4 Cara Membersihkan Jamur dari Perabot Kayu dan Pencegahannya

Musim hujan sudah tiba. Curah hujan yang tinggi dapat membuat genangan air di mana-mana. Banjir juga sudah mengintai dan dapat menyerbu kapan saja apalagi jika saluran drainase di lingkungan kita tidak dijaga kebersihannya.

Musim hujan bukan saja menyebabkan curah hujan tinggi, tetapi tingkat kelembaban udara pun meningkat. Udara yang lembab juga dapat mempengaruhi kondisi perabotan kayu di rumah kita. Jamur akan mudah tumbuh di permukaannya. Umumnya jamur ini terlihat seperti serpihan-serpihan atau bulu-bulu halus yang menempel pada permukaan kayu yang dimulai dari satu area kecil yang kemudian menyebar lebih besar setiap harinya.


Cara Membersihkan Jamur dari Perabot Kayu

Jamur menyebabkan kayu rusak karena lapuk dan juga mengganggu pernafasan kita. Barang-barang yang disimpan di dalamnya juga menjadi lembab dan berbau apek. Jangan tunggu hingga jamur meluas pertumbuhannya, segera ikuti cara membersihkan furnitur kayu dari jamur dengan efektif seperti berikut ini:
 

1. Perhatikan sirkulasi udara segar

Bukalah jendela dan pintu ruangan tempat kita membersihkan perabotan kayu tersebut. Pastikan udara bersih mengalir dengan leluasa.
 

2. Gunakan alat pelindung diri

Kenakanlah masker pernafasan, sarung tangan dan juga kacamata pelindung. Apapun kata orang, ingatlah bahwa safety first!
 

3. Gunakan Cairan Pembersih Kayu

Bersihkan permukaan kayu dari jamur dengan mengoleskan cairan pembersih yang dapat kita buat sendiri ataupun kita beli di pasar swalayan. Beberapa cairan pembersih tersebut:

  • Alkohol. Gunakan alcohol berkadar 70 – 80 % untuk menggosok permukaan kayu yang terkena jamur. Gunakan lap kering untuk mengoleskan alcohol tersebut. Alkohol dapat mematikan jamur dengan cepat.
  • Larutan cuka. Larutkan cuka dengan air, namun jangan terlalu banyak karena dapat mengurangi kadar keasamannya. Oleskan dengan lap kering atau semprotkan ke permukaan yang terkena jamur.
  • Larutan campuran air jeruk nipis dan garam. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan garam dapur. Oleskan larutan ini pada permukaan kayu yang ditumbuhi jamur.
  • Cairan pembersih kayu. Cairan khusus ini banyak dijual di pasar swalayan. Caranya pun mudah, cukup oleskan cairan ini ke permukaan kayu dengan lap kering atau kuas.
     

4. Keringkan furniture yang sudah dibersihkan

Setelah itu keringkan dengan diangin-anginkan. Jika campuran air pada cairan pembersih terlalu banyak, hal ini malah akan menyebabkan jamur tumbuh lagi. Oleh sebab itu lap hingga tidak air yang berlebihan pada permukaan kayu.


Cegahlah pertumbuhan jamur pada perabot kayu:

  1. Lapisi permukaan kayu dengan pernis atau melamin. Hal ini akan menghambat dan mencegah jamur tumbuh lagi di permukaan perabot.
  2. Bersihkan lemari atau perabot kayu dengan rutin.
  3. Sedapat mungkin beri jarak dengan dinding sehingga kelembapan dari dinding tidak diserap oleh kayu.
  4. Alasi rak kayu dengan lembaran kertas kopi atau kertas Koran. Hal ini mengurangi kelembapan di dalam lemari dan mencegah kontak antara permukaan kayu dengan benda-benda yang mungkin dapat memicu pertumbuhan jamur.
  5. Tempatkan kapur barus atau kamper pada lemari. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan jamur.
  6. Gunakan alat penyerap air yang banyak dijual di pasaran. Alat ini berguna menyerap uap air pada udara di dalam lemari sehingga kelembapan berkurang dan jamur pun enggan tumbuh lagi.
  7. Pastikan sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan.
  8. Pastikan pencahayaan yang baik di dalam ruangan, Ruangan yang gelap dan lembab adalah tempat yang disukai oleh jamur.

Semoga furniture dan perabot kayu Anda dapat terbebas dari jamur. Jika jamur sudah sedemikian parahnya menguasai seluruh permukaan perabot hingga ke rangka dan sudah merusak permukaan dan strukturnya, pertimbangkan untuk membuang perabot tersebut untuk mencegah menyebarnya jamur ke perabot lain dalam rumah Anda!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya