16 Jenis-jenis Baut dan Kegunaannya Masing-masing

Apakah Anda tahu jenis baut yang biasa digunakan dalam sebuah konstruksi? Untuk memperkuat sebuah konstruksi, kehadiran baut ini akan sangat membantu. Benda ini didesain untuk bisa dilepas kembali jika diperlukan, sehingga akan memudahkan Anda nantinya jika memerlukan hal tersebut. Nah, untuk bisa memahami benda yang satu ini dengan lebih baik, maka beragam informasi yang ada di bawah ini akan bisa membantu Anda.



Pengertian Baut 

Sebelum mengenal macam-macam baut, terlebih dahulu Anda harus tahu apa yang dimaksud dengan baut. Baut adalah suatu batang atau tabung yang berbentuk tangga spiral atau alur heliks di permukaannya dan mur merupakan pasangannya. Fungsi utama dari baut adalah untuk menggabungkan beberapa komponen menjadi satu bagian yang memiliki sifat tidak permanen. 

Dengan begitu, komponen yang memiliki sambungan ini dapat mudah untuk dilepas serta dipasang kembali tanpa merusak benda yang disambung. Sebagian besar fungsi baut digunakan untuk pengerat dengan memutar searah dengan jarum jam yang disebut ulir kanan. 

Untuk baut dengan ulir kiri biasa digunakan untuk kebutuhan tertentu  yang berlawanan dengan arah jarum jam seperti pedal yang ada di sepeda. Baut dan mur ini biasa digunakan di industri konstruksi dan otomotif. Sringkali baut digunakan dalam mesin motor ataupun mobil atau bagian pembuatan jembatan  serta konstruksi lainnya. 

Jenis-jenis Baut dan Kegunaannya

Baut bisa Anda gunakan untuk menyatukan berbagai bahan termasuk kayu, lembaran logam, baja, besi, dan polimer. Perkakas tangan umum atau perkakas listrik bisa digunakan untuk memasang benda ini. Mulai dari set soket, kunci pas ujung terbuka, kunci pas kotak, hingga bor listrik. Berikut ini adalah beragam jenis-jenis baut beserta dengan kegunaannya.

1. Baut Jangkar


Baut jangkar adalah baut yang dirancang untuk menyambungkan komponen struktur ke pelat beton atau pondasi tuang. Baut jangkar dapat dipasang pada tempatnya saat struktur beton sedang dicor, seperti pelat yang digunakan di atas pondasi rumah, atau bisa dipasang setelah beton mengering melalui operasi pengeboran untuk membuat saluran di mana baut jangkar dapat dimasukkan.

Baca juga: Tabel Ukuran Baut, Lengkap dengan Cara bacanya

2. Baut Kereta


Baut Kereta memiliki kemampuan untuk mengunci diri sendiri yang memberikan tingkat keamanan dengan menggunakan kepala flush-mount, yang akan memberikan akses untuk melepas atau melonggarkan baut ini dari sisi mur baut saja. Di bawah kepala baut kereta adalah bagian persegi yang dapat dimasukkan ke dalam potongan persegi pada material yang disambung sehingga memberikan fitur penguncian otomatis yang memungkinkan baut untuk dikencangkan dari sisi mur tanpa kebutuhan untuk menahan kepala dengan kunci pas.

3. Baut Hexagonal/Segi Enam


Baut segi enam adalah salah satu jenis baut yang umum kita jumpai dan tersedia dalam ukuran inci dan metrik. Sesuai dengan namanya, baut ini memiliki kepala heksagonal segi enam, yang cocok untuk dikencangkan dengan kunci pas atau soket. Baut segi enam dapat berulir penuh atau mungkin memiliki bahu yang tidak berulir. Baut ini sering digunakan untuk mengikat kayu ke kayu, logam ke kayu, atau logam ke logam.

Baca juga: Cara Mencegah Korosi Pada Besi yang Efektif

4. Baut Kepala Bulat


Jenis baut yang satu ini memiliki kepala yang berbentuk bulat dan biasanya digunakan untuk menyambung kayu. Baut jenis ini mempunyai sebagian tangkai yang berbentuk persegi untuk menahan baut. Sifat kayu yang lebih lembut memungkinkan baut untuk menekan permukaan kayu dan mencengkram melalui gesekan untuk mencegah baut berputar ketika mur dikencangkan. 

5. Baut Ujung Ganda

Baut ujung ganda memiliki bagian berulir di setiap ujung baut, menghilangkan bentuk baut tradisional yang memiliki kepala. Salah satu ujungnya dirancang untuk dimasukkan ke dalam lubang yang sesuai, sedangkan ujung lainnya menonjol dan diulir untuk menopang mur. Baut ini juga biasa disebut dengan nama baut stud. Beberapa bentuk akan memiliki ulir hampir sepanjang badan baut, beberapa jenis lagi hanya sebagian saja.

Baca juga: Daftar Lengkap Ukuran Kunci Inggris dari yang Terkecil Sampai yang Terbesar

6. Baut Arbor 


Baut Arbor berfungsi untuk menahan alat dengan aman serta menjaga bilah untuk tetap di tempatnya. Baut ini dirancang untuk digunakan dengan perkakas listrik, seperti gergaji mitra. Baut Arbor dikirim dalam keadaan sudah dirakit sehingga berbeda dari baut lainnya. Semua baut Arbor memiliki washer yang sudah terpasang pada ujung baut. Pada umumnya, baut Arbor berwarna gelap atau hitam. Baut Arbor memiliki pola tapak yang terbalik sehingga terlihat keterbelakang seperti jenis baut lainnya. 

7. Baut Pentagon 


Baut Pentagon merupakan baut yang tahan akan kerusakan serta memiliki kepala segi lima yang tidak dapat dilonggarkan oleh alat biasa dari toko perangkat keras. Pengencang ini pada umumnya digunakan untuk mengamankan penutup lubang got. 

Karena ketahanan yang kuat, baut ini dapat mengurangi risiko seseorag yang ingin membuka atau melepas baut dengan peralatan yang standar. Hal tersebut terjadi karena kepala baut yang berbentuk segi lima serta kunci pas standar tidak dapat digunakan untuk membuka baut ini. 

8. Baut Shoulder 

Baut Shoulder atau bahu merupakan baut yang memiliki memiliki kepala berdiameter lebih besar dan semakin ke bawah ukurannya semakin kecil. Perubahan diameter ini membuat "bahu" yang dapat dikencangkan dengan kuat di bagian yang sedang dibaut. Hal ini memungkinkan baut bahu terpasang secara kuat ke satu bagian tanpa menjepi bagian lainnya sheingga menicptakan jarak aksial. 

Poros pada baut ini membuat permukaan bantalan halus untuk menyambung baut antar bagian. Baut ini digunakan secara bersamaan dengan bantalan geser seperti bushing nilon unutk menciptakan rotasi yang lebih baik di antara bagian-bagiannya.

9. Baut U 


Baut U merupakan pengencang yang berbentuk huruf Userta terdiri dari dua uliran jantan. Satu di setiap ujung baut adalah tempat pemasangan braket mur dan plat. Umunya, baut ini mempunyai profil setengah lingkaran, namun terdapat beberapa jenis baut U yang berbentuk persegi. 

Baut jenis U ini biasanya tidak seluruhnya berulir, hal ini  dikarenakan fungsinya dalam menjepit objek di tempatnya. Baut U berfungsi dalam berbagai aplikasi, mulai dari pipa pendukung hingga penggunaan otomotif pada poros penggerak serta sistem pembuangan. Sebagian desain termasuk lapisan karet yang digunakan untuk mencehaj keausan dari penggerak logam terhadap logam. 

10. Baut Mesin


Baut mesin berfungsi untuk menyambungkan dua bagian material menjadi satu. Bentuk dari baut ini mirip dengan baut heksagonalakan tetapi baut ini mempunyai perbedaan diantara keduanya yaitu baut mesin tidak memiliki titik talang atau permukaan penyangga washer pada bagian bawah kepala. 

Baut mesin dibentuk untuk menyambung dua bagian material menjadi satu. Bentuknya mirip dengan baut heksagonal, akan tetapi terdapat perbedaan dimana baut mesin tidak memiliki titik talang atau permukaan penyangga washer di bagian bawah kepala. 

Baut ini umumnya digunakan untuk merangkai mesin-mesin agar bisa menjadi satu kesatuan. Mesin besar seperti forklift sehingga mesin-mesin ini dapat berdiri kokoh dan bisa digunakan secara maksimal.

11. Baut Tanam 


Mengenal jenis baut ini bisa dimulai dari fisiknya, baut tanam adalah jenis baut yang tidak memiliki kepala baut. Kedua ujungnya berupa batang ulir. Penggunaan baut tanam ini umumnya digunakan pada baut silinder head motor dan knalpot.

Salah satu ujungnya tertanam pada blok mesin yang salah satu ujungnya digunakan untuk mengunci komponen yang telah terpasang pada baut tanam tersebut. `

12. Baut Kepala Segiempat 


Seperti namanya, baut ini memiliki bentuk kepala segiempat. Baut ini digunakan pada permukaan benda yang memiliki alur lubang. Baut segiempat ini banyak digunakan pada pemasangan aki motor. 

13. Baut L

Kepala baut L berbentuk bulat dan memiliki lubang di tengah kepalanya. Lubang tersebut berbentuk segienam atau bintang. Dinamakan baut L karena untuk memutarnya harus menggunakan kunci L. 

14. Baut Mata

Bentuk kepala dari baut ini berbentuk batang lingkaran. Baut ini biasanya digunakan sebagai cantelan pada mesin yang dapat dipindah-pindahkan. Baut ini sering juga digunakan untuk merekat dua benda yang tidak terlalu kencang. Hal ini disebabkan baut mata diputar dengan tangan tanpa harus menggunakan kunci. 

15. Baut Jamur 

Baut jamur memiliki kepala yang berbentuk jamur. Baut ini umumnya digunakan khusus untuk mengikat dua benda yang berada di tempat yang sempit. Dengan bentuk kepala yang cenderung pipih, baut jamur ini dapat terpadsang di area yang sempit. 

16. Baut Bergerigi

Baut bergerigi adalah jenis baut yang memiliki bentuk kepala lingkaran yang terbagi menjadi 12 sudut. Baut ini umumnya digunakan untuk mengikat benda yang membutuhkan perekatan yang kuat.

Perbedaan Baut dan Sekrup

Pedbedaan baut dan sekrup yaitu baut memiliki ulir tidar penuh atau tidak sampai pada kepala baut. Sedangkan sekrup mempunyai ulir penuh hingga mencapai kepala sekrup tersebut. Perbedaan lainnya juga bis dilihat dari kepala antara sekrup dan baut.

Umumnya baut tidak menggunakan obeng melainkan kunci, sedangkan sekrup menggunakan driver berupa obeng. Penggunaan mur atau nut  terkadang bisa dipakai untuk membedakan kedua alat ini, baut umumnya dilengkapi dengan mur atau nut, sedangkan sekrup tidak. 

Cara Menangani Drat Baut yang Rusak

Apabila drat pada sebuah baut mengalami kerusakan, maka dapat ditangani dengan menggunakan alat perkakas tap dan wire thread insert. Tidak hanya digunakan untuk memperbaiki baut yang rusak, wire thread insert memiliki berbagai manfaat lainnya, seperti: 

  • Mencegah korosi yang timbul pada baut
  • Menjaga posisi baut tidak bergeser walaupun mengalami getaran
  • Memelihara serta melindungi komponen baut seperti drat agar tidak mudah rusak
  • Menjaga kenaikan temperatur pada baut 

Itulah macam-macam baut dan juga kegunaannya, namun masih banyak dari orang-orang yang belum mengetahui perbedaan antara sekrup dan baut, Anda bisa membaca di sini "7 Perbedaan Baut dan Sekrup, Jangan Sampai Salah Ya!" untuk mengetahuinya!

Dari berbagai macam baut, Anda bisa memilih baut mana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. Mulai dari menyatukan baja yang kuat, hingga kayu yang lembut.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari baut baja yang akan digunakan dalam proses konstruksi, maka sekrup baja ringan yang ada di Klopmart ini mungkin bisa menjadi pilihan utama Anda.

Tunggu apalagi, yuk kunjungi website kami sekarang juga dan temukan beragam produk dengan promo-promo yang menarik. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya