Konstruksi

Daftar Ukuran Kawat Bendrat yang Beredar di Pasaran & Kegunaannya

Media
20 Mar 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ukuran kawat bendrat yang tersedia di pasaran bervariasi dan Anda harus memilih yang tepat sesuai kebutuhan. Kawat bendrat sangat vital untuk membuat tulangan atau konstruksi bangunan. Pemilihan ukuran kawat yang tepat membuat tulangan pada bangunan tidak mudah bergeser.


Apa itu Kawat Bendrat?

Kawat bendrat kerap disebut kawat beton atau kawat ikat karena fungsinya untuk mengikat besi tulangan beton. Kawat ini tipis, tapi sangat kuat sehingga tidak mudah putus, jadi dikenal pula sebagai kawat beton. Tidak heran kawat ini cukup populer digunakan di dunia konstruksi.

Penggunaan kawat bendrat biasanya dililitkan pada batang besi dan membentuk rangkaian tertentu. Selain itu, alat konstruksi ini berguna pula untuk mengikat pagar kawat hingga dinding pagar beton. Kawat bendrat dipasang pada tulangan kolom, sloof, atau balok agar terbentuk rangkaian struktur bangunan siap untuk dicor.

Baca juga: 9 Fungsi Sloof yang Penting dalam Konstruksi, Sudah Tahu?

Daftar Ukuran Kawat Bendrat di Pasaran

Ukuran kawat bendrat yang tersedia memang bervariasi, tapi diameternya cukup kecil berkat karakteristiknya yang tipis tersebut. Ukuran diameter yang berbeda menandakan kode kawat bendrat yang dijual di pasaran.

Berikut ini adalah tabel ukuran kawat bendrat dan kodenya.

No

Jenis/Kode Kawat Bendrat

Diameter/Ketebalan

1

Bendrat BWG 6

5,20 mm

2

Bendrat BWG 7

4,20 mm

3

Bendrat BWG 10

3,40 mm

4

Bendrat BWG 12

2,85 mm

5

Bendrat BWG 14

2,10 mm

6

Bendrat BWG 16

1,60 mm

 

Setiap jenis kawat bendrat memiliki ketebalan yang berbeda. Jadi, Anda cukup menyebutkan kode kawat bendrat saat membeli produk ini. Tentunya, ukuran kawat bendrat yang dibeli sudah sesuai kebutuhan atau penggunaannya. Kawat yang tebal mampu mengikat konstruksi yang lebih besar, begitupun kawat kecil hanya mampu mengikat besi berdiameter kecil.

Selain itu, perhatikan pula kualitas kawat bendrat yang hendak dibeli. Kawat yang bagus tidak mudah putus, meski tidak terlalu tebal. Kualitas konstruksi bangunan tetap terjaga jika Anda menggunakan kawat bendrat yang bagus dan tidak mudah rusak.

Baca juga: Daftar Ukuran Plat Besi Semua Jenis

Kegunaan Kawat Bendrat

Layaknya peralatan lainnya, kawat bendrat pun memiliki kegunaan lainnya di bidang konstruksi. Biasanya, penggunaan kawat bendrat hanya berlaku saat pembuatan struktur bangunan. Namun, ada pula fungsi kawat bendrat lainnya yang tidak kalah penting. Apa saja?

1. Mengikat Struktur Bangunan

Ini adalah kegunaan kawat bendrat yang sering ditemukan, yakni mengikat struktur bangunan. Meski bentuknya tipis, kawat bendrat mampu mengikat besi sebesar apapun sehingga tidak mudah lepas atau roboh. Proses pembangunan fondasi pun berjalan lancar, sehingga membentuk rumah atau gedung yang cukup megah.

2. Menahan Kerangka Besi

Hampir semua kerangka bangunan terbuat dari besi, mulai dari dinding, atap, dan lantai. Beberapa bagian kerangka besi, terutama sudut-sudutnya, harus diikat kuat dengan kawat bendrat. Ikatan yang kuat mampu menahan kerangka besi agar tidak roboh. Anda memerlukan alat pemutar khusus agar proses mengikat kerangka besi jadi lebih mudah.

Baca juga: Berapa Tebal Dinding Rumah yang Ideal?

3. Mendukung Susunan Kabel

Kawat bendrat berguna pula untuk menyusun sistem linking pada jaringan kabel. Biasanya, alat komunikasi memerlukan kabel dari kawat bendrat untuk sistem linking-nya. Bentuknya yang tipis sangat mendukung fungsi kawat untuk menyusun jaringan kabel.

4. Alat Konstruksi Tambahan

Kawat bendrat kadang diperlukan juga sebagai alat konstruksi tambahan. Misalnya, Anda hendak mengikat peralatan konstruksi lainnya, seperti ember, kumpulan besi, dan lain-lain. Karakteristik kawat bendrat yang tidak mudah putus dimanfaatkan untuk fungsi sekunder ini.

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Ember Bekas Cat Tembok Dengan Mudah


Fungsi kawat bendrat memang berguna di dunia konstruksi, terlepas dari ukurannya yang sangat tipis. Selain kawat, Anda memerlukan peralatan konstruksi lainnya untuk membuat kerangka bangunan, seperti besi siku galvanis yang mulus dan kokoh dari Klopmart. Dapatkan harga besi siku galvanis secara grosir hanya di Klopmart.

Semoga panduan ukuran kawat bendrat di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya