Scaffolding

10 Tips dan Pilihan Desain Kios Minimalis 1 Lantai Untuk Anda

Media
19 Mar 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bingung memilih desain kios minimalis 1 lantai yang tepat? Kebingungan ini mungkin bermula karena ruang yang Anda punya tidak besar, tetapi tetap harus berfungsi sebagai tempat berjualan yang nyaman. Wajar jika Anda bingung. Untuk memaksimalkan semua ruang kios yang ada memang membutuhkan usaha dan kreativitas. Oleh karena itulah pada artikel kali ini kami akan memberikan ide dan inspirasi desain minimalis untuk kios satu lantai yang bisa Anda coba. 

Ide Desain Kios Minimalis 1 Lantai

Membuat kios Anda menjadi nyaman untuk konsumen atau pelanggan adalah hal yang paling penting. Dalam mengatasi ruangan yang tidak terlalu luas, menjadikannya simpel dan elegan bisa menjadi alternatif terbaik. Berdasarkan hal itu, berikut ini kami sajikan beberapa desain yang simpel dan elegan namun tetap memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Baca juga: Desain Rumah 2 Lantai Terbaik, Pilih Mana?

1. Menggunakan Pencahayaan yang Baik


Menggunakan pencahayaan yang baik akan membuat kios terasa lebih terang. Kios yang terang pada dasarnya akan menarik dan eye catching bagi pelanggan, sehingga mereka jadi ingin datang dan melihat produk yang Anda jual. Inilah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan pencahayaan yang baik sebagai salah satu ide desain kios minimalis 1 lantai Anda.

Tidak hanya untuk menerangi, pengaturan cahaya yang baik bisa memberikan suasana yang nyaman bagi konsumen yang datang berkunjung. Warna cahaya lampu yang digunakan juga perlu disesuaikan dengan warna tempat kios yang Anda punya. Apabila ingin menjadikannya nyaman, menggunakan warna natural atau earth tone bisa jadi pilihan.

Untuk melengkapi warna earth tone, Anda bisa menggunakan warna lampu yang sedikit hangat, seperti warm white. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa menggunakan lampu LED pada sisi-sisi produk untuk dibuat dekorasi sekaligus penekanan terhadap produk yang dijual. 

2. Memilih Perabot Multifungsi


Ide desain kios minimalis 1 lantai berarti Anda tidak perlu menaruh banyak barang atau perabot. Cukup beberapa perabot penting yang menunjang dekorasi sekaligus berguna untuk banyak hal. Misalnya Anda dapat menaruh meja makan yang bisa dilipat atau meja makan yang memiliki tempat penyimpanan tambahan. Dengan menggunakan perabot multifungsi, Anda jadi dapat memaksimalkan setiap sudut kios dengan baik. 

Ini tidak hanya membuat kios elegan dan simpel, tetapi juga memudahkan akses jalan bagi Anda dan pelanggan untuk bisa berkomunikasi. Perabot yang sedikit mengindikasikan ruangan yang terasa luas dan lebih terbuka. Anda dan pelanggan jadi bisa mencari produk dengan baik tanpa pusing atau kewalahan karena ruangan yang terasa sempit dan pengap. 

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur dari Perabot Kayu dengan Mudah

3. Mengatur Penempatan Produk


Untuk membuat produk terlihat pelanggan, Anda bisa menempatkannya di tengah-tengah ruangan. Meskipun ruangan tidak luas, Anda tetap bisa bermain dengan desain melalui penggunaan perabot untuk menampilkan produk, serta sentuhan warna. Beberapa sentuhan warna mencolok pada perabot bisa memberikan tekanan pada pelanggan yang datang untuk fokus pada produk tersebut. 

4. Menggunakan Pintu dan Jendela Berkaca Besar


Menggunakan pintu kaca dan jendela besar bisa menjadikan ruangan menjadi lebih terang saat siang hari. Ruangan juga akan terasa lebih besar. Selain itu pelanggan bisa melihat apa yang ada di dalam kios dan produk apa saja yang dijual. Apabila desain dalam ruangan menarik dan nyaman, pelanggan pasti akan bersinggah pada kios Anda.

Baca juga: 7 Macam Pintu Berdasarkan Material yang Digunakan

5. Fokus pada Detail Kecil


Desain minimalis tidak berarti mengabaikan detail kecil. Sebaliknya, fokus pada detail kecil seperti pegangan pintu, hiasan dinding, atau tata letak rak dapat menambahkan sentuhan keindahan pada kios Anda. Pilih detail yang sejalan dengan estetika keseluruhan dan memberikan nilai tambah bagi pengalaman pelanggan.

