Atap & Lantai

10 Penyebab Lantai Keramik Meledak dan Solusi Mengatasinya

Media
21 Apr 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Penyebab lantai keramik meledak merupakan permasalahan yang sering kali dihadapi oleh pemilik rumah atau bangunan. Fenomena ini sering terjadi tanpa diduga dan menimbulkan kerugian yang cukup besar, baik dari segi finansial maupun keselamatan penghuni. 

Lantai keramik yang meledak dapat menimbulkan risiko kecelakaan yang serius, terutama jika terjadi di area yang sering dilalui orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami penyebab di balik masalah ini agar Anda dapat mengambil langkah pencegahan yang diperlukan. Dalam artikel ini, Klopmart akan menjelaskan secara mendalam mengenai sejumlah penyebab lantai keramik dapat meledak beserta dengan solusinya.

promo klopmart

Penyebab Lantai Keramik Meledak

Memahami penyebab di balik ledakan keramik merupakan langkah krusial dalam upaya pencegahan dan penanganannya. Berikut adalah sejumlah faktor yang dapat memicu ledakan pada keramik. 

1. Muai dan Susut Keramik

Keramik memiliki sifat alami untuk memuai saat terkena panas dan menyusut saat dingin. Sifat ini dikenal sebagai koefisien ekspansi termal. Ketika ruang gerak antar keramik (nat) tidak cukup, tekanan yang dihasilkan saat memuai dapat menyebabkan keramik pecah, retak, dan bahkan meledak.

Baca juga: Kode Keramik Kw 1, 2, dan 3: Ciri-Ciri dan Cara Bacanya

2. Perekat Keramik yang Kurang Kuat

Pemilihan perekat yang tidak tepat atau penerapan yang tidak benar dalam proses pemasangan keramik juga dapat menyebabkan lantai keramik meledak. Perekat yang kurang kuat atau tidak sesuai dengan standar dapat gagal menahan beban atau tekanan yang diberikan pada lapisan keramik sehingga menyebabkannya lepas atau pecah.

3. Permukaan Lantai yang Tidak Rata

Keberadaan permukaan lantai yang tidak rata merupakan faktor lain yang dapat memperburuk situasi. Permukaan yang tidak rata akan menciptakan titik-titik tekanan yang tidak merata pada lapisan keramik. Pada akhirnya, hal ini dapat membuatnya tidak stabil dan rentan terhadap pecah atau meledak.

4. Adanya Benda Keras di Bawah Keramik

Kehadiran benda keras di bawah lapisan keramik, seperti batu, puing, atau benda-benda keras lainnya, dapat menjadi pemicu potensial meledaknya lantai keramik. Pada titik-titik di atas benda keras tersebut, tekanan pada keramik akan lebih tinggi dibandingkan dengan area sekitarnya yang tidak ada benda keras di bawahnya. Hal ini menyebabkan pecah dan meledaknya keramik, seperti saat dilewati oleh benda berat atau terkena tekanan yang kuat.

5. Kualitas Keramik yang Kurang Baik

Kualitas keramik yang rendah menjadi salah satu faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan. Keramik yang berkualitas rendah cenderung lebih rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu, penggunaan keramik yang berkualitas tinggi dapat mengurangi risiko terjadinya retak atau meledaknya lantai keramik Anda.

6. Kesalahan dalam Pemasangan Keramik

Proses pemasangan keramik yang tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan berbagai masalah struktural yang dapat mengakibatkan kerusakan atau kegagalan total pada lantai keramik. Adapun beberapa kesalahan umum dalam pemasangan keramik, termasuk perekat yang tidak merata, kesalahan dalam penggunaan bahan perekat, serta kurangnya pengetahuan dalam pemasangan keramik.

7. Perubahan Suhu

Perubahan suhu yang drastis, seperti di area yang terkena sinar matahari langsung atau ruangan dengan pemanas ruangan, dapat menyebabkan keramik memuai dan menyusut secara drastis. Kontraksi dan ekspansi yang berlebihan pada keramik akibat perubahan suhu ini tentunya dapat menyebabkan keramik retak dan meledak.

8. Guncangan dan Benturan pada Lantai Keramik

Selain suhu, guncangan dan benturan pada lantai keramik juga dapat merusak struktur dan menyebabkan meledaknya lapisan keramik. Berbagai penyebab guncangan, seperti jatuhnya benda berat dan terjadinya benturan yang keras dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada keramik dan mengakibatkan meledaknya keramik lantai.

9. Faktor Bencana Alam 

Ketika bencana alam seperti gempa bumi terjadi, getaran dan pergerakan tanah yang kuat menyebabkan kerusakan struktural pada bangunan, termasuk lantai keramik. Meskipun keramik memiliki kekuatan tertentu untuk menahan tekanan dan beban, tetapi keramik tetap rentan terhadap kerusakan akibat gempa bumi yang kuat. Getaran kuat ini dapat menyebabkan keramik pecah, retak, hingga meledak.

10. Faktor Usia Lantai

Terakhir, faktor usia lantai juga perlu dipertimbangkan. Lantai keramik yang sudah tua atau mengalami kerusakan akibat usia dapat menjadi lebih rentan terhadap kerusakan dan tekanan. Penuaan material dapat menyebabkan penurunan kekuatan struktural sehingga meningkatkan risiko terjadinya lapisan keramik yang meledak.

Baca juga: 9 Jenis Keramik yang Paling Sering Dipakai pada Bangunan

Solusi untuk Mengatasi Masalah Lantai Keramik Meledak

Masalah lantai keramik yang meledak dapat menjadi sumber kekhawatiran bagi pemilik bangunan. Meski begitu, terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini dan menjaga keamanan, serta keindahan lantai keramik Anda.

1. Melakukan Pemeriksaan Rutin pada Lantai Keramik

Pemeriksaan rutin merupakan langkah penting dalam menjaga lantai keramik tetap dalam keadaan baik. Pemeriksaan secara berkala memungkinkan Anda mendeteksi potensi masalah, seperti retak dan perubahan warna yang dapat menyebabkan keramik meledak. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan sistematis.

2. Memastikan Pemasangan Keramik yang Benar

Pemasangan keramik yang benar sangat penting untuk mencegah meledaknya keramik. Saat memasang keramik, Anda perlu memastikan bahwa  proses pemasangan dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan mengikuti petunjuk pemasangan yang benar. Ini termasuk memastikan bahwa permukaan lantai sudah rata, menggunakan perekat atau semen yang tepat, dan memerhatikan faktor suhu dan kelembapan selama proses pemasangan.

3. Menjaga Kebersihan Keramik

Selain estetika, kebersihan keramik juga dapat memengaruhi keamanan lantai. Debu, kotoran, atau bahan kimia yang menempel pada permukaan berpotensi merusak keramik. Maka dari itu, membersihkan keramik secara teratur menjadi langkah cerdas untuk menghindari tumpukan kotoran yang dapat merusak permukaan keramik. 

4. Memastikan Permukaan Lantai Rata

Permukaan lantai yang rata dapat mengurangi risiko keramik pecah atau meledak. Jika diperlukan, Anda dapat melakukan perataan atau perbaikan pada permukaan lantai untuk memastikan kestabilan dan keamanan keramik. Selain itu, untuk memastikan permukaan lantai rata sebelum dipasang keramik, Anda dapat menggunakan alat leveling, seperti water level atau digital level.

5. Melakukan Perbaikan dan Penggantian 

Jika Anda menemukan adanya kerusakan atau masalah pada lantai keramik, segera lakukan tindakan perbaikan atau penggantian yang diperlukan. Mengabaikan masalah tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius dan membahayakan keselamatan pada masa mendatang. Dengan demikian, pastikan untuk menggunakan bahan yang berkualitas dan mengikuti prosedur perbaikan yang benar.

Baca juga: 10 Rekomendasi Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin

Kini, Anda sudah lebih memahami tentang penyebab lantai keramik meledak. Mulai dari adanya perubahan suhu, permukaan lantai tidak rata, hingga adanya guncangan dan benturan, sejumlah penyebab ini dapat meningkatkan potensi meledaknya lantai keramik. Melalui langkah solutif, seperti melakukan pemeriksaan rutin dan segera melakukan perbaikan jika terdapat kerusakan, ini dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada lantai keramik Anda.

Apabila Anda menemukan kerusakan pada lantai keramik, pertimbangkan untuk segera mencari material bahan bangunan baru di Klopmart. Di Klopmart, kami menyediakan berbagai kebutuhan material konstruksi yang berkualitas dan terjamin keasliannya. 

bahan material bangunan

Klopmart, sebagai toko jual material bahan bangunan online terlengkap, kami menawarkan kebutuhan struktural hingga penyelesaian dan penunjang konstruksi. Bukan hanya itu saja, Klopmart juga menyediakan situs web yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja untuk kemudahan dan kecepatan dalam berbelanja.

Jangan menunda lagi! Langsung kunjungi Klopmart sekarang dan wujudkan hasil proyek konstruksi yang optimal.

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya