Baut & Perkakas

4 Cara Membuka Baut Slek dengan Mudah: Tips dan Trik Praktis untuk Penyiasatan yang Lancar!

Media
24 Feb 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Seperti apa cara membuka baut slek? Membuka baut yang sudah slek atau dol akan sangat berbeda dibandingkan ketika kita ingin membuka baut-baut yang masih dalam keadaan normal. Obeng akan sulit mendapatkan grip yang tepat untuk bisa memutar baut. Pada beberapa jenis baut, kunci juga tidak akan bisa membantu. Lantas apa yang harus dilakukan jika kita mengalami masalah yang seperti ini? Informasi mengenai cara membuka baut yang slek di bawah ini mungkin bisa menjadi solusi Anda, mari kita perhatikan cara-caranya.

4 Cara Membuka Baut Slek

Beberapa jenis baut akan memiliki slot, bisa berbentuk bunga, ataupun berbentuk minus. Slot ini akan sangat membantu membuat buat menjadi sangat kencang sehingga dapat mengunci dengan ketat. Untuk melonggarkan baut juga akan menjadi lebih mudah akibat adanya slot ini.

Namun, masalah akan tiba jika baut mengalami slek atau dol. Slot yang sebelumnya pas dengan ujung baut, akan tidak bisa digunakan. Sehingga sangat sulit untuk membuka atau mengencangkannya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa berupa kerusakan dari pabrik, usia baut sudah sangat lama sehingga mengalami korosi pada bagian tersebut, atau karena ulah manusia.

Baca juga: 5 Cara Membuka Baut yang Susah dan Berkarat

Jika Anda mengalami masalah yang satu ini, maka beberapa cara berikut ini mungkin akan bisa membantu. Sehingga Anda bisa mengencangkan atau menanggalkan baut yang sudah slek.

1. Buat Slot Baru Dengan Gergaji Besi

Permasalah pada baut yang slek akan bisa Anda atasi dengan membuat slot yang baru. Ya, cara membuka baut slek yang pertama adalah dengan membuat slot baru.

Gunakan gergaji besi untuk memotong slot baru pada sudut yang tepat. Untuk sekrup besar, letakkan dua bilah di gergaji besi Anda, tepat di samping satu sama lain, dan potong slot yang lebih lebar sehingga Anda dapat menggunakan obeng besar. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan pegangan di kepala baut kereta yang macet, yang tidak memiliki slot atau flat.


2. Potong Kepala Baut

Cara membuka baut slek berikutnya yaitu dengan memotong kepala baut. Memotong kepala baut atau mur dengan gergaji besi, bisa menjadi solusi jika baut mengalami kondisi slek atau dol ini. Lakukan cara ini ketika baut slek sudah sangat susah untuk dibuka dan lebih baik untuk dibuang saja. Gunakan sarung tangan agar bisa melakukan proses pemotongan dengan aman.

Baca juga: Jenis dan Bahan Sarung Tangan Pelindung Kerja

3. Gunakan Pemecah Mur

Pemecah mur akan memecahkan mur yang tidak dapat diputar tanpa merusak ulir baut. Cukup selipkan cincin di atas mur dan putar gigi menjadi mur sampai patah. Gunakan alat ini jika sebelumnya baut yang slek diperkuat menggunakan mur. Jika mur sudah hancur, maka Anda mungkin bisa lebih mudah dalam melepaskan baut yang slek. Alat ini juga bisa digunakan untuk merusak kepala baut yang dol.


4. Bor Kepala Baut

Sama dengan proses pemotongan kepala baut, cara membuka baut slek yang satu ini bisa menjadi opsi Anda ketika baut sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Bor akan menghancurkan kepala baut, sehingga bisa dilepaskan dengan mudah dari lubangnnya.

​Baca juga: Tabel Ukuran Baut Lengkap dengan Cara bacanya

Itulah beragam cara yang bisa Anda lakukan ketika baut mengalami kerusakan berupa slek sehingga akan sangat susah untuk dibuka. Jika sudah berhasil, mungkin Anda akan ingin mengganti baut ini dengan baut yang baru dan tentunya tidak mengalami slek atau dol. Gunakan baut baja ringan yang ada di Klopmart. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, semoga saja informasi mengenai cara membuka baut slek ini bisa membantu Anda.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya