Baut & Perkakas

15 Alat Bangunan yang Wajib Ada Di Rumah Anda

Media
07 Mar 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sebagai pemilik rumah atau apartemen, memiliki beberapa alat bangunan yang penting dan berguna merupakan suatu hal yang sangat diperlukan. Benar bahwa Anda tidak akan melakukan renovasi rumah sendiri, tetapi alat-alat tersebut akan diperlukan untuk keadaan terdesak. 


Anda jadi tidak perlu membayar jasa yang mahal hanya untuk pekerjaan sederhana. Coba cari tahu apa saja alat-alat bangunan yang harus Anda miliki di bawah ini. 

Alat Bangunan dan Fungsinya

Setiap alat bangunan memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Tidak heran kalau semuanya berbeda karena setiap alat memiliki kegunaannya masing-masing. Itu sebabnya tidak cukup kalau Anda hanya memiliki satu atau dua perlengkapan saja. Setidaknya Anda memerlukan beberapa alat bangunan yang akan dijelaskan berikut ini. 

1. Martil atau Palu

Martil adalah alat yang digunakan untuk memaku atau memukul benda keras seperti paku atau baut. Kepemilikan alat ini sangat penting karena Anda bisa menggantung bingkai atau merekatkan bahan yang diperlukan. Namun tidak hanya itu, martil yang disebut palu juga berguna mencabut paku yang sudah terpasang dengan mudah. 

2. Obeng

Selanjutnya ada obeng yang berfungsi untuk memasang atau membuka baut, mur, termasuk sekrup. Ada beberapa jenis obeng yang berbeda dengan desain khusus sesuai tujuannya. Beberapa contoh jenisnya ialah obeng datar, obeng philips, dan obeng hex.

3. Gergaji

Kalau Anda suka membuat perabotan sendiri untuk berbagai kebutuhan di rumah maka memiliki gergaji akan sangat berguna. Gergaji berguna untuk memotong berbagai bahan seperti kayu, besi, maupun plastik. 


Gergaji juga terbagi menjadi beberapa jenis seperti gergaji tangan, gergaji potong, dan gergaji mesin. Setiap jenis gergaji memiliki kegunaan yang berbeda dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan perbaikan rumah. 


Baca juga: 10 Jenis Gergaji Mesin Disertai Fungsinya

4. Meteran

Memiliki meteran di rumah sangat penting supaya Anda bisa melakukan pengukuran untuk memastikan ukuran barang yang ingin dibeli pas. Tentunya Anda tidak ingin membeli furniture yang kebesaran atau kekecilan, bukan? 


Salah satu alat yang akan banyak membantu Anda soal mengukur ialah meteran. Biasanya meteran seperti ini bisa digulung jadi Anda tidak perlu khawatir kalau ingin membawanya ke berbagai tempat perbelanjaan furniture

5. Tang Potong Kabel

Dalam suatu proyek pembangunan biasanya ada juga alat yang bernama tang potong kabel. Alat satu ini berguna untuk memotong atau mencabut kabel listrik. 


Meski gunting juga bisa digunakan untuk memotong, tetapi kekuatannya tidak seberapa jika dibandingkan dengan tang potong kabel. Tang jenis ini memiliki rahang yang kuat dan tajam untuk memotong kabel dengan mudah. Selain itu pegangannya didesain sangat ergonomis untuk memudahkan penggunaan. 


Baca juga: Tang Buaya: Jenis, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

6. Linggis

Linggis merupakan alat bangunan yang berfungsi untuk banyak hal seperti mencabut paku, menggali atau bahkan mencungkil pintu yang terkunci. Bentuknya cukup panjang dengan ujung yang memiliki 2 cabang seperti pada palu. 

7. Tangga Lipat


Kemudian ada juga tangga lipat yang harus Anda miliki di rumah. Meski tidak selalu ada perbaikan, Anda akan membutuhkan tangga untuk mengganti lampu atau ketika ingin membersihkan langit-langit rumah. Saat Anda memiliki tangga maka tidak perlu lagi menggunakan kursi pendek yang membahayakan diri. 

8. Waterpass

Alat kali ini buat kebanyakan orang tidak terlalu berguna karena memiliki penampilan seperti penggaris pada umumnya. Mereka seringkali tidak mengetahui fungsi yang sesungguhnya yaitu untuk memastikan penempatan bingkai atau barang lainnya sejajar. 


Contohnya saat memasang bingkai foto, Anda pasti tidak ingin membuatnya miring. Sebelum dipasang secara permanen, Anda akan mengira-ngira dan melihat dari jauh apakah bingkai tersebut sudah lurus atau belum. Meski sudah diperiksa berulang kali, tidak menutup kemungkinan bahwa bingkai foto tersebut tetap miring. 


