Home & Living

Agar Hemat Budget, Ini Daftar Harga Bahan Bangunan 2022

Daftar harga bahan bangunan adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum merenovasi atau membangun rumah. Dengan mengetahui harga bahan bangunan, Anda dapat memperkirakan berapa dana yang harus dikeluarkan untuk merenovasi atau pun membangun rumah. Untuk membantu Anda menghemat budget, berikut daftar harga material bahan bangunan terbaru tahun 2022.

Ada banyak jenis-jenis bahan bangunan yang digunakan dalam membangun rumah. Perhatikan daftar berikut dan tentukan saja mana yang Anda perlukan.

Apa saja bahan bangunan yang kira-kira akan Anda butuhkan?

Ada banyak sekali jenis bahan bangunan, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya budget yang tersedia. Jika Anda berniat membangun rumah, bahan bangunan yang dibutuhkan tentu lebih variatif dibanding saat merenovasi ruangan. Namun, tentu ada beberapa jenis yang pasti digunakan, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Semen

Material ini sangat penting dalam proyek bangunan. Mulai dari membuat fondasi hingga plester dinding, semuanya membutuhkan semen.

2. Pasir

Seperti semen, pasir pun punya peran krusial dalam proyek bangunan. Pasir umumnya dijadikan campuran dengan air dan semen kemudian menjadi perekat batu bata untuk membentuk dinding dan lantai. Harga pasir pun beragam sesuai jenisnya.

3. Batu

Material batu digunakan untuk membentuk fondasi bangunan. Umumnya jenis batu yang digunakan adalah batu gunung dan batu kali.

4. Besi

Membentuk kerangka bangunan yang kokoh diperlukan material besi. Selain itu, baja juga bisa digunakan untuk membentuk atap bangunan. Atau bisa juga menggunakan besi beton sebagai penguat kerangka bangunan, karena memiliki variasi ukuran dan harga besi beton yang beragam.

5. Batu bata

Bata adalah elemen krusial dalam proyek bangunan, Batu bata biasanya digunakan untuk menyusun dinding serta lantai. Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan batu bata merah, batu bata batako, ataupun bata ringan.

6. Kerikil atau batu pecah

Agar bangunan lebih kokoh dan kuat, kerikil atau batu split ditambahkan kedalam campuran semen dan pasir untuk menghasilkan beton.

7. Cat

Cat rumah tak hanya berguna sebagai pelengkap interior melainkan juga eksterior rumah. Dalam hal ini, cat rumah dipakai sebagai pelindung dinding rumah dari panas matahari, hujan, udara lembab dan jamur. 

Harga cat pun bermacam-macam sesuai merk dan teknologi yang dipakai. Contohnya seperti dulux weather shield exterior yang merupakan cat khusus eksterior yang tahan cuaca ekstrim. Atau  dulux pentalite standard colour dengan beragam warna menarik yang ditawarkan

Itulah beberapa jenis bahan bangunan yang sering digunakan dalam proyek bangunan. 

 Daftar Harga Bahan Bangunan 2022 untuk Panduan Anda

Untuk memudahkan Anda dalam memperkirakan anggaran membangun atau merenovasi rumah, berikut ini daftar harga bahan bangunan terbaru di tahun 2022.

No

Jenis

Harga material

1

Semen

Rp60.000-Rp70.000/sak (berat 40-50kg)

2

Batu kali

Rp185.000/m3

3

Pasir beton

Rp350.000/m3

4

Pasir biasa

Rp320.000/m3

5

Batako

Rp3.500/pc

6

Bata ringan

Rp750.000/m3(ukuran 60x20x7,5 cm)

7

Besi

Mulai dari Rp20.000 (menyesuaikan panjang)

8

Kayu

Mulai dari Rp7.500 – Rp140.000 (menyesuaikan ukuran)

9

Genteng

Mulai dari Rp1.600 – Rp3.000/pc

10

Cat tembok

Mulai dari Rp160.000/kaleng (ukuran 2,5 liter)

Lalu, kira-kira berapa budget anggaran yang Anda harus siapkan?

Setelah mengetahui harga bahan bangunan, kini Anda bisa membuat perkiraan anggaran dengan lebih akurat. Anda memang dapat memercayakannya pada jasa kontraktor, namun tentu tak ada salahnya jika perkiraan anggaran bangunan ini dihitung sendiri. Berikut contoh perkiraan anggaran proyek bangunan dari data harga bangunan tahun 2022.

Pertama-tama Anda perlu tahu dengan pasti luas bidang bangunan yang akan dibangun atau direnovasi. Setelah itu baru Anda baru bisa mengalikannya dengan jumlah bahan bangunan. Katakanlah Anda ingin menambahkan sebuah ruang dengan ukuran luas 80m2 di rumah. Berapa dana yang harus dianggarkan untuk bata ringan?

  • Luas ruang: 80m2
  • Jumlah bata yang dibutuhkan per m2: 0,086 m3
  • Jumlah bata yang dibutuhkan untuk ruang baru : 80m2x  0,086m3 = 6,88 m3
  • Jumlah dana yang harus dipersiapkan : 6,88 m3x Rp750.000 = Rp5.160.000

Maka Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp5.160.000 untuk bata ringan. Jika merasa ragu, Anda bisa membulatkan angka 6,88m3 menjadi 7m3. Dengan begitu dana yang harus disiapkan adalah Rp5.250.000. Hasilnya pun akan berbeda jika Anda mengganti bata ringan dengan batu bata merah oven atau batu bata batako karena harga batu bata sedikit lebih tinggi.

Demikian daftar harga bahan bangunan serta cara menghitung budget yang akan Anda perlukan. Membangun atau merenovasi rumah jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit. Agar pengeluaran Anda tidak membengkak maka diperlukan anggaran dana yang jelas. Harga bahan bangunan di atas bisa Anda jadikan acuan untuk membuat anggaran dana pembangunan yang rinci dan tentunya hemat. Semoga sukses!

Media
Admin Klopmart
31 Jan 2022
Inspirasi Lainnya
Mengetahui Apa itu Abutment Jembatan dan Jenis-Jenisnya

Konstruksi

Mengetahui Apa itu Abutment Jembatan dan Jenis-Jenisnya

Selengkapnya
4 Jenis Teknologi Konstruksi dan Perkembangannya

Konstruksi

4 Jenis Teknologi Konstruksi dan Perkembangannya

Selengkapnya
12 Jenis-Jenis Proyek Konstruksi Disertai Contoh!

Konstruksi

12 Jenis-Jenis Proyek Konstruksi Disertai Contoh!

Selengkapnya