4 Cara Mengaci Lantai dengan Mudah dan Rapi

Anda bisa membuat suasana rumah menjadi terasa menyatu alam dengan mengikuti cara mengaci lantai dengan mudah dan rapi. Lantai acian memang semakin populer, khususnya untuk rumah dengan konsep industrial, minimalis, dan klasik. Ada cita rasa berbeda yang diberikan ketika lantai rumah hanya dari acian saja, bukan lagi dipasangkan keramik di atasnya. Penasaran dengan caranya? Simak rangkumannya di bawah ini bersama Klopmart.
 

Cara Mengaci Lantai

Tampilan lantai acian memang sangatlah sederhana. Didominasi warna abu-abu, Anda perlu melakukan perawatan yang terlalu sering untuk menjaga kondisi lantai ini. Bahkan dari sisi pembuatannya saja juga cukup mudah karena bisa Anda lakukan sendiri dengan bantuan beberapa tukang saja. Ya, jika memang Anda ingin membuat lantai acian sendiri, ada barisan cara yang bisa dilakukan dengan mudah.
 

1. Memadatkan Tanah

Cara pertama adalah memadatkan tanah. Anda bisa memadatkan tanah dengan alat stamper yang pasti selalu tersedia di dalam proses konstruksi bangunan. Jika tanah sudah padat secara sempurna sebagai pondasi, lapisi dengan pasir tebal 5 cm. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tanah yang menjadi pondasi mampu tetap kuat untuk proses selanjutnya, yaitu pembetonan lantai.
 

2. Membeton Lantai

Tanah yang telah dilapisi pasir tebal harus dalam kondisi padat untuk melakukan proses pembetonan. Sekarang waktunya rabat beton menggunakan tulangan besi wiremesh M5 satu lapis. Ada perbandingan di dalam melakukan proses ini, yaitu 1 semen : 3 pasir : 5 batu split. 

Supaya hasilnya lebih maksimal, ketebalan cor beton harus 8 cm. Ini merupakan aturan dasar yang sebaiknya dipahami dan diterapkan agar tidak ada masalah pada saat proses pengerjaan atau pada kemudian hari ketika sudah jadi dan digunakan.
 

3. Memplester Semen

Proses membeton lantai harus ditunggu 1 hari agar kondisinya cukup kering. Jika sudah, plester lantai acian tersebut dengan pasir ekstra beton dengan ketebalan 1,5 cm. Ada perbandingan standar di dalam proses plesteran, yaitu 1 semen : 3 pasir. Kemudian berikan kawat ayam di atas lantai beton. Tepatnya di bagian tengah plesteran. Terkadang perlu diganjal agar posisinya tepat.

Anda bisa menggunakan plesteran semen instan agar prosesnya lebih cepat. Namun jangan lupa untuk memastikan hasil plesteran merata. Memang dibutuhkan ketelitian dan keuletan dalam proses ini. Tapi usaha yang diberikan akan menghasilkan lantai acian yang sempurna.

Baca juga: Cara Plester Tembok
 

4. Mengaci Semen

Langkah terakhir di dalam cara mengaci lantai adalah mengaci semen. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam setelah plesteran rata serta agak kering. Kemudian tuangkan acian semen yang telah disiapkan. 

Dalam proses pembuatan acian semen, Anda bisa melarutkan 1 kg lem putih dengan 1 ember air. Kemudian tuangkan semen ke dalam ember hingga ¾, lalu dilanjutkan dengan campuran lem putih dan air tersebut. Aduk terus hingga gelembung udara tidak terlihat lagi.

Itulah empat cara mengaci lantai dengan mudah dan rapi yang bisa diaplikasikan ke dalam bangunan rumah Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Proses pembuatan lantai acian tidak boleh sembarangan. Termasuk dari pemilihan barang yang digunakan. Khusus untuk semen beton acian, Klopmart memiliki rekomendasi produk paling tepat untuk Anda maksimalkan, yaitu MU-700 Floor Hardener. Produk ini adalah semen instan untuk bahan pelapis beton yang tahan gores serta tidak licin. Dengan informasi cara mengaci lantai yang diberikan, cek harga MU-700 Floor Hardener di Klopmart sekarang juga. 

Baca juga: 5 Cara Mengaci Tembok dengan Mudah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
08 Apr 2021

Related Article