Itu sebabnya diciptakan waterpass untuk membantu Anda mengetahui apakah bingkai sudah lurus atau belum. Tinggal taruh waterpass di atas bingkai lalu perhatikan ke mana arah airnya pergi. Jika sudah ada di tengah maka artinya bingkai foto sudah lurus. 

9. Pahat

Pahat tidak hanya mendefinisikan suatu kegiatan aktif seperti memahat, tetapi juga mengacu kepada alat bangunan. Jika Anda membuat furniture sendiri maka pasti ada saja ukuran potongan yang tidak sesuai. Entah itu kelebihan 5 cm ataupun 1 cm. 


Biasanya pemotongan beberapa cm ini akan sulit dilakukan dengan gergaji sehingga alat pahat dibutuhkan. Jadi kepemilikan barang ini cukup penting dalam rumah Anda. 

10. Penggaris

Penggaris bisa juga termasuk ke dalam alat bangunan karena keberadaannya membantu para tukang atau kontraktor dalam mengukur bahan-bahan secara lebih tepat. Penggaris secara khusus digunakan untuk mengukur barang yang kecil dan membutuhkan keakuratan tinggi. Oleh karena itu penting juga untuk memiliki penggaris di rumah. 

11. Bor


Perkembangan teknologi yang makin canggih membuat banyak perubahan dalam aktivitas seperti kemunculan alat bor. Kalau biasanya melubangi logam atau kayu harus dilakukan secara manual maka sekarang Anda bisa dengan mudah menggunakan bor. 


Melubangi bahan apa pun jadi bisa dilakukan tanpa tenaga besar dan dalam waktu singkat. Penggunaannya juga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ada di rumah.


Baca juga: 16 Jenis Mata Bor yang Perlu Kamu Ketahui

12. Kikir

Kikir bukan saja digunakan untuk alat kecantikan. Dalam dunia konstruksi ada juga alat bernama kikir yang digunakan untuk mengampelas berbagai bahan. Alat ini bekerja dengan cara mengikis bahan sehingga permukaannya menjadi halus dan rata. Tidak hanya dijual dalam satu jenis, Anda bisa menemukan berbagai bentuk kikir di pasaran dengan mudah. 

13. Tang Buaya

Kombinasi penggunaan alat bangunan sangat berguna, seperti halnya tang buaya satu ini. Saat Anda ingin mengencangkan benda kecil yang sulit dipegang oleh tangan maka tang buaya merupakan solusi tepat. Bentuknya yang seperti mulut buaya akan mampu mencengkram benda tersebut sehingga Anda bisa dengan mudah memutarnya ke arah yang diinginkan. 

14. Lem

Anda tentunya sudah tidak asing dengan penggunaan lem yang bisa merekatkan berbagai bahan. Kalau lem yang Anda beli sudah sesuai dengan bahan yang ingin direkatkan maka penggunaannya akan sangat berguna. Contohnya lem kayu yang bisa digunakan untuk merekatkan furniture yang sudah lepas dari posisinya. 

15. Kunci Inggris


Terakhir ialah kunci inggris atau yang sering disebut kunci pas. Alat bangunan satu ini digunakan untuk membuka dan menutup baut atau mur. Kunci ini memiliki ukuran yang berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan berbagai ukuran baut atau mur. 


Tidak masalah bila Anda tidak memiliki kunci lainnya karena kunci inggris bisa digunakan secara fleksibel. Jadi pastikan Anda memiliki kunci satu ini untuk melakukan berbagai perbaikan sederhana. 


Memiliki beberapa alat bangunan jelas sangat penting ketika harus memperbaiki atau mengganti bagian yang rusak di rumah. Tidak harus lengkap seperti pekerja tukang, tetapi setidaknya Anda bisa melakukan penggantian ketika dibutuhkan. 


Tidak perlu pusing-pusing juga mencarinya di toko bangunan. Mulai sekarang Anda bisa memesannya secara online di Klopmart. Semua alat bangunan penting pastinya tersedia di Klopmart dan bisa langsung dipesan dengan mudah dari mana saja. 


Dari jual tang potong, sekrup, palu, gergaji, dan masih banyak lagi. Apalagi Klopmart sudah menjadi tempat yang aman bagi ratusan atau bahkan ribuan orang ketika membutuhkan alat dan bahan material. 


Jadi jangan tunda lagi pembelian alat bangunan agar tidak kebingungan ketika membutuhkannya. Kunjungi Klopmart sekarang juga dan dapatkan alat-alat yang Anda butuhkan!


Sumber rujukan: 

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/alat-bangunan-74113
  • https://berita.99.co/alat-alat-bangunan-sehari-hari/
  • https://banamitra.com/alat-tukang-bangunan/ 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya