Download Klopmart App

Pusat Bantuan

Apa Itu Cat Warna Kayu Natural?

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal cat warna kayu natural sebagai bahan untuk pernis ataupun plitur untuk produk berbahan kayu. Padahal, pernis dan plitur merupakan dua hal yang jauh berbeda. Perlu diketahui, plitur merupakan cat kayu yang berbahan dasar resin serangga. Sementara itu, pernis adalah cat warna kayu yang dibuat dengan menggunakan getah damar. Kedua jenis cat kayu ini bahkan memiliki tingkat warna kayu yang berbeda. Mengaplikasikan cat warna kayu natural dapat menciptakan tampilan gloss dan mewah pada furnitur di rumah Anda.

Berikut informasi lebih lanjut mengenai penggunaan cat warna kayu secara tepat, agar Anda bisa mendapatkan tampilan furnitur berbahan kayu lebih maksimal.

Baca Juga: Jenis-jenis kayu Indonesia

 

Mengenal jenis-jenis kayu untuk furnitur

Secara alami, setiap jenis kayu memiliki warna yang berbeda. Beberapa bahkan terlihat belang dan butuh penyeragaman warna. Untuk itu, pastikan Anda sudah memahami jenis-jenis kayu dari masing-masing furnitur yang akan dicat. Misalnya, furnitur yang berbahan kayu jati Belanda. Dari segi tampilan saja, Anda sudah bisa menemukan banyak mata kayu dan bekas noda blue stain sehingga warna natural yang dimiliki belum sempurna.

Di sisi lain, ada pula furnitur yang menggunakan bahan kayu pinus. Ini merupakan jenis kayu yang paling banyak digunakan oleh pengrajin mebel, karena seratnya halus dan motif garis kayu yang dimiliki terlihat begitu estetik. Sayangnya, bahan kayu pinus ini juga memiliki mata kayu dalam jumlah banyak, sehingga alur minyaknya sangat terlihat. Ada pula jenis furnitur kayu dari bahan-bahan sisa, yang disebut dengan recycle wood. Karena dibentuk dari warna kayu yang berbeda, maka furnitur berbahan recycle wood juga memiliki warna yang berbeda-beda.

 

Panduan menyeragamkan warna kayu

Nah, setelah Anda memahami jenis kayu yang digunakan maka ini saat yang tepat untuk menyeragamkan warna kayu tersebut. Proses ini bisa dilakukan sebelum tahap finishing dengan pernis maupun plitur. Anda bisa menggunakan cat warna kayu yang sesuai dengan warna dominan yang dibawa oleh kayu tersebut. Sebelumnya, lebih dulu lakukan tusir pada permukaan kayu dengan wood stain. Sapukan secara tipis-tipis dan merata, sehingga furnitur memiliki tone warna yang seragam. Biarkan kering sempurna sebelum dilapisi pernis maupun plitur.

 

Tips finishing menggunakan cat warna kayu natural

Mengaplikasikan cat warna kayu natural tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dibutuhkan teknik yang tepat agar cat kayu natural bisa menempel sempurna, rata, dan halus. Sebaiknya pilih cat yang mengandung bahan anti jamur dan tahan terhadap segala cuaca. Jika sudah siap, Anda bisa mengecat furnitur kayu menggunakan spray system. Namun demikian, pastikan kayu berada dalam keadaan kering serta bersih dari debu dan kotoran. Sapukan warna cat kayu natural yang diinginkan dan tunggu hingga furnitur benar-benar kering sebelum digunakan.

 

Itulah tadi beberapa hal tentang cat warna kayu natural yang selama ini masih jarang diketahui. Dengan melakukan pengecatan yang tepat, maka Anda pun bisa mendapatkan furnitur dengan kualitas warna yang terbaik. Di samping itu, furnitur juga jadi lebih awet untuk pemakaian jangka panjang karena telah dilapisi dengan bahan-bahan yang tepat sesuai dengan jenis kayu yang digunakan. Jadi, bagaimana dengan furnitur kayu di rumah Anda? Apakah semuanya sudah terlindungi dengan maksimal? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Cek harga klik disini

Related Article