Download Klopmart App

Pusat Bantuan

Perkakas Kita: OBENG

Obeng adalah perkakas, yang boleh dibilang, hampir setiap rumah tangga di muka bumi ini dapat dipastikan memiliki minimal satu atau dua buah di dalam laci atau kotak peralatannya.

Obeng adalah alat untuk mengencangkan atau mengendurkan sekrup ataupun beberapa jenis baut.

 

Baut? Bukannya untuk mengencangkan atau mengendurkan baut itu digunakan kunci pas atau kunci Inggris?

Betul. Tetapi ternyata beberapa jenis baut memiliki juga celah yang sesuai dengan obeng Minus, Philips ataupun Torx.

 

Dari catatan sejarah yang ada, obeng diketahui sudah digunakan sejak sekitar tahun 1500-an. Awalnya sekitar tahun 1744 berbentuk mata bor untuk bor-tangan yang diperuntukkan untuk memutar kepala sekrup. Bor tangan seperti ini lazim digunakan oleh tukang kayu. Sedangkan obeng dengan gagang pertama dicatat dalam sejarah digunakan di Amerika Serikat pada sekitar tahun 1800-an. Obeng yang memiliki bentuk seperti obeng modern ini adalah obeng minus atau disebut dengan nama flat-head screwdriver dalam Bahasa Inggris. Obeng minus inilah satu-satunya bentuk obeng yang terus digunakan selama 130 tahun berikutnya hingga sekrup Philips diciptakan oleh Henry F. Philips. Dijuluki obeng minus karena bentuk celah pada kepala sekrup yang menyerupai bentuk minus. Oben ini juga disebut dengan obeng pipih, ada juga yang menyebutnya obeng gepeng… yah, sesukamulah mau panggil dia apa, yang penting jangan salah ambil obeng lain… hehehe…

 

Alat Serbaguna

Sekrup minus, meskipun bukan desain sekrup yang terbaik, sekrup jenis ini adalah sekrup yang pertama kali dibuat. Obeng minus pun demikian. Oleh sebab itu, Anda akan menemukan banyak hal yang memerlukan obeng minus untuk dilepas atau dipasang. Saat ini sekrup minus sudah mulai digantikan oleh berbagai jenis sekrup, seperti sekrup kepala persegi (sekrup Robertson), sekrup Phillips, sekrup pozi drive, dan sekrup Torx. Walaupun begitu, Anda masih akan menemukan kebutuhan akan kegunaan obeng minus dari waktu ke waktu.

Meskipun obeng minus ini adalah perkakas yang paling mudah ditemukan, obeng jenis ini juga adalah perkakas yang paling sering disalahgunakan. Perkakas yang satu ini sering disalahgunakan baik secara sadar ataupun tidak sadar akibat kurangnya pengertian. Yang paling sering adalah disalahgunakan hanya karena sekedar asal ambil alat yang paling mudah terpikirkan oleh kita saat alat yang kita cari tidak ada.

Obeng minus sering kita pakai sebagai alat pengganti pahat saat pahat belum kita miliki. Kita pakai sebagai pencongkel paku saat catut menghilang. Kita gunakan sebagai pengikis cat saat kape (scrapper) terselip entah ke mana. Kita gunakan juga sebagai pengungkit saat linggis kita raib digondol tukang yang tidak bertanggungjawab. Bahkan kerap kali kita gunakan untuk melubangi benda kerja. Tidak sedikit juga yang menggunakannya sebagai senjata pertahanan diri saat kepepet karena diserang pelajar dari sekolah lain. Nah lho, saatnya pengakuan dosa tiba…

Bagi kita secara umum, akan merasa sayang membuang obeng minus kita yang sudah tua. Nantinya masih bisa kita manfaatkan lagi di kemudian hari sebagai pengganti perkakas lain.

 

Jenis Obeng

Pada zaman modern ini, ada berbagai jenis obeng yang dibuat sesuai dengan bentuk sekrupnya. Tetapi ada beberapa jenis obeng yang umum digunakan sehari-hari:

  • Obeng minus atau obeng pipih untuk sekrup bercelah garis lurus (minus)

 

  • Obeng plus atau obeng Philips untuk sekrup bercelah berbentuk tanda plus yang diciptakan oleh Henry F. Philips seperti yang dikisahkan tadi di atas.

 

  • Obeng Pozidriv untuk sekrup berbentuk mirip sekrup Philips tetapi dengan resistansi yang lebih baik terhadap selip. Obeng ini lebih mantap ‘memegang’ sekrup.

 

  • Obeng bintang atau obeng Torx untuk sekrup bercelah seperti bentuk bintang segi enam.

 

  • Obeng bintang dengan soket untuk sekrup Torx dengan pengaman

 

  • Obeng Hexagon untuk sekrup dengan bentuk celah heksagonal.

 

 

Beberapa perusahaan produsen barang-barang elektronik bahkan menciptakan sekrup khusus sehingga usaha untuk memperbaiki hanya bisa dilakukan oleh pusat servis (service center) miliknya atau aliansinya. Sebagai contoh, Nintendo mengeluarkan sekrup Tri-Wing, yaitu sekrup dengan celah berbentuk bintang berkaki tiga. McDonald’s juga tidak mau kalah, mereka merilis berbagai permainan untuk paket anak-anak Happy Meals dengan sekrup dengan celah berbentuk segitiga.

Mengikuti perkembangan zaman saat ini, produsen perkakas akhirnya merilis obeng dengan berbagai bentuk kepala. Satu gagang dapat menggunakan berbagai kepala obeng untuk mengakomodasi berbagai bentuk sekrup yang ada di pasaran.

 

 

Dengan perkembangan teknologi, kini obeng sudah dilengkapi dengan energi listrik sehingga tidak perlu susah payah mengeluarkan tenaga untuk mengencangkan atau mengendurkan sekrup. Pekerjaan jadi jauh lebih cepat dan efisien.

 

 

Nah, tiba saatnya untuk menambah koleksi perkakas kita. Sudah banyak pilihan sekarang. Yuk, mari kita pilih yang paling paas, yaaa…


Cek harga klik disini

Related Article