Apa Saja Macam-Macam Baut dan Kegunaannya?

Apakah Anda tahu macam-macam baut yang biasa digunakan dalam sebuah konstruksi? Untuk memperkuat sebuah konstruksi, kehadiran baut ini akan sangat membantu. Benda ini didesain untuk bisa dilepas kembali jika diperlukan, sehingga akan memudahkan Anda nantinya jika memerlukan hal tersebut. Nah, untuk bisa memahami benda yang satu ini dengan lebih baik, maka beragam informasi yang ada di bawah ini akan bisa membantu Anda.

Mengenal Macam-macam Baut

Baut bisa Anda gunakan untuk menyatukan berbagai bahan termasuk kayu, lembaran logam, baja, besi, dan polimer. Perkakas tangan umum atau perkakas listrik bisa digunakan untuk memasang benda ini. Mulai dari set soket, kunci pas ujung terbuka, kunci pas kotak, hingga bor listrik. Berikut ini adalah beragam jenis baut beserta dengan kegunaannya.

1. Baut Jangkar

Baut jangkar adalah baut yang dirancang untuk menyambungkan komponen struktur ke pelat beton atau pondasi tuang. Baut jangkar dapat dipasang pada tempatnya saat struktur beton sedang dicor, seperti pelat yang digunakan di atas pondasi rumah, atau bisa dipasang setelah beton mengering melalui operasi pengeboran untuk membuat saluran di mana baut jangkar dapat dimasukkan.

Baca juga: Tabel Ukuran Baut, Lengkap dengan Cara bacanya

2. Baut Kereta

Baut Kereta memiliki kemampuan untuk mengunci diri sendiri yang memberikan tingkat keamanan dengan menggunakan kepala flush-mount, yang akan memberikan akses untuk melepas atau melonggarkan baut ini dari sisi mur baut saja. Di bawah kepala baut kereta adalah bagian persegi yang dapat dimasukkan ke dalam potongan persegi pada material yang disambung sehingga memberikan fitur penguncian otomatis yang memungkinkan baut untuk dikencangkan dari sisi mur tanpa kebutuhan untuk menahan kepala dengan kunci pas.

3. Baut Heksagonal/Segi Enam

Baut segi enam adalah salah satu jenis baut yang umum kita jumpai dan tersedia dalam ukuran inci dan metrik. Sesuai dengan namanya, baut ini memiliki kepala heksagonal segi enam, yang cocok untuk dikencangkan dengan kunci pas atau soket. Baut segi enam dapat berulir penuh atau mungkin memiliki bahu yang tidak berulir. Baut ini sering digunakan untuk mengikat kayu ke kayu, logam ke kayu, atau logam ke logam.

Baca juga: Cara Mencegah Korosi Pada Besi yang Efektif

4. Baut Kepala Bulat

Jenis baut yang satu ini memiliki kepala yang berbentuk bulat dan biasanya digunakan untuk menyambung kayu. Sifat kayu yang lebih lembut memungkinkan baut untuk menekan permukaan kayu dan mencengkram melalui gesekan untuk mencegah baut berputar ketika mur dikencangkan.

5. Baut Ujung Ganda

Baut ujung ganda memiliki bagian berulir di setiap ujung baut, menghilangkan bentuk baut tradisional yang memiliki kepala. Salah satu ujungnya dirancang untuk dimasukkan ke dalam lubang yang sesuai, sedangkan ujung lainnya menonjol dan diulir untuk menopang mur. Baut ini juga biasa disebut dengan nama baut stud. Beberapa bentuk akan memiliki ulir hampir sepanjang badan baut, beberapa jenis lagi hanya sebagian saja.

Baca juga: Daftar Lengkap Ukuran Kunci Inggris dari yang Terkecil Sampai yang Terbesar

Itulah macam-macam baut dan juga kegunaannya. Anda bisa memilih baut mana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. Mulai dari menyatukan baja yang kuat, hingga kayu yang lembut. Nah, untuk Anda yang sedang mencari baut baja yang akan digunakan dalam proses konstruksi, maka sekrup baja ringan yang ada di Klopmart ini mungkin bisa menjadi pilihan utama Anda. Tunggu apalagi, yuk kunjungi website kami sekarang juga dan temukan beragam produk dengan promo-promo yang menarik. Semoga informasi macam-macam baut ini bisa membantu Anda.

Sumber:

https://www.thomasnet.com/articles/hardware/types-of-bolts/
https://www.builder.id/mengenal-jenis-baut-dan-mur-bolt-nut-serta-klasifikainya/


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Feb 2022

Related Article