Tips Menjalankan Bisnis di Kios Minimalis 1 Lantai


Membuka dan menjalankan usaha di kios minimalis 1 lantai dapat menjadi peluang yang menarik. Namun, kesuksesan dalam usaha ini memerlukan perencanaan yang matang dan strategi yang efektif.

Berikut adalah 10 tips sukses untuk membantu Anda menjalankan usaha di kios minimalis dengan baik:

1. Pilih Produk yang Tepat

Penting untuk memilih produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan target pasar. Lakukan riset pasar untuk memahami tren terbaru dan preferensi konsumen sehingga Anda dapat menawarkan produk yang diminati.

2. Pertimbangkan Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah kunci sukses dalam bisnis kios. Pilih lokasi yang strategis, dekat dengan target pasar, mudah diakses, dan memiliki lalu lintas yang cukup tinggi.

3. Buat Konsep Desain Menarik

Desain kios minimalis perlu menarik dan mencerminkan identitas bisnis Anda. Fokus pada estetika yang sederhana namun menarik, sehingga kios Anda dapat menarik perhatian pelanggan.

4. Gunakan Material Berkualitas

Investasikan pada material berkualitas untuk perabotan dan dekorasi kios Anda. Material yang tahan lama tidak hanya memberikan tampilan yang lebih baik, tetapi juga mengurangi biaya perawatan jangka panjang.

Baca juga: Agar Hemat Budget, Ini Daftar Harga Bahan Bangunan 2023

5. Jaga Kebersihan dan Kerapihan

Kios yang bersih dan rapi memberikan kesan profesional dan memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Jadwalkan pembersihan dan perawatan rutin untuk menjaga kondisi kios tetap prima.

6. Berikan Pelayanan yang Baik

Pelayanan pelanggan yang ramah, efisien, dan profesional adalah kunci untuk membangun hubungan baik dengan konsumen. Membuat pelanggan merasa dihargai dapat meningkatkan loyalitas mereka.

7. Tetapkan Harga yang kompetitif

Cari tahu harga yang berlaku di pasar dan tetapkan harga yang bersaing. Harga yang masuk akal dan kompetitif akan membantu Anda menarik lebih banyak konsumen.

8. Manfaatkan Teknologi

Teknologi dapat meningkatkan efisiensi operasional Anda. Gunakan perangkat kasir modern, sistem pembayaran digital, atau platform pemasaran online untuk memperluas jangkauan Anda.

9. Gunakan Promosi yang Tepat

Promosi seperti diskon, bundling produk, atau program loyalitas dapat meningkatkan minat konsumen dan menggerakkan penjualan. Pilih strategi promosi yang sesuai dengan target pasar Anda.

10. Evaluasi Secara Rutin

Lakukan evaluasi secara rutin terhadap kinerja kios Anda. Tinjau penjualan, stok produk, kepuasan pelanggan, dan biaya operasional. Evaluasi ini membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengoptimalkan kinerja bisnis Anda.

Dalam menjalankan usaha di kios minimalis 1 lantai, kesuksesan tidak hanya bergantung pada produk yang Anda jual, tetapi juga pada bagaimana Anda mengelola operasional, berinteraksi dengan pelanggan, dan beradaptasi dengan perubahan pasar.

Kesimpulan

Anda bisa mulai memikirkan dan mencoba beberapa ide dan desain yang sudah dijelaskan di atas. Namun Anda tidak perlu terpaku dengan ide yang ada. Anda bisa berkreasi dan menggunakan kreativitas dengan bebas sesuai keinginan. Saat ingin membuat desain dan membangun kios Anda sendiri, jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan. 

Saat menggunakan perancah atau scaffolding untuk pembangunan, cross brace scaffolding juga perlu digunakan sebagai tambahan pelindung. Cross brace scaffolding akan membuat frame dapat berdiri tegak dan kuat, jadi saat digunakan tidak akan membahayakan keselamatan. Terdapat dua ukuran cross brace scaffolding yang bisa dipilih di KlopMart. 

KlopMart menyediakan banyak bahan material yang Anda butuhkan. Jadi, silakan mengunjungi website KlopMart untuk mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat desain kios minimalis 1 lantai Anda menjadi kenyataan. 

Sumber artikel:

  • https://www.designcurial.com/news/how-to-use-minimalism-in-retail-design-7246136/

  • https://www.rajarak.co.id/2023/05/desain-kios-minimalis-1-lantai.html?m=1

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya