Macam-macam Pintu di Rumah

Ada macam-macam pintu yang bisa dijadikan pilihan saat sedang membangun rumah. Terlebih mengingat pintu adalah salah satu elemen penting di sini. Sebelum Anda membeli pintu, ada baiknya ketahui dulu beberapa macam pintu yang tersedia sekarang. Ulasan di bawah ini akan memberikan Anda gambaran singkat tentang beberapa jenis pintu yang bisa Anda gunakan nantinya.
 

Macam-macam Pintu Rumah

Ada berbagai macam-macam pintu rumah yang menarik untuk Anda kenal, khususnya jika ingin melakukan pembangunan atau renovasi tempat tinggal.
 

1. Pintu aluminium

Belakangan ini, pintu aluminum juga populer untuk dipakai dalam pembangunan rumah. Ini karena bahannya yang ringan, kuat, dan tidak mudah lapuk atau berkarat. Pintu aluminium ini dianggap sangat cocok dengan iklim Indonesia dibandingkan dengan macam-macam pintu lainnya karena kualitasnya yang lebih awet dan tahan lama. Perawatannya pun tidak sulit dan pintu aluminium bisa dibuat dengan cara custom. Selain pintu, ternyata saat ini juga sudah mulai banyak yang menggunakan kusen aluminum.
 

2. Pintu baja

Desain pintu baja umumnya dapat Anda lihat dipakai untuk pintu-pintu utama di rumah. Beberapa pintu baja juga didesain sebagai rangkap pintu ganda di beberapa jenis rumah. Baja dikenal sebagai material yang kokoh dan mudah sekali pemasangan. Salah satu jenis pintu yang dianggap efisien dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan ukuran dan desain.
 

3. Pintu fiberglass

Berikutnya ada pintu fiberglass. Jenis material yang terbuat dari anyaman kaca. Tidak heran kalau fiberglass jauh lebih ringan, aman, dan juga tidak mudah pecah dibandingkan dengan kaca biasa. Bahan fiberglass juga disebut-sebut tangguh menghadapi cuaca ekstrim. Pintu fiberglass sering dijadikan sebagai pintu panel dengan beberapa pilihan desain dan corak guna memperindah interior ruang. Memadupadankan bahan fiberglass dengan bahan lainnya juga bisa dipertimbangkan.

Baca juga: 7 Cara Membuat Pintu Lemari Geser dari Triplek Sederhana
 

4. Pintu kaca

Pintu kaca umumnya digunakan untuk menghadirkan kesan yang lebih luas pada ruang-ruang sempit. Fungsi pintu kaca seolah menghilangkan batas-batas ruang dan membuat rumah terasa lebih lapang. Tidak hanya itu, suasana yang asri juga bisa dihidupkan dengan memaki jenis pintu yang satu ini. Biasanya pintu kaca dibuat dengan desain rolling door untuk menjaga keamanannya. Selain itu, bahan kaca juga bisa dipadukan dengan material jenis pintu lainnya.
 

5. Pintu lipat

Pintu lipat atau folding door juga bisa jadi pilihan untuk menghilangkan partisi dalam ruangan di rumah. Pintu jenis ini bisa memberi lebih banyak ruang di rumah Anda. Variasi jenisnya pun tidak sedikit. Anda bisa memilih jenis material tertentu, desain, hingga ukuran untuk pintu lipat yang dibutuhkan ini nantinya.
 

6. Pintu kayu

Dari macam-macam pintu yang ada, pintu kayu bisa jadi jenis yang paling umum dan sangat sering dijumpai, terutama pada sebagian besar desain rumah di Indonesia. Ini karena materialnya sendiri yang mudah didapat dan dianggap cocok untuk banyak jenis atau tema interior. Pintu kayu selalu berhasil memberikan berbagai kesan, baik itu estetis, minimalis, hingga berkelas. Semuanya bisa disesuaikan dengan desain yang Anda inginkan kemudian.
 

7. Pintu PVC

Terakhir, ada pintu PVC . Kepanjangan dari PVC adala Poly Vinyl Chloride, yakni bahan plastik yang sama yang umumnya dipakai untuk membuat pipa atau tangki air. Pintu PVC adalah salah satu jenis pintu yang range harganya sangat terjangkau dan tersedia dalam berbagai jenis ukuran, warna, serta desain corak. Dengan kata lain, pintu PVC juga mudah untuk dipadupadankan dengan tema interior di rumah Anda.

Namun perlu diingat, pintu PVC yang terbuat dari plastik ini sebaiknya tidak dijadikan pintu utama. Ini karena materialnya yang tidak tahan terhadap panas matahari. Umumnya, pintu PVC digunakan sebagai pintu kamar mandi atau pintu indoor. Itu dia ulasan tentang macam-macam pintu di rumah, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda nantinya.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
17 Jul 2021

Related Article