentimeter.
 

2. Keramik Kuadrat

Pemakaian keramik kuadrat biasanya diterapkan pada teras rumah. Pasalnya, jenis keramik kuadrat mampu mengurangi tingkat porositas. Hal ini dikarenakan keramik kuadrat dibuat dengan cara dipanggang pada suhu tinggi.

Tak heran jika keramik kuadrat umumnya hadir dalam balutan warna merah yang khas. Bahan untuk membuat keramik kuadrat adalah tanah liat dan tanpa campuran glasir.
 

3. Keramik Mozaik

Dinamakan keramik mozaik karena memiliki motif heksagonal kecil. Biasanya jenis keramik ini dipasang untuk lantai kamar mandi atau lorong komersial. Terdapat dua tipe keramik mozaik yang bisa Anda jumpai di pasaran.

Pertama, keramik motif mozaik tanpa glasir yang memiliki konsistensi warna sehingga tidak licin. Kedua, jenis keramik mozaik yang berlapis kaca dengan tingkat penyerapan air rendah. Daya tahannya yang sangat baik membuat keramik mozaik selalu diandalkan hampir di seluruh negara dunia.
 

4. Pavers

Beberapa orang menyebut keramik pavers dengan nama ubin genting. Ini dikarenakan pavers terbuat dari bahan tanah liat dengan tingkat ketebalan melebihi keramik pada umumnya. Anda bisa menjumpai keramik pavers dalam ukuran 12 inci atau lebih besar. Pavers saat ini banyak digunakan sebagai ubin untuk area di tepi kolam renang, halaman depan atau belakang, serta teras rumah.
 

5. Keramik Marmer

Di Indonesia, jenis keramik lantai ini identik dengan bangunan mewah: hotel, rumah bertingkat, dan tempat-tempat mewah lainnya, umumnya menggunakan jenis keramik lantai marmer.

Hal ini bukanlah tanpa alasan. Proses pembuatan keramik lantai marmer sendiri memiliki proses yang panjang. Ia harus melalui proses kristalisasi batu kapur terlebih dahulu. Prosesnya yang lama ini lah yagn menghasilkan pola estetia yang telah menjadi ciri khas dari jenis keramik lantai marmer: elegan dan mengkilap.

Keramik lantai marmer sendiri merupakan keramik lantai serbaguna. Ia dapat digunakan di berbagai ruangan. Mulai dari lantai ruang tamu, sebagai lantai dan dinding kamar mandi, hingga dapur.

Kualitasnya yang premium juga membuat lantai keramik marmer memiliki daya tahan yang relatif lebih lama. Daya kilap pada keramik marmer sendiri dapat bertahan hingga 8 tahun!
 

6. Keramik Granit Alam

Selain keramik marmer, granit alam ini juga sering dipakai untuk bangunan mewah. Karena diperoleh dari hasil tambang, harga keramik granit alam ini terbilang mahal dibandingkan dengan jenis keramik lainnya.

Pemasangan keramik granit alam bisa dilakukan untuk mempercantik interior kamar tidur, ruang keluarga, maupun ruang tamu. Beberapa bangunan restoran bintang lima juga menggunakan keramik granit alam sebagai lantai area dapur karena tahan terhadap suhu panas.

Baca juga: Warna Keramik Agar Rumah Terlihat Luas serta Estetik
 

7. Keramik Porselen

Terbuat dari tanah liat putih dan bersih, keramik porselen menawarkan tampilan mengilap dan cerah jika dibanginkan dengan beberapa jenis keramik dalam daftar ini. Dalam proses pembuatannya, keramik porselen dikombinasikan dengan bahan kaca yang dapat menojolkan kesan mengilapnya.

Karena kilap dari bahan kaca tersebut, keramik porselen juga menwarkan kesan mewah dan juga elegan. Hal inilah yang membuat kerami porselen banyak digunakan oleh banyak orang. Jika Anda menyukai jenis keramik porselen, namun tidak terlalu menginginkan kesan mengilapnya, Anda dapat mencoba varian doff yang tidak terlalu mengilap.
 

8. Keramik Semen

Seperti dari namanya, jenis keramik lantai ini terbuat dari semen. Oleh karena itu, keramik lantai ini mewarisi sifat-sifat semen: kuat, tahan lama, dan juga kedap air. Jenis keramik lantai ini biasanya ditemui di tempat-tempat penyimpanan barang, seperti gudang atau pabrik.

Kalau Anda berpikir bahwa keramik semen tampak terlalu polos, maka Anda salah besar. Keramik semen kini telah banyak memiliki pilihan motif yang dapat Anda pilih sesuai dengan tema atau suasana ruangan yang ingin Anda bangun.
 

9. Keramik Batu Alam

Jika Anda sedang mencari jenis keramik lantai yang menawarkan tampilan alami dan juga elegan, maka keramik lantai batu alam dapat menjadi solusinya. Terbuat dari batu alam, jenis keramik lantai ini benar-benar dapat membuat suasana menjadi lebih hijau dan segar. Tidak hanya itu, perawatan jenis keramik lantai ini juga relatif mudah jika dibandingkan dengan keramik lantai di daftar ini.

Jenis keramik lantai ini juga menawarkan banyak variasi dalam motif. Anda bisa menyesuaikan pilihan motif dengan suasana yang ingin Anda bangun. Keramik ini umumnya digunakan untuk ruangan di luar rumah, seperti area kolam ada jalan-jalan kecil di area rumah Anda.

Itulah dia sembilan jenis keramik lantai yang bisa Anda jadikan pilihan untuk membangun dan mempercantik rumah Anda. Memilih jenis keramik lantai yang tepat merupakan hal yang sering diabaikan saat membangun atau merenovasi rumah. Padahal, dengan jenis keramik lantai yang tepat, Anda dapat membangun suasana di tempat yang Anda pilih dengan tepat.


Pilih keramik sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda. Pastikan selalu memperhatikan kualitas keramik dan cek perbandingan harga keramik yang ingin Anda beli, sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang tanpa mengurangi estetika tampilannya. Bagaimana dengan jenis keramik pilihan Anda? Apakah sudah benar-benar tepat sesuai budget dan kebutuhan interior?

Baca juga: Jenis Batu Alam Untuk Dinding Eksterior dan Interior


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya