Konstruksi

4 Cara Mengaci Lantai dengan Mudah dan Rapi

Media
30 Agu 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Lantai acian merupakan sebuah tren yang sedang mengalami naik daun. Tren untuk mengekspos lantai rumah ini dapat membuat rumah kamu memiliki kesan yang menyatu dengan alam.

Tren lantai acian atau lantai semen ekspos ini sangat populer untuk diterapkan di berbagai jenis rumah. Misalnya, rumah dengan gaya industrial, minimalis, hingga klasik, dapat mendapatkan sentuhan lebih dengan mengaci lantai rumah terkait.

Ada cita rasa berbeda yang diberikan ketika Anda beerhasil mengekspos lantai semen poles dari rumah Anda. Tampilan lantai semen dapat membuat lantai rumah Anda memiliki kesan natural.

Penasaran dengan caranya? Simak rangkumannya di bawah ini bersama Klopmart.


 

Cara Mengaci Lantai

Tampilan lantai acian memang sangatlah sederhana. Didominasi warna abu-abu, Anda perlu melakukan perawatan yang terlalu sering untuk menjaga kondisi lantai ini. Bahkan dari sisi pembuatannya saja juga cukup mudah karena bisa Anda lakukan sendiri dengan bantuan beberapa tukang saja. 

Ya, jika memang Anda ingin membuat lantai acian sendiri, inilah beberapa cara mengaci lantai yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.
 

1. Pemadatan Tanah

Cara mengaci lantai yang pertama adalah memadatkan tanah. Anda bisa memadatkan tanah dengan alat stamper yang pasti selalu tersedia di dalam proses konstruksi bangunan. Jika tanah sudah padat secara sempurna sebagai pondasi, lapisi dengan pasir tebal 5 cm. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tanah yang menjadi pondasi mampu tetap kuat untuk proses selanjutnya, yaitu pembetonan lantai.
 

2. Membeton Lantai

Tanah yang telah dilapisi pasir tebal harus dalam kondisi padat untuk melakukan proses pembetonan. Sekarang waktunya rabat beton menggunakan besi tulangan wiremesh M5 satu lapis. Ada perbandingan di dalam melakukan proses ini, yaitu 1 semen : 3 pasir : 5 batu split. 

Supaya hasilnya lebih maksimal, ketebalan cor beton harus 8 cm. Ini merupakan aturan dasar yang sebaiknya dipahami dan diterapkan jika Anda ingin menggunakan cara mengaci lantai ini. Hal ini agar tidak ada masalah pada saat proses pengerjaan atau pada kemudian hari ketika sudah jadi dan digunakan.
 

3. Plesteran Semen

Proses membeton lantai harus ditunggu 1 hari agar kondisinya cukup kering. Jika sudah, plester lantai acian tersebut dengan pasir ekstra beton dengan ketebalan 1,5 cm. Ada perbandingan standar di dalam proses plesteran, yaitu 1 semen : 3 pasir. Kemudian berikan kawat ayam di atas lantai beton. Tepatnya di bagian tengah plesteran. Terkadang perlu diganjal agar posisinya tepat.

Jika Anda sedang tidak adak waktu namun ingin menggunakan cara mengaci lantai satu ini, Anda bisa menggunakan plesteran semen instan agar prosesnya lebih cepat. Namun jangan lupa untuk memastikan hasil plesteran merata. Memang dibutuhkan ketelitian dan keuletan dalam proses ini. Tapi usaha yang diberikan akan menghasilkan lantai acian yang sempurna.

Baca juga: 7 Fungsi Mortar dalam Pengerjaan Konstruksi Bangunan
 

4. Mengaci Semen

Langkah terakhir di dalam cara mengaci lantai adalah mengaci semen. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam setelah plesteran rata serta agak kering. Kemudian tuangkan acian semen yang telah disiapkan. 

Dalam proses pembuatan acian semen, Anda bisa melarutkan 1 kg lem putih dengan 1 ember air. Kemudian tuangkan semen ke dalam ember hingga ¾, lalu dilanjutkan dengan campuran lem putih dan air tersebut. Aduk terus hingga gelembung udara tidak terlihat lagi.

Itulah empat cara mengaci lantai dengan mudah dan rapi yang bisa diaplikasikan ke dalam bangunan rumah Anda. Mengaci lantai merupakan salah satu cara untuk mempercantik rumah Anda. Lantai acian semen dapat menimbulkan kesan natural dari rumah Anda. Cara mengaci lantai pun juga mudah dan ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.


Walaupun cara mengaci lantai cukup muduh, proses pembuatan lantai acian tidak boleh sembarangan. Termasuk dari pemilihan barang yang digunakan. Khusus untuk semen beton acian, Klopmart memiliki rekomendasi produk paling tepat untuk Anda maksimalkan, yaitu MU-700 Floor Hardener.

Produk ini adalah semen instan untuk bahan pelapis beton yang tahan gores serta tidak licin. Dengan informasi cara mengaci lantai yang diberikan, cek harga MU-700 Floor Hardener di Klopmart sekarang juga. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 6 Langkah Cara Mengaci Sudut Tembok dengan Rata

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya