11 Cara Pasang Bondek yang Presisi sesuai Urutannya

Anda perlu memahami cara pasang bondek yang benar sebelum melakukan pengecoran pada sebuah konstruksi. Tanpa adanya bondek yang rapi, hasil pengecoran justru terlihat berantakan dan berpengaruh pada tampilan akhir bangunan.


Bondek sudah lama dikenal di dunia konstruksi, tetapi masih banyak yang belum memahami fungsi dan kelebihannya. Belum lagi, tidak sedikit orang melakukan kesalahan dalam proses pemasangan bondek sehingga estetika bangunan menjadi terganggu.

Klopmart akan membahas tentang seluk-beluk bondek dan cara pemasangannya yang benar di artikel ini. Simak sampai selesai, ya.

Cara Pasang Bondek secara Berurutan

Bondek alias floor deck merupakan material untuk melapisi material coran sekaligus menahan tekanan beton pada bangunan bertingkat. Biasanya, bondek digunakan sebagai alternatif papan kayu atau tripleks untuk pengecoran. 

Kelebihan yang ditawarkan oleh bondek membuat material ini menjadi pilihan unggul untuk material coran. Proses pengecoran menjadi lebih cepat dan praktis dengan menggunakan bondek. Kualitas dan hasil akhirnya pun tidak diragukan lagi, hasil coran malah menjadi kuat dan kokoh karena Anda tidak perlu melepaskan bondek dari coran setelah mengeras.

Proses pemasangan bondek yang tidak rumit juga menjadi nilai plus dari material ini. Walaupun mudah, Anda tetap harus melakukannya secara berurutan dan teliti. Bagaimana langkah pemasangan bondek yang tepat agar material corannya makin kokoh? Ikuti tahapannya di bawah ini.

1. Siapkan Alat dan Material Bangunan

Pastikan dahulu bahwa semua peralatan dan material konstruksi yang diperlukan sudah tersedia di lokasi konstruksi. Material yang wajib ada dalam proses penyusunan bondek adalah lembaran bondek, kawat penyangga, wiremesh, dan bahan bangunan untuk coran. Siapkan juga pita pengukur supaya penyusunan bondeknya lebih presisi.

2. Buat Balok Penyangga

Mulailah membangun balok penyangga terlebih dahulu sebagai menopang bondeknya. Balok penyangga yang tepat biasanya tergantung pada jenis atau standar bondek yang akan digunakan. Rekatkan balok penyangga ke lantai rumah dengan cara dicor agar tidak mudah goyah.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengkilapkan Lantai Ubin Rumah?

3. Masukkan Kawat Penopang

Berikutnya, pasang kawat penyangga di bagian tepi balok penopang yang telah selesai dibuat. Kawat penyangga ini berfungsi sebagai pengikat wiremesh yang dipasang nantinya. Berikan jarak selebar 1,5 meter antar kawat penyangganya dan pastikan posisinya sudah rata supaya bondeknya tidak miring saat dipasang.

4. Mulai Memasang Bondek

Setelah seluruh bagian penyangganya terpasang, mulailah memasang bondek dengan cara menggelarnya. Posisi bondek harus berada sejauh 2,5 cm dari sisi balok penopang. Pastikan sisi bondek yang terpasang tidak terbalik antara bagian atas dan bawahnya.

5. Tutup Bagian Berlubang pada Bondek

Ketika dilihat, Anda pasti menemukan beberapa bagian yang berlubang di bagian tengah dan sampingnya. Lubang tersebut berperan sebagai penopang kolom lantai atas pada sebuah bangunan. Tutupi bagian yang berlubang tersebut dengan semen sebelum lanjut ke langkah berikutnya.

6. Kunci Bondek dengan Paku

Bondek yang sudah dipasang harus dikunci erat dengan menggunakan paku. Langkah ini diperlukan supaya bondek tidak bergeser atau goyang ketika dicor. Cara menguncinya, tutup lubang-lubang kecil yang terdapat di beberapa bagian bondek dengan paku.

Baca juga: 8 Macam Paku yang Harus Anda Kenali

7. Rapikan Area Bawah Bondek

Lihatlah dinding rumah di bagian bawah bondek sebelum memasang wiremesh atau tulangan besi. Rapikan bagian semen atau material bangunan yang tercecer dari sisa pengecoran sebelumnya agar hasilnya makin mulus. 

8. Pasang Wiremesh dan Stek

Sekarang waktunya untuk memasang wiremesh untuk menyangga lantai di tingkat atas bangunan. Pasanglah serapi mungkin dan berikan jarak 1,5 cm antara bondek dan wiremesh. Setelahnya, kaitkan wiremesh dengan stek atau kawat besi supaya ikatan antara lantai dan balok lebih kuat dan tidak mudah bergeser.

Baca juga: Ukuran Kawat Bendrat yang Beredar di Pasaran & Kegunaannya

9. Pasang Bekisting

Bekisting merupakan cetakan untuk pengecoran yang tersedia dalam bentuk kolom, dinding, balok, atau pelat. Cara memasang bekisting sangat mudah, Anda hanya perlu menempelkan papan di tepi balok penyangga dengan paku. Kaitkan paku yang ditancap di bagian luar papan dengan wiremesh supaya bekistingnya lebih kuat.

10. Mulai Lakukan Pengecoran

Bondek sudah selesai disusun dan Anda mulai bisa melakukan pengecoran di atasnya. Tuangkan coran di bagian atas bondek secara rapi dan perlahan. Anda tidak perlu melepaskan bondek dari coran apabila sudah selesai. Hasil coran pun tetap kuat dan strukturnya terlihat mulus saat dilihat.

11. Lakukan Finishing pada Lantai

Setelah selesai dicor, barulah Anda bisa memasang lantai di bagian atas sebuah bangunan. Jangan lupa untuk menambahkan finishing yang cantik supaya tampilan lantainya makin indah.

Anda tidak boleh melewatkan satu langkah sedikit pun dalam cara pasang bondek di atas. Proses ini pun harus dilakukan dengan memperhatikan detail berupa kerapian susunan bondek dan wiremesh agar tetap rapi. Penting pula untuk memastikan bahwa susunan bondek yang dipasang sudah kokoh dan tidak akan bergeser sebelum mulai melakukan pengecoran.

Baca juga: Cara Mengaci Lantai dengan Mudah dan Rapi

Tidak bisa dimungkiri bahwa material bondek yang tepat juga merupakan kunci penting dalam keberhasilan sebuah konstruksi. Kini, Anda bisa mendapatkan aplus bondek APLUSDECK dengan mudah secara online hanya di Klopmart, e-commerce material bangunan terbesar di Indonesia.


Kami menawarkan harga aplus bondek secara grosir, jadi Anda akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau apabila ingin membeli banyak. Belum lagi, sifatnya multifungsi sehingga bisa digunakan untuk keperluan konstruksi lainnya. Hubungi kami segera untuk mendapatkan produknya dan rasakan kemudahan berbelanja bahan bangunan secara online bersama Klopmart.

Praktikkan cara pasang bondek di atas supaya hasil pengecoran lantai di rumah Anda lebih mulus dan hasilnya sesuai ekspektasi.

Sumber artikel:

  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-pasang-bondek-yang-benar/ 
  • https://arafuru.com/sipil/panduan-lengkap-cara-memasang-bondek-secara-baik-dan-benar.html
